Tips

Published on October 9th, 2017 | by Andi Suhandi

Tips Mengatasi Kebosanan Kuliah

Seputarkuliah.com Bosan merupakan perasaan yang lumrah dialami oleh setiap orang. Kebosanan merupakan hal yang bersifat sementara atau hanya terjadi dalam jangka waktu yang pendek saja. Banyak dari kita meninggalkan sesuatu yang menurut kita membosankan padahal kita sudah melakukan hal tersebut sebelumnya. Sama dengan aktifitas kuliah di perguruan tinggi, tugas yang banyak, dosen killer, adanya tuntutan dari orang tua, serta lingkungan yang kita masih belum beradaptasi bisa memicu adanya rasa bosan dan jenuh dalam diri yang membuat kita malas menjalani nya lagi. Sehingga ada segelintir mahasiswa yang rela meninggalkan atau berhenti dari jurusan yang mereka ambil dan memulai sesuatu yang baru karena menuruti nafsu kebosanan yang merasuk dalam fikiran mereka. Keputusan yang sering diambil oleh mereka yang merasakan kebosanan adalah seperti “pindah jurusan”.

Menurut survey yang saya lakukan terhadap beberapa mahasiswa yang “pindah jurusan” setelah menjalani kegiatan perkuliahan selama 1 tahun, saya mendapat beberapa informasi bahwa beberapa dari mereka menyatakan alasan yang melatarbelakangi mereka untuk “pindah jurusan” tersebut. Banyak dari mereka menyatakan bahwa mereka “salah jurusan”. Sebenarnya hal tersebut dipicu dengan ada nya rasa jenuh dan bosan yang meracuni fikiran mereka, sehingga membuat mereka tak bersemangat dan berminat lagi untuk melanjutkan pendidikan dijurusan tersebut. Mereka memaparkan bahwa keputusan untuk pindah jurusan merupakan hal yang tidak terduga, yang tidak pernah terlintas dibenak mereka saat pertama masuk kuliah. Sehingga mereka tidak berniat untuk mencoba-coba masuk jurusan lalu pergi untuk mencoba jurusan lain.

Baca juga: Tips Sukses Melewati Semester Awal.

 

Lalu bagaimana kita menghadapi kebosanan dalam berkuliah agar tidak sampai terjadi hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain? Berikut saya punya tipsnya…

1.Niat Dan Doa

Sebelum memulai aktifitas dikampus, kalian harus mempunyai niat untuk datang ke kampus. Kegiatan apapun jika tidak dibarengi dengan niat dan doa maka tidak akan berjalan dengan baik. Sehingga niat dan doa itu penting. Niat dan doa dapat membuat aktifitas yang kita lakukan lebih bermanfaat.

2. Ingat Tujuan

Jika kalian sudah merasakan kebosanan merasuk kedalam diri dan fikiran kalian, maka ingatlah tujuan utama kalian yaitu untuk menuntut ilmu. Ingat tujuan kalian mengapa kalian memulai hal tersebut jika ditengah-tengah kalian menyerah dan ingin menyerah saja.

3.Pandai Memilih Teman

Teman menjadi factor yang penting untuk memotivasi diri kalian. Carilah teman yang dapat mengerti kondisi mu, yang mau mendengar keluh-kesahmu, serta teman yang bisa memotivasi mu untuk lebih semangat belajar. Teman yang baik adalah teman yang bisa membawa mu berubah menjadi lebih baik. Sehingga pandai-pandai lah mencari teman agar kamu dapat lebih termotivasi menjalani aktifitas mu dikampus.

4.Menikmati Tiap Aktifitas

Nah, tips yang satu ini hanya kamu yang bisa melakukannya. Menikmati sesuatu yang kita lakukan tiap langkahnya, memunculkan perasaan yang berbeda dalam diri. Cobalah untuk menikmati tiap aktifitas mu dikampus, seperti mengerjakan tugas atau pun mengikuti perkuliahan didalam kelas. Maka kamu akan merasakan sesuatu yang berbeda dalam dirimu, merasakan apa yang telah kamu kerjakan itu mendapatkan arti tersendiri dan tidak sia-sia.

Baca juga: Tips Menyesuaikan diri di Kampus.

5.Biaya Yang Mahal

Jika kamu berniat pindah jurusan, kamu harus tau biaya yang harus dikeluarkan orang tua mu. Terlebih lagi jika kamu bukan merupakan anak beasiswa maka sudah pasti biaya yang keluar akan lebih banyak. Belum lagi kamu harus memulai semuanya dari awal lagi, sehingga ini bisa menjadi bahan perenungan yang baik untuk kamu yang berniat berhenti berjuang.

6.Ingat Orangtua

Yang terakhir ingat orang tua dirumah. Jika memang kamu sudah memiliki niat untuk berhenti dan mengakhiri ini semua, maka kamu harus ingat akan Bapak dan Ibu yang sudah berjuang keras untuk membiayai kuliahmu. Ingat lah bahwa mereka selalu berdoa yang terbaik untuk anaknya. Bisa saja mereka dikampung halaman mati-matian mencari uang, mencari pinjaman hanya untuk bisa mengirim uang bulanan pada kalian. Tega kah kalian membunuh harapan orang tua mu untuk melihat anaknya sukses. Maka dari itu sering-sering lah menghubungi kedua orangtua mu dirumah,karena orang tua bisa menjadi motivasi yang hebat untuk mu terus maju.

Nah, beberapa cuplikan yang telah saya sampaikan diatas diharapkan dapat lebih memotivasi kalian untuk tetap semangat berkuliah ya. Pesan yang bisa saya sampaikan disini adalah banyak yang harus dipertimbangkan ketika kita memilih suatu keputusan. Baiknya kita merenung, memikirkan hal tersebut secara matang serta meminta pendapat dari sudut pandang orang lain.

Sebelum mengambil jurusan yang diambil baiknya menggali dalam informasi atas jurusan yang akan kita ambil. Peluang masuk yang besar serta jaminan kerja setelah lulus nanti harus dibarengi dengan kemampuan kita. Ada waktu dimana kita dapat menilai kemampuan kita sampai mana. Mungkin masih belum banyak pengalam yang saya punya didunia perkuliahan, namun melihat dari pengalaman-pengalaman yang telah diberikan oleh orang lain kepada saya mungkin dapat bermanfaat bagi kalian lewat tulisan ini.

Semangat terus ya sobat!

Artikel berjudul “Tips Mengatasi Kebosanan Kuliah” ini adalah artikel lomba yang di adakan oleh Redaksi Seputar Kuliah (www.seputarkuliah.com).

Ditulis oleh: Lydia Miftachul Jannah.

#SeputarKuliah #SeputarKuliahCom

Teruskan informasi ini agar lebih bermanfaat, Bagikan ke media sosial favoritmu di bawah ini:

Tags: , , , ,


About the Author



Back to Top ↑

error: Content is protected !!