Karir

Published on July 29th, 2017 | by Andi Suhandi

Kesuksesan Lahir Dari Mimpi Yang Besar

SEPUTAR KULIAH – Setiap manusia di lahirkan ke dunia memiliki tugasnya masing-masing, salah satunya adalah bagaimana cara untuk meneruskan perjalanan hidup mereka agar menjadi manusia yang lebih baik. Menjadi lebih baik itu perlu adanya usaha besar untuk menggapainya. Salah satunya adalah kesuksesan. Semua manusia pasti mempunyai tujuan untuk hidupnya terutama dalam mencapai sebuah kesuksesan dalam hidup mereka. Kesuksesan hadir dari angan-angan dan mimpi-mimpi besar mereka sendiri. Tapi satu hal yang terpenting angan dan impian saja tidak cukup untuk mengejar yang namanya “Kesuksesan” itu sendiri.

Bekerja lebih keras dan giat, serta berani mengambil resiko dari setiap strategi yang telah diatur oleh angan-angan merupakan titik awal dimana secercah kesuksesan itu akan terlihat. Dalam artikel yang saya buat ini akan menceritakan, bagaimana 3 orang pria hebat ini yang mampu untuk mewujudkan semua mimpi-mimpi mereka, mengejar semua harapan dan menjadi inspirasi serta motivasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

 

1. Anthony Robbins

Anthony merupakan pria yang sangat di kenal oleh masyarakat, bahkan dunia. Dia adalah seorang motivator dengan julkan “speaker termahal dan maha guru motivator” ini memiliki kehidupan yang sangat sulit kita percaya. Dimana, kehidupan sebelum dirinya menjadi sukses amat- sangat memprihatinkan. 30 tahun yang lalu dia hidup sangat miskin. Pendidikan hanya mampu ia raih sampai SMA, dan hidup di tengah-tengah keluarga yang tidak harmonis. Yang membuatnya berbeda dari teman-teman sebayanya adalah dia yang memiliki 3 orang ayah.

Disaat itulah titik terendah dalam hidupnya, dimana dirinya di hina oleh teman-temannya disaat kehidupannya pun sangat tidak mendukung kondisi mentalnya. Setelah selesai SMA dia meneruskan perjalanan hidupnya menjadi seorang cleaning service. Dia tinggal disebuah flat 400 kaki persegi dan melakukan semua pekerjaan hidupnya sendiri. Hidup tanpa adanya listrik didalam flatnya.

Namun, sejak 1985, keadaan Anthony Robbins berubah total. Di usianya yang ke 25 tahun, dia menjadi sosok yang sangat menginspirasi, dimana dirinya menjadi sosok pelatih sukses penuh inspirasi, seorang motivator dunia yang membawakan seminar layaknya seorang bintang rock yang beraksi didepan panggung, mengguncang dunia. Semua berawal saat teman seperjuangan Anthony saat dirinya sama-sama dalam masa sulit, mengikuti sebuah seminar. Dia termotivasi untuk mengikuti seminar yang diadakan oleh Jim Rohn, yang saat itu peserta harus membayar 10.000 dolar, sedangkan gajinya ia hanya 50 dolar/minggu. Namun perubahan dalam hidup temannya setelah mengikuti seminar itu, membuat dirinya berusaha sekeras mungkin untuk bisa mengikuti seminar itu.

Mungkin masih banyak dari anda yang merasa asing dengan namanya, tapi anda pasti tidak akan asing dengan sosok Micheal Jordan,Andre Agassi,Lady Diana,Nelson Mandela, Micheal jackson, atau Bill clinton. Ya, mereka adalah orang-orang yang pernah mendapat bimbingan langsung dari Anthony Robbins. Padahal faktanya, menjadi seorang motivator bagi orang-orang yang sudah sangat sukses seperti mereka amatlah sulit.

Simak juga: Inilah 8 Tips menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Dalam hidup Anthony, ia selalu menerapkan kata-kata yang ia buat dan selalu menjadi penyemangat dalam meraih semua mimpinya. Kata-kata tersebut seperti ini :

“Modelling adalah bagaimana kita bisa meniru kesuksesan orang lain dengan cara menemukan sistem keyakinan,strategi yang di gunakan, dan fisiologinya seperti gerakan tubuh dan cara bernapas.”

Intinya, keyakinan, strategi, usaha dan doa harus selalu dijalankan dan di yakini sepenuh hati jika kita benar-benar kesuksesan itu lahir dalam hidup kita.

2.Ippho Santosa

Kalian pasti sudah siapa itu Ippho Santosa. Yah, dia adalah seorang motivator dan entrepreneur yang memiliki ratusan cabang bisnisnya seindonesia. Ketika SMA, dirinya mencoba-coba untuk melakukan bisnis kecil-kecilan. Seperti menjual ikat pinggang yang ia beli sendiri di batam. Ini juga merupakan bisnis pertamanya. Ketika pendidikannya sudah beralih menuju perguruan tinggi, selama masa kuliahnya di Malaysia ia juga menjual air, batik dan burger dan itu ia lakukan selama 3 tahun. Dia juga pernah mengungkapkan jika dia pernah di ludahi oleh orang india dengan burger yang ia jual, dengan alasan ia lupa jika orang india pantang memakan daging sapi.

Yang menjadi inspirasi motivasinya adalah sedekah, ia sangat percaya dengan yang namanya kekuatan dari sedekah, seperti yang di jelaskan dalam hadis riwayat bukhari :

“sedekah yang paling utama adalah sedekah yang engkau berikan ketika engkau dalam keadaan sehat lagi kikir, tajut teradap kemiskinan dan menginginkan kekayaan”

Tidak semua standar kesuksesan itu di ukur dari segi material berupa kekayaan. Bahkan faktanya, lebih banyak orang-orang yang dahulu hidup miskin dan terkikis justru dialah yang mampu mengguncang dunia dengan kesuksesannya. Jadi, untuk apa memiliki kekayaan yang besar jika pada akhirnya tidak memiliki usaha untuk mengemngkannyenjadi sesuatu yang tak ternilai? Ippho selalu berkata setiap kesuksesan adalah mereka yang mau bekerja keras dan percaya pada mimpi-mimpi mereka. Dan satu hal yang jangan dilupakan adalah selalu percaya dan beribadah pada Allah swt ( Tuhan). Karena sumber segala kesuksesan juga ada campur pautnya dengan Tuhan.

3.Rangga Umara

“Buatlah rencana hidupmu sendiri atau selamanya jadi bagian dari rencana hidup orang lain”

Dia adalah Rangga Umara, salah satu pengusaha kuliner indonesia yang telah memiliki 100 cabang nya diseluruh indonesia. Impian selanjutnya yang akan ia kejar adalah menjadikan usaha kulinernya merambah sampai mata internasional.

Berawal dari menjadi tukang masakan ‘bawaan’ dari sebuah kebetulan yang bukan kebetulan. Dia sempat bingung dengan awal usaha yang ia alankan saat itu. Sampai pada akhirnya ia terobsesi untuk menjadikan pecel lele yang merupakan makanan kesukannya menjadi merambah ke seleuruh dunia dan terkenal. Dan juga pecel lele ini modal usahanya sangat pas untuk ia gunakan saat itu.

Strategi yang dipilihnya saat ini adalah bagaiman cara menyusun sebuah strategi dan rencana yang akan berhasil nantiya. Semua masalah pasti akan datang menghampiri disaat ingin melanjutkan bagaimana kelanjutan yang akan di jalankan nanti.

Saat semua sudah berjalan dengan lancar, dimana bisnis kecil-kecilannya sudah terkenal oleh orang-orang sekitar, dirinya sempat mengalami kekurangan modal, bukan kekurangan lagi, tapi benar-benar habis. bahkan kebingungan melanda dirinya dan juga disitulah banyak pertanyaan yang bermunculan. ‘ mau diapakan usaha saya nanti’
Sampai akhirnya ia benar-benar melakukan puasa untuk melakukan penghematan.

Namun hal itu belum cukup mencukupi semuanya, hingga akhirnya hal ini mengaruh pada kondisi rumah tangganya termasuk dia yang di usir dari kontrakannya sendiri akibat utang yang belum di bayar. Dia selalu mengeluh dan bertanya- tanya “cobaan apalagi ini?” Begitu seterusnya.

Dalam doa yang ia panjatkan, timbullah rasa untuk lebih menginstropeksi dan memantaskan dirinya lagi. Sampai akhirnya muncullah strategi yang lebih kuat lagi dalam pemikirannya. Yaitu bagaomana cara supaya dia bisa belajar pada sistem rumah makan yang sudah memiliki banyak pengalaman. Hingga beberapa tahun setelah dijalankan strategi tersebut. Terlihatlah secercah keberhasilan didalamnya, dimana usaha kulinernyasudah di kenal oleh banyak orang dan dirinya pula bisa mendirikan cabang-cabang usahanya hingga mencapai 100 cabang.

Kesimpulan dari 3 orang sukses diatas adalah semua awal kesuksesan datang dari mimpi dan angan-angan yang sangat tinggi. Tidak hanya mimpi dan angan saja yang tinggi, tapi usaha kerja keras dalam mewujudkan sedikit demi sedikit mimpinya pun juga harus tinggi dan keras, supaya bisa terlihat secercah keberhasilan didalamnya, dan yang terakhir adalah doa. Tuhan adalah bagian terpenting dalam setiap usaha manusia. Tanpa adanya dukungan dari Tuhan semua hanya akan seperti angin lalu saja, gantungkan semua harapan pada Tuhan agar suatu saat jika mengalami kegagalan, kau btidak akan merasa sedih, karena kau pasti memiliki keyakinan ‘Tuhan mempunyai caranya sendiri untuk membuat semua hambanya menjadi orang-orang yang sukses lebih dari yang di harapkan oleh mereka’ dan puncak kegagalan yang tinggi yang dialami seseorang sebenarnya adalah awal dimana secercah cahaya kesuksesan akan terbit, dan akan membawa kebahagiaan yang hakiki.

Artikel berjudul “Kesuksesan Lahir dari Mimpi yang Besar” ini adalah artikel lomba yang di adakan oleh Redaksi Seputar Kuliah (www.seputarkuliah.com)
Ditulis oleh: Ananda Nur Fakhirah
Follow Ananda Nur di Instagram: ananda_fkhrh

Tags: , , ,


About the Author



Back to Top ↑

error: Content is protected !!