Tips dan Trik

Published on October 21st, 2017 | by Andi Suhandi

Teknik Belajar Mengahadapi Ujian Komprehensif Ala Kadarnya

Seputarkuliah.com Beberapa mahasiswa terkendala oleh ujian komprehensif yang menjadi syarat utama dalam kelulusan di beberapa Unversitas. Bahkan adapula yang belum lulus ujian komprehensif dikarenakan terkendala oleh penguasaan materi, atau ngeblank ditanya soal yang berhadapan langsung dengan dosen. Berikut ada 15 tips teknik belajar ala kadarnya dari saya, yaitu:

1.Jangan SKS (Sistem Kebut Semalam)

Jika jadwal ujian komprehensif kamu telah ditentukan oleh kampus  maka mulailah tentukan jadwal untuk memulai belajar. Jangan melakukan SKS atau sistem kebut semalam karna akan membuat apa yang kamu pelajari semalamn mudah lupa.

2.Siapkan mental

Maksudnya di sini siapkan mental adalah sebelum memulai belajar jangan lupa untuk sarapan. Dengan sarapan akan meningkatkan kosentrasi sekitar 70% , dan juga minumlah vitamin untuk menjaga kesehatan kamu agar sehat, bugar dan tidak mudah lelah dalam berfikir.

3.Fokus

Jagan memikirkan hal-hal yang tidak penting, fokuskan pada satu tujuan yaitu belajar untuk menghadapi ujian komprehensif. Karna dalam  belajar kita dituntut untuk serius, pikiran kita tidak dapat melakukan dan memikirkan beberapa kegiatan hanya dalam satu waktu.

Baca juga: Kebutuhan soft skill di dunia kerja.

4.Disiplin Dalam Belajar

Apabila kita telah membuat jadwal belajar maka harus dijalankan dengan baik. Contohnya seperti belajar tepat waktu dan serius tidak sambil main-main dengan konsentrasi penuh. Jika waktu makan, mandi, ibadah, dan sebagainya telah tiba maka jangan ditunda-tunda lagi. Lanjutkan belajar setelah melakukan kegiatan tersebut jika waktu belajar belum usai. Bermain dengan teman, game atau sosmed dapat merusak konsentrasi belajar. Sebaiknya kegiatan bermain juga dijadwalkan dengan waktu yang cukup panjang namun tidak melelahkan jika dilakukan sebelum waktu belajar.

5.Cari tempat belajar atau suasana yang kamu sukai

Carilah tempat yang membuat kamu nyaman belajar dan mudah konsentrasi. Misalnya Perpustakaan.

6.Tanya Teman

Biasanya pada ujian komprehensif sudah disebutkan nama dosen yang menguji di setiap mata kuliah yang harus dihadapi, maka kamu harus tanya teman kamu. Misal dosen XX menguji mata kuliah manajemen SDM kira-kira point apa saja yang biasa ditanyakan. Lalu kamu catat agar tidak lupa.

Baca juga: Kesuksesan lahir dari mimpi yang besar. 

7.Carilah buku acuan

Tidak hanya bergantung pada pertanyaan yang biasa dikeluarkan oleh dosen kamu, Disini juga kamu diwajibkan mencari buku acuan yang berhubungan pada mata kuliah yang akan di uji pada Komprehensif. Misal mata kuliah Manajemen Pemasaran yang digunakan oleh dosen XX karangan Jeff, maka kamu harus meringkas dan membacanya.

8.Cari Jurnal

Jika kamu binggung dengan teori yang ada di buku, carilah jurnal yang menarik yang berhubungan dengan bahasan kamu disertai dengan contoh agar kamu lebih mudah untuk memahaminya.

9.Meringkas

Catatlah semua point yang dibahas saat kamu bertanya sama teman, dan ringkaslah point point yang penting yang ada pada buku acuan dan jurnal kamu.

10.Teori VS Konsep

Jikalau kamu sudah meringkas dari buku dan mencari jurnal, pahamilah dan hapalkan yang menurut kamu itu penting dan susah untuk diingan atau dihapalkan point point nya saja. Ingat walaupun kamu sudah tahu teorinya dan menghapalnya diluar kepala, kamu wajib memahaminya dan tahu konsep yang ada pada teori tersebut dan disertai contoh agar kamu mudah memahami dan lancar menjawab jika ditanya.

11.Baca

Membaca itu sangat penting, kamu tidak akan mengerti apa inti sari dari isi buku tersebut jika kamu malas membaca. Jadi bacalah buku yang menarik mengenai mata kuliah yang akan diuji nanti agar kamu lebih paham.

12.Bangun teratur (Waktu Subuh)

Dengan penerapan bangun teratur di saat shubuh atau tahajud lalu mengulangi mata kuliah yang telah dipelajari seharian kamu tidak akan merasa cemas dalam mnghadapi ujian komprehensif, sebab telah terlatih dan paham apa yang harus dilakukannya.

13. Refreshing

Apabila teman-teman sudah merasa jenuh dalam belajar, refreshinglah agar tidah bosan dan drop. Setelah refreshing kamu akan memulai belajarmu dengan semangat lagi. Dan yang tidak kalah pentingnya, jaga kesehatan dengan cara istirahat yang cukup sebelum menghadapai ujian. Tenaga yang cukup dan optimal akan membawa kita mampu berfikir lebih jernih, tenang dalam menjawab pertanyaan dari penguji. Satu hal lagi jauhilah bergadang.

14.H-1 Mengulang pelajaran.

Jika sudah memasuki jadwal ujian, kamu bisa menggulangi apa yang telah kamu pelajari selama ini setelah subuh atau Tahajud.

15.Minta Do’a Ibu

Jangan lupa minta lah restu dan ridho dari orang tua kamu terutama ibu agar dipermudah untuk mengahadapi dan menjawab ujian komprehensif.

16.Berserah Diri, Terus Berdo’a dan Yakin

Serahkan semuanya kepada Allah. Apalah arti usaha jikalau tidak disertai do’a. sholat 5 waktu dan sunnah tahajud agar diizinkan oleh Allah untuk menghadapi ujian dan dilancarkan menjawab pertanyaan. Aminn

SUKSES untuk teman-teman semua, ini adalah teknik belajar yang sudah pernah saya praktekkan dan Alhamdulillah berhasil. Setiap Usaha Pasti Ada Hasil, Tidak Ada Usaha yang Percuma. Satu hal  lagi untuk teman teman semua tenangkan lah pikiran dalam menjawab ujian, jangan gugup. Karna gugup dapat merusak semuanya dan positif thinking. Semangat 🙂

Artikel berjudul “Teknik Belajar Mengahadapi Ujian Komprehensif Ala Kadarnya” ini adalah artikel lomba yang di adakan oleh Redaksi Seputar Kuliah (www.seputarkuliah.com).

Ditulis oleh: Farida Suryani.

Bisa disapa lewat Instagram/ Fb : Farida Suryani
#Seputarkuliah #SeputarkuliahCom

Tags: , , , , ,


About the Author



Back to Top ↑

error: Content is protected !!