Tips

Published on August 5th, 2017 | by Andi Suhandi

Tips dan Trik Meningkatkan Kemampuan “Speaking” dalam Bahasa Inggris

SEPUTAR KULIAH – Bahasa adalah jembatan yang sangat kuat dalam menghubungkan banyak orang. Kita menggunakan bahasa untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan kepada sesama. Seperti halnya dengan bahasa inggris, yang merupakan bahasa internasional. Kita menggunakaannya agar dapat terhubung dengan dunia luar. Banyak alasan mengapa orang-orang dari seluruh penjuru dunia harus memperbaiki kemampuan bahasa inggris mereka, untuk keperluan bisnis, untuk kepuasan diri, atau karena mereka harus tinggal di negara “native speaker”.

Apakah anda tertarik untuk berbicara luwes dalam bahasa inggris ? Layaknya seperti seorang native speaker. Atau ingin menambah vocabulary ? Jika anda ingin meningkatkan kemampuan bahasa inggris terutama kemampuan dalam berbicara, setidaknya 5 tips dan trik dibawah ini akan sangat membantu. Yuk disimak !

 

5. Membaca buku sebanyak mungkin

Dari membaca buku, kita akan mengetahui dan memahami bagaimana suatu frasa digunakan dalam sebuah kalimat. Jika kita sudah memahami bagaimana penggunaannya, tentu kita juga bisa mengaplikasikannya ketika berbicara. Selain itu ketika membaca buku, kita pasti akan mendapatkan banyak kosakata baru sehingga kita pun dapat memperkaya daftar vocabulary yang kita miliki. Sangat bermanfaat bukan ? Nah, buku disini bisa berupa majalah, koran, novel, puisi, ataupun artikel di internet. Tapi tetap harus dalam bahasa inggris.

4. Menonton film barat tanpa subtitle

Menonton film juga dapat menambah kosakata dan mengetahui cara pengucapan (pronounciation), dengan catatan tanpa subtitle bahasa indonesia. Jika menggunakan subtitle bahasa indonesia, kita hanya akan berfokus pada tulisan tersebut. Dan juga dianjurkan ketika menonton film barat kita menggunakan subtitle bahasa inggris itu sendiri, karena kita bisa mengetahui kata apa yang diucapkan oleh si aktor/aktris tersebut dan mendengarkan bagaimana cara pengucapan mereka. Menarik bukan ?

Simak juga: Tips dan Trik Menguasai Grammar Bahasa Inggris dengan 7 Cara Cerdas dan Cepat.

3. Googling Kata-Kata Baru

Tips yang ketiga ini adalah turunan dari tips nomor 5 dan 4. Jika kita tidak benar-benar mengerti terhadap suatu kata ketika sedang membaca buku atau menonton film, seperti menemukan kata-kata yang familiar namun tidak tahu artinya, cukup lingkari kata tersebut lalu cari dikamus/google translate. Karena jika kita hanya menerka-nerka arti dari kata tersebut, bisa saja kita salah dalam pengucapan atau salah ketika mengaplikasikannya dalam sebuah kalimat. Terutama bahasa Indonesia mempunyai struktur yang sangat berbeda dengan bahasa inggris, jadi stop menterjemahkan bahasa inggris ke bahasa indonesia secaara kata per kata. Tentu saja, kita harus berhati-hati dalam menggunakan suatu kata dalam kalimat, jika ragu cukup digoogling saja.

2. Mempunyai Teman

Setiap orang pasti mempunyai teman, namun dalam hal ini yang dimaksud adalah seorang teman yang bisa kita ajak untuk berlatih bahasa inggris. Kita sangat membutuhkan peranan mereka untuk mempraktikan kemampuan bahasa inggris dan mengukur sejauh mana kemampuan kita sendiri. Mempunyai seorang teman yang mampu diajak belajar dan berlatih bersama, membuat kita lebih mudah memahami benar atau salahnya pilihan kata yang kita gunakan dan mereka dapat memberikan feedback dan cara ini benar-benar terbukti jitu. Jika ada seseorang yang selalu mengoreksi grammar yang kita gunakan, itu tentu sangat membantu, mereka mampu membuat kita lebih terlatih untuk menjadi orang-orang yang mampu berbicara bahasa inggris dengan lebih baik, mereka tentu sangat peduli dengan kita. Jika tidak mempunyai teman yang bisa diajak berlatih, kita juga bisa meminta bantuan kepada english native speaker atau bule, atau orang yang bisa berbahasa inggris dengan baik. Tentu tidak sulit menemukan bule di Indonesia saat ini, bisa kita temukan ketika musim liburan tiba dan mereka pasti berkeliaran di tempat wisata daerah kita sendiri hihih. Nah setelah ketemu dengan si bule jangan ragu untuk mengajaknya berbicara. Namun dengan catatan kita harus bertanya dulu apakah dia bersedia untuk kita ajak ngobrol.

1. Just do it !

Inti dari semua tips yang telah diberikan ada di tips nomor satu ini, just do it. Lakukan. Praktekkan. Bahkan walaupun hanya sekedar membalas pesan singkat teman-teman, menulis status di Facebook atau caption di Instagram, dan bercakap-cakap dengan teman tentang kehidupan sehari-hari, itu menunjukkan jika kita memang benar-benar ingin meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. Dan jika ada orang yang mengoreksi bahasa inggris yang kita gunakan, anggap itu sebagai bagian dari proses pembelajaran. Seperti ungkapan pepatah tua, bisa karena biasa.

Selain lima tips dan trik yang sudah dipaparkan diatas, sebenarnya masih banyak cara-cara bagaimana kita meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, namun satu hal yang pasti, jangan mensugestikan diri jika belajar bahasa inggris itu sulit, tapi tanamkanlah kedalam diri kita bahwa belajar bahasa itu merupakan sebuah pengalaman, buatlah semenyenangkan mungkin ! Karena yang menjalaninya adalah kita sendiri, bukan orang lain. Yang merasakan manfaatnya adalah kita sendiri. Hal yang terpenting adalah niat yang kuat disertai usaha yang mumpuni untuk mewujudkannya. Semoga setelah membaca dan mempraktikan tips dan trik ini, kemampuan berbahasa inggris kita meningkat ya !

Artikel berjudul “Tips dan Trik Meningkatkan Kemampuan Speaking dalam Bahasa Inggris” ini adalah artikel lomba yang di adakan oleh Redaksi Seputar Kuliah (www.seputarkuliah.com)
Ditulis oleh: Dina Alfitri Charina Risman
Dapat disapa lewat Instagram: @karinrsm
Teruskan informasi ini agar lebih bermanfaat, Bagikan ke media sosial favoritmu di bawah ini:

Tags: , ,


About the Author



Back to Top ↑

error: Content is protected !!