Meningkatkan dan Mengasah Soft Skills

Seputarkuliah.com – Soft skills merupakan kemampuan manusia yang berhubungan dengan orang lain maupun hubungannya dengan diri sendiri. Soft skills terbagi atas interpersonal skills dan intrapersonal skills. Interpersonal skills mencakup kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, public speaking, negosiasi serta yang lainnya. Sementara itu, intrapersonal skills mencakup kemampuan dalam hal manajemen waktu, berpikir kreatif, manajemen stress, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan dan mengasah soft skills

  1. Di dalam tempat tinggal (kosan/rumah)

Ketika kamu tinggal sendiri di kosan soft skills yang bisa kamu latih adalah intrapersonal skills. Kamu bisa berlatih cara untuk menjadi pribadi yang rapi, bersih. Dengan menata barang-barang mu, membersihkannya dan membuang yang tidak perlu.

Kalau perlu belajarlah mengenai manajemen tata ruang, kamu bisa berpikir kreatif dimana posisi yang tepat setiap properti yang ada di dalam kamarmu. Aturlah sedemikian rupa agar kamarmu tidak seperti kapal pecah. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di lingkungan tempat tinggal. Intinya adalah menjadi pribadi yang lebih baik untuk sekitar dan diri sendiri.

  1. Kampus

Lingkungan kampus merupakan tempat yang tepat untuk Cara meningkatkan dan mengasah soft skills. Dengan adanya orang lain di lingkungan tersebut, memungkinkan kamu untuk melatih dan mengembangkan interpersonal skills.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan antar lain mulai dari kegiatan belajar kelompok bisa membuatmu meningkatkan kemampuan menyampaikan pendapat, menjadi koordinator kelas bisa meningkatkan kemampuan public speaking, maupun ketika presentasi tugas.

Selain itu kamu bisa bergabung dengan organisasi untuk mengembangkan soft skill. Hal yang perlu diingat ketika memutuskan untuk bergabung dalam organisasi adalah manajemen waktu yang baik dan loyal terhadap organisasi yang diikuti. Sesuaikan dengan passion mu ketika ingin bergabung dengan organisasi kampus. Intinya adalah organisasi apapun yang kamu pilih merupakan organisasi yang dapat menjadikan mu pribadi yang lebih baik.

  1. Tempat Umum

Manajemen waktu yang salah bisa membuat kamu lama mengantre di sebuah bank. Atau 30 menit kamu habiskan di jalanan yang macet menuju kampus. Dan dengan alasan tersebut kamu pakai untuk menutupi kelemahan mu dalam me manajemen waktu untuk membohongi dosen atau orang yang sedang menunggu kamu. Jika memang berkomitmen tepat waktu, seharusnya kamu bisa berangkat lebih awal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Tips dan Trik Meningkatkan Kemampuan “Speaking” dalam Bahasa Inggris

Selanjutnya adalah bagaimana cara mengasah soft skills?

Ketika dalam dunia kerja, soft skills menjadi kemampuan mutlak yang diperlukan. Para perekrut menyadari bahwa soft skills memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja seseorang. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengasah soft skills antara lain:

  1. Berani menjadi pemimpin di organisasi

Minimal menjadi ketua sebuah divisi atau departemen dalam organisasi yang kamu ikuti. Hal ini akan membuatmu paham mengenai koordinasi, mengenal sistem birokrasi, serta merumuskan solusi yang tepat untuk memecahkan masalah.

  1. Meningkatkan dan mengasah soft skills dengan outbound

Terdapat berbagai jenis outbound yang mengandalkan kemampuan kerja sama dan daya pikir. Permainan outbound menuntut pesertanya kreatif karena membutuhkan daya juang tinggi untuk menyelesaikan tantangan.

  1. Pelatihan soft skills dengan penggabungan teori dan praktik

Dengan pelatihan tersebut diharapkan kamu mampu untuk mengaplikasikan teori dan mengaplikasikan nya dengan spesifik. Dari berbagai macam contoh yang diberikan diharapkan kamu bisa mengambil pelajaran lebih jauh. Melalui pelatihan soft skill kamu bisa belajar secara lebih dengan trainer maupun peserta lain mengenai permasalahan yang kamu hadapi.

Demikian beberapa Tips dimana saja kamu bisa meningkatkan dan mengasah soft skills. Dengan menguasai soft skills kamu bisa menjadi individu mandiri, membangun karakter dengan kepribadian berkualitas, cakap dalam berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim, peka dan kritis dalam menghadapi berbagai persoalan.

Bagikan:

One thought on “Meningkatkan dan Mengasah Soft Skills

  1. Pingback: Kebutuhan Soft Skill di Dunia Kerja - Seputarkuliah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *