Persyaratan Masuk Umum untuk Kuliah S1 di Luar Negeri

Begitu Anda telah menemukan jurusan dan universitas pilihan, selanjutnya Anda perlu mencari informasi mengenai persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris yang diminta oleh jurusan dan universitas tersebut. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan Anda tidak kesulitan untuk mengikuti perkuliahan nantinya.

Kelancaran Berbahasa Inggris

Untuk membuktikan kemampuan berbahasa Inggris, tentu saja Anda perlu mengikuti ujian kelancaran berbahasa Inggris yang diakui seluruh dunia. Pada umumnya, sertifikat ujian yang paling sering diminta oleh institusi pendidikan tinggi di luar negeri adalah IELTS (International English Language Testing System).

Tes IELTS di Indonesia diadakan oleh banyak penyelenggara dan juga diadakan beberapa kali dalam satu bulan. Biasanya, skor minimal yang diminta oleh universitas adalah 5.5 atau 6 (tergantung jurusan dan universitas).

Jika Anda merasa membutuhkan persiapan terlebih dahulu sebelum mengikuti tes IELTS, Anda bisa mengikuti kelas atau kursus persiapan tes IELTS yang diselenggarakan oleh banyak tempat kursus bahasa asing. Oleh karena itu, disarankan untuk menentukan jurusan yang ingin Anda pilih seawal mungkin, supaya Anda memiliki waktu yang cukup untuk mengikuti kelas persiapan tes dan mengikuti tes.

Persyaratan Akademis

Para pelajar internasional yang ingin kuliah di luar negeri harus menyelesaikan tingkat pendidikan tertentu untuk diterima di institusi pendidikan tinggi di luar negeri. Biasanya, pelajar internasional harus menunjukkan bukti bahwa mereka telah menyelesaikan pendidikan selama 12 tahun, termasuk pendidikan dasar dan menengah.

Tentu saja akan lebih baik lagi, ika Anda memiliki kualifikasi internasional seperti A-level, International Baccalaureate Diploma atau kualifikasi lainnya yang setara.

Bagaimana jika tidak memenuhi persyaratan masuk?

Jika ternyata Anda tidak memenuhi persyaratan masuk yang diminta, atau salah satunya, Anda bisa mengambil program fondasi atau jalur masuk lainnya (tergantung saran dari universitas).

Program fondasi (persiapan sarjana) hanya berlangsung selama satu tahun. Jika Anda bisa menyelesaikan dengan baik, maka Anda bisa melanjutkan ke tingkat sarjana di tahun berikutnya.

Banyak juga universitas atau institusi pendidikan yang menyediakan program jalur (pathway), tergantung kondisi akademis Anda. Setelah menyelesaikan program jalur tersebut, Anda bisa langsung melanjutkan ke tahun kedua tingkat sarjana.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *