TIps Menenangkan Hati dan Pikiran

Sebagai seorang mahasiswa, tak jarang beban kuliah maupun organisasi dapat menimbulkan tekanan yang berujung pada stres. Stres pikiran adalah kondisi dimana seseorang merasa kalut karena pikirannya terfokus pada permasalahan yang sedang dihadapi, berusaha mencari solusi tetapi merasa buntu, sehingga jadi pusing sendiri dan hampir setiap saat selalu terpikirkan masalahnya. Tentu saja, mudah mendengarkan nasihat bijak yang mengatakan untuk tetap tenang dan berpikir jernih serta tidak berfokus pada masalah, melainkan berfokus pada solusi.

Masalahnya, jika solusi saja tidak tahu, bagaimana mungkin pikiran dan batin bisa tenang?

Ketika seseorang ditimpa kecemasan berlebihan akibat stres pikiran melanda, maka seseorang akan sulit berpikir jernih. Terakadang pula, berharap solusi ajaib dan instan yang bisa memecahkan persoalannya seketika. Akan tetapi, mekanisme keajaiban bukan selalu sesuatu yang bersifat magic seperti duit yang jatuh dari langit atau persoalan tiba-tiba selesai tanpa sebab. Seringkali solusi itu berupa ide atau peluang-peluang yang harus ditindaklanjuti. Terlebih lagi, dalam keadaan stres, pikiran, ide atau peluang-peluang tersebut cenderung tak terlihat karena tertutup oleh emosi negatif yang mendominasi.

Stres tersebut tentu dapat memengaruhi kehidupan kita sehari-hari sebagai seorang mahasiswa. Oleh karena itu, kita perlu tau beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalkan stres pikiran dan jika dijadikan kebiasaan rutin, maka kita akan menjadi lebih kebal terhadap stres.

1. Menata ulang lingkungan

Salah satu dari 10 cara menenangkan pikiran adalah dengan merombak lingkungan. Siapa tahu, dengan lingkungan kita yang baru, kita akan merasa jauh lebih baik dari sebelumnya dan pikiran juga kaan jauh lebih tenang.

2. Relaksasi

Cara menenangkan pikiran bisa kita lakukan dnegan relaksasi. Kita cukup mengambil nafas dalam-dalam dan menghembuskannya. Kita juga bisa meregangkan sedikit otot kita yang kaku. Dengan begitu, pikiran akan jauh lebih baik.

3. Curhat

Cruhat bisa meringankan beban pikiran kita. Dengan curhat, pastilah pikiran kita akan jauh lebih tenang. Akan tetapi, ingatlah untuk curhat kepada teman yang kita percaya, sehingga nantinya rahasia akan tetap terjaga.

4. Sendiri

Salah satu cara menenangkan pikiran adalah dengan menyendiri. Siapa tahu dengan kita menyempatkan waktu melakukan hal yang kita sukai sendirian, pikiran kita yang semula semrawut bisa jauh lebih tenang daripada sebelumnya.

Baca Juga:

5. Olahraga

Demi mendapatkan pikiran yang tenang, bisa kita lakukan dengan cara berolahraga. Tak perlu melakukan olahraga yang mengeluarkan banyak tenaga, cukuplah lakukan olahraga ringan. Pastilah setelah selesai olahraga, pikiran kita akan jauh lebih fresh.

Baca Juga ; Ingin Sukses di Usia Muda? Ini Tipsnya

6. Melakukan komunikasi

Pikiran yang tidak tenang biasanya disebabkan karena suatu masalah. Jika kita ingin membuat pikiran tenang, lakukan komunikasi dengan orang yang sekiranya bisa membantu menyelesaikan masalah kita atau komunikasi dengan orang yang bersangkutan.

7. Mendengarkan musik

Satu dari 10 cara menenagkan pikiran yang menjadi favorit para orang adalah dengan mendengarkan musik. Orang percaya, dengan mendengarkan musik, pikiran akan jauh lebih tenang. Apalagi jika yang kita dengarkan adalah instrument musik dari gitar atau piano.

8. Tertawa

Cara menenagkan pikiran selanjutnya adalah dengan menonton film. Pastilah dengan kita menonton hal-hal yang lucu, kita bisa tertawa. Tertawa itulah yang nantinya bisa sedikit meringatkan pikiran dan pikiran akan jauh lebih tenang.

9. Beribadah

Beribadah adalah satu satu cara orang mendapatkan ketenangan pikiran. Jadi, kita tak usah heran jika banyak orang yang memiliki masalah sangatlah rajin beribadah. Hal tersebut dilakukan agar dia bisa memperoleh ketenangan hati dan pikiran.

1o. Positive thingking

Pikrian kita jauh lebih tenang jika kita mau berpikir positif dalam setiap hal. Apalagi jika masalah mendera, berpikirlah positif jika kita bisa menyelesaikan masalah dengan baik dan pasti ada setiap solusi untuk masalah  yang sedang dihadapi.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.