Tips

Published on October 30th, 2017 | by Andi Suhandi

10 Cara jitu yang membuatmu menjadi “Mahasiswa Berkualitas”

Seputar Kuliah – Siapa saja bisa jadi ‘Mahasiswa Berkualitas’, termasuk kamu. Hanya orang yang punya kemauan yang kuat dan usaha lebih yang bisa menjadi ‘Mahasiswa Berkualitas’. Mahasiswa jenis ini tidak hanya berorientasi pada IPK atau akademis tetapi juga mempunyai soft skill, wawasan yang luas, pengalaman, kepedulian, networking dan masih banyak yang lainnya. Nah, bagi kamu calon mahasiswa/ mahasiswa yang ingin menjadi salah satu dari ‘Mahasiswa Berkualitas’, yuk simak tips and tricks di bawah ini!

1. Luruskan Niat

Sebelum melakukan sesuatu, pasti didahului dengan niat. Sama halnya dengan kuliah, kamu pasti punya niat dan tujuan tertentu untuk melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi. Awali dengan niat yang baik dan pastikan niatmu benar – benar positif. Ingatlah bagaimana perjuanganmu menjadi ‘Mahasiswa’ dan pengorbanan orang tua serta orang – orang yang mendukungmu. Berkomitmen kepada diri sendiri untuk selalu terus semangat dalam belajar itu penting. Disiplinlah dalam menjaga komitmenmu dan ingatlah bahwa kelak kamu akan menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat, salah satunya adalah menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

2. Hidup Mandiri

Masa – masa kuliah adalah masa di mana kamu mulai memasuki tahap dewasa. Di masa ini, kamu harus belajar bagaimana hidup secara mandiri dan tidak selalu bergantung pada orang tua. Apalagi bagi kamu yang hidup di perantauan dan jauh dari orang tua. Kamu bisa memulai dari hal yang kecil seperti mencuci pakaian sendiri, membereskan rumah dan memasak. Lebih baik lagi jika kamu bisa membayar kost dan uang kuliah sendiri, jika tidak pun kamu bisa menabung untuk membeli sesuatu yang kamu inginkan sehingga kamu tidak perlu lagi minta sama orang tua.

Baca juga: Cara untuk Mencegah Kantuk Saat Kuliah.

3. Mendapatkan IPK Bagus

Tidak sedikit mahasiswa yang mengejar IPK bagus saat perkuliahan, bahkan banyak dari mereka yang berlomba – lomba mengejar predikat ‘Cum Laude’. Jika kamu salah satunya, itu pilihan yang bagus. Tapi ingat bahwa dunia perkuliahan tidak melulu soal ‘Bagaimana mendapatkan IPK yang bagus?’, tapi masih banyak hal dan kegiatan lainnya yang wajib kamu tahu dan ikuti terutama untuk melatih soft skill pada diri kamu. Nah, untuk mendapatkan IPK bagus kamu butuh perjuangan lebih, caranya adalah saat di kelas, kamu harus benar – benar mengerti penjelasan dosen, jika ada sesuatu yang tidak kamu pahami, jangan malu untuk bertanya, aktiflah untuk bertanya dan berikan pertanyaan yang memang relevan dan berbobot. Bukan caper alias cari perhatian, ya! Selain itu, selalu kerjakan tugas dengan sebaik – baiknya dan ambil kesempatan jika dosen memberikan tugas yang sifatnya tidak wajib. Lumayan ‘kan, buat bonus nilaimu.

4. Mengikuti Organisasi/ Komunitas

Di kampus, banyak sekali organisasi atau komunitas mahasiswa. Tidak hanya di kampus, di luar kampus juga banyak organisasi yang bisa kamu pilih. Jangan menutup diri dan anti organisasi! Di sini, kamu bisa melatih soft skill dan team work. Kamu akan terlatih bersosialisasi terhadap orang – orang yang berbeda pikiran dan membangun networking serta relasi yang akan berguna untuk masa depanmu. Cobalah mengambil peran penting di organisasi, karena itu dapat melatihmu memegang amanat dan tanggung jawab besar. Jika kamu memang tidak memiliki banyak waktu, cobalah untuk ambil bagian kepanitiaan di suatu event. Selain itu, bergabung dalam komunitas yang dapat menyalurkan hobby dan kesukaanmu itu juga bagus. Siapa tahu teman – temanmu nanti bisa jadi partner kerjamu.

5. Manage Waktu

Seringkali mahasiswa merasa keteteran dalam menjalankan aktivitas di kampus. Tidak bisa membagi waktu antara mengerjakan tugas, organisasi, jalan – jalan itulah penyebabnya. Nah, bagi kamu yang sering merasa keteteran, yuk buat daftar skala prioritas kegiatanmu! Mulailah menyusun daftar prioritas dari yang penting dan mendesak sampai yang kurang penting dan tidak mendesak. Disiplin mengikuti jadwal prioritas yang kamu buat itu kuncinya. Dalam dunia kerja nanti dengan kesibukan yang lebih kompleks, kamu dituntut untuk bisa me-manage waktu antara pekerjaan, mengurus rumah tangga atau pun bisnis. Nah, di saat kuliah inilah kamu akan terlatih bagaimana cara memanajemen waktu yang baik.

6. Mengikuti Seminar/ Training/ Workshop/ Perlombaan

Untuk meng-upgrade pengetahuan dan skillmu,kamu bisa mengikuti seminar/ training/ workshop yang diadakan di kampus maupun di luar kampus. Selain kamu mendapat ilmu dan pengalaman baru, kamu juga bakal dapat networking dari para speakers yg hadir dan bertemu orang – orang baru. Kamu dapat bertukar pikiran, sharing dan bahkan bertemu orang – orang yang membukakan jalan baru bagimu untuk meraih kesuksesan. Banyak mahasiswa yang berpikir bahwa mengikuti acara seperti itu hanya membuang uang, waktu dan tenaga, tapi jika kamu sudah merasakan manfaatnya, kamu bakal ketagihan, lho! Selain itu, kalau kamu ingin men-challenge diri kamu, cobalah ikut beberapa perlombaan yang sesuai dengan passion atau jurusanmu. Bakatmu akan terasah dan pemikiranmu juga terbuka. So, take a chance now!

7. Be Volunteer!

Rutinitas kampus seringkali membuat jenuh dan kamu butuh yang namanya refreshing. Nah, menjadi volunteer atau relawan bisa jadi pilihanmu. Di kampus atau luar kampus seringkali diadakan gerakan donation atau social project. Itu kesempatan buat kamu! Beranilah keluar dari zona nyamanmu! Saat menjadi relawan, banyak hal positif yang akan kamu dapatkan seperti melatih soft skillmu, menjadi lebih kreatif dalam memecahkan masalah, lebih terbuka dan tentunya bisa mengenal lebih dekat dengan masyarakat.

8. Part Time/ Berdagang/ Mulai Berbisnis

Kalau kamu punya waktu luang yang panjang alias sering gabut, cobalah untuk kerja part time. Lumayan ‘kan bisa menghasilkan uang sendiri. Pengalamanmu itu bakal dapat point plus jika kamu melamar pekerjaan di perusahaan. Sebagai pilihan lain, kamu juga bisa jualan atau memulai bisnismu. Kalau ingin jualan, kamu bisa jual pulsa, token, kuota, makanan dan minuman atau olshop. Jika kamu punya ide lain, itu lebih bagus.

9. Be Trendsetter!

Jadilah mahasiswa yang up to date! Selalu upgrade informasi setiap hari, harus tahu perkembangan informasi biar tidak di bilang kuper, kudet, jadul atau gaptek. Di zaman sekarang, kamu bisa akses berita dari mana saja seperti dari internet, social media, youtube dan banyak yang lainnya. Manfaat lain yang kita dapatkan adalah mengetahui kesempatan bisnis dan prospek kerja ke depan. Do you want to be a trendsetter?

10. Rajin Beribadah

Kamu sebagai mahasiswa, jadikan setiap ilmu yang kamu dapat sebagai ibadah dan berguna bagi orang lain. Selain itu, bagi kamu yang masih sering malas – malasan beribadah, yuk mulai dari sekarang ubah kebiasaanmu! Semakin rajin kamu beribadah, semakin dekat kamu dengan-Nya, semakin dipermudahkan pula urusanmu untuk menggapai cita – cita dan kesuksesanmu. Berusahalah sungguh – sungguh dan serahkan semua urusan kepada-Nya! Yakinlah selalu ada jalan dari-Nya untuk menuju kesuksesan dan terus berdo’a agar selalu diberikan yang terbaik.

Itulah beberapa tips buat kamu agar menjadi ‘Mahasiswa Berkualitas’. Yuk dari sekarang manfaatkan masa – masa kuliahmu untuk memperbaiki diri dan menyiapkan diri ke depan agar berguna bagi masyarakat, nusa dan bangsa! Are you ready?

Artikel berjudul “10 Cara Jitu yang Membuatmu menjadi Mahasiswa Berkualitas” ini adalah artikel lomba yang di adakan oleh Redaksi Seputar Kuliah (www.seputarkuliah.com)

Ditulis oleh: Alifia

(Bisa disapa lewat line dan instagram: alifiaalifah

Teruskan informasi ini agar lebih bermanfaat, Bagikan ke media sosial favoritmu di bawah ini:

Tags: , , , , ,


About the Author



Back to Top ↑

error: Content is protected !!