Tips mengembangkan disiplin sebagai mahasiswa

Seputarkuliah.com Beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika meninggalkan kenyamanan jam belajar saat SMA. Yakinlah bahwa menerapkan kebiasaan disiplin akan mengantarkan mu pada gerbang kesuksesan di masa depan. Untuk mencapainya lakukan beberapa tips dibawah ini:

  1. Perhatikan pada hal-hal kecil

Pikirkan mengenai target-target kecil, semisal kamu harus menyelesaikan tugas tertentu, belajar kosa kata tertentu, menghafal 10 teori tertentu, membaca beberapa halaman suatu buku, dan lain sebagainya. Idealnya, dengan memperhatikan hal-hal kecil tersebut, hal-hal besar secara otomatis akan tertarik juga. Lain halnya ketika kamu hanya memfokuskan pada hal yang besar saja, kemungkinan tanpa kamu sadari hal kecil tersebut akan terlupakan, padahal itu adalah sesuatu yang menentukan kesuksesan mu.

  1. Membuat daftar prioritas kegiatan

Daftar prioritas kegiatan ini memiliki manfaat yang bisa membantu kamu mengetahui mengenai apa yang kamu butuhkan untuk dilakukan sekarang dan apa yang kamu benar-benar harus lakukan, namun bisa menunggu sampai akhir pekan. Intinya kamu bisa memahami antara kegiatan yang mempunyai tingkat urgensitasnya tinggi dan tidak. Kamu bisa membuat daftar kegiatan yang kamu rencanakan untuk harian atau mingguan, lalu mengategorikan beberapa dari rencana tersebut sebagai rencana yang penting dan mendesak.

 

Baca Juga : 10 Cara jitu yang membuatmu menjadi “Mahasiswa Berkualitas”

  1. Menandai tanggal-tanggal penting

2 hal yang kamu perlukan yaitu kalender dinding dan agenda. Tulis semua tenggat waktu yang penting seperti waktu adanya ulangan, UTS, UAS, liburan dan lain sebagainya. kemudian tulis jadwal kelas yang kamu ikuti di agenda kamu, beserta tanggal-tanggal pentingnya. Sekarang kamu bisa secara akurat melihat mana waktu kosong yang kamu bebas untuk melakukan suatu aktivitas.

  1. Menyusun jadwal

Dimulai dari minggu pertama atau kedua dari kelas kamu, segera isi waktu senggang mu dengan belajar dan tugas dalam jadwal mu. Ketika dosen memberikan tugas, lihat kembali agenda mu untuk menemukan waktu yang pas untuk menyelesaikan tugas tersebut. Kamu bisa mewarnai kode ataupun memberikan highlight yang lebih penting dan mendesak. Membuat jadwal akan membuatmu memanfaatkan waktu lebih efektif, tanpa merasa seperti kamu telah menghabiskan berjam-jam pada waktu akhir untuk menyelesaikan tugas kuliah.

  1. Luangkan waktu untuk bermain

Hanya karena termotivasi untuk disiplin, bukan berarti melupakan aktivitas bermain, selama tahun pertama kuliah kamu akan ingin menghabiskan berjam-jam untuk mendapatkan teman-teman baru dan nongkrong di suatu tempat. Pastikan kamu melakukan itu, karena hal tersebut juga akan melatih kedisiplinan mu.

Beberapa cara diatas bisa kamu terapkan untuk menjadi mahasiswa yang disiplin. Kesuksesan ada karena ada konsistensi dari tindakan perilaku positif yang kamu lakukan.

Ditulis oleh Tim Redaksi seputarkuliah.com

Bagikan:

3 thoughts on “Tips mengembangkan disiplin sebagai mahasiswa

  1. Pingback: Tips Menyesuaikan diri di Kampus - Tips Seputar Kuliah

  2. Pingback: Mahasiswa Paruh Waktu

  3. Pingback: Menjadi Mahasiswa Produktif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *