Tips

Published on October 30th, 2017 | by Admin Seputar Kuliah

Tips Menyesuaikan diri di Kampus

Seputarkuliah.com Nantinya kamu akan terjun di dunia luar sebagai lulusan universitas x ini, dan secara otomatis, ketika kamu memperkenalkan dirimu di dunia luar, kamu pasti membawa predikat kampus mu. Apa jadinya kalau kamu tidak mengetahui kampus mu atau menjadi bagian dari darinya? Untuk memudahkan kamu mengenal kampus mu dan menjadi bagian darinya, berikut tips yang bisa kamu coba:

  1. Ikutilah organisasi di kampus

Ketika pertama kali masuk kampus, kamu pasti dikenalkan dengan berbagai macam organisasi yang ada di kampus. Kenapa harus bergabung dengan organisasi? Karena kamu bisa mendapatkan pengalaman sekaligus memiliki teman-teman baru. Di dalam organisasi memiliki visi dan misi yang sama, sehingga kamu bisa melakukan hal yang kamu sukai. Adapun cara untuk memilih organisasi yang sesuai, biasanya cukup sesuaikan dengan minat, bakat dan passion kamu. Tidak perlu tergesa-gesa untuk mengikuti berbagai organisasi, hal tersebut akan berdampak pada cara kita mengelola waktu. Ketika kamu memiliki banyak aktivitas di berbagai organisasi tidak menutup kemungkinan kita untuk kesulitan mengatur waktu. Intinya pilih organisasi sesuai dengan prioritas mu. Satu hal yang perlu diingat adalah jangan pernah takut dan tidak percaya diri ketika memasuki lingkungan baru.

Baca Juga : Tips mengembangkan disiplin sebagai mahasiswa

  1. Perluas Jaringan, buat teman sebanyak-banyaknya

Modal penting ketika memasuki perguruan tinggi adalah percaya diri. Universitas merupakan kumpulan orang-orang dengan beraneka ragam kepribadian, bahasa, ras suku hingga budaya.

Cara paling mudah untuk memulai mengakrabkan diri bisa dimulai dari lingkungan terdekat mu, misalnya teman satu kelas atau bahkan teman di organisasi. Mulailah dengan obrolan-obrolan ringan, kuti dan pelajari bagaimana mereka bergaul sehingga kamu bisa mempelajari polanya. Sertakan diri dalam acara keakraban yang mereka buat. Perlu diingat dalam bergaul adalah selalu menerapkan sikap rendah hati.

  1. Kunjungi Student Center

Student center merupakan pusat informasi kemahasiswaan yang ada di kampus. Informasi mengenai beasiswa, kegiatan pemberdayaan masyarakat dan lain sebagainya bisa kita dapatkan. Di tempat ini pula kamu bisa meningkatkan pengetahuan kamu mengenai organisasi-organisasi yang ingin kamu ikuti.

Di student center biasanya terdapat papan pengumuman mengenai berbagai aktivitas yang dapat kamu ikuti untuk menambah pengalaman baru.

  1. Perbaharui Informasi melalui website/portal online kamus/ media sosial

Setiap kampus pasti memiliki website resmi yang dikelola oleh pihak kampus. Website tersebut biasanya memuat informasi terkini seputar kampus, prestasi, inovasi-inovasi yang telah dilakukan, pengumuman mengenai kegiatan akademik dan lain sebagainya.

Selain itu kamu juga bisa follow akun media sosial komunitas atau organisasi-organisasi di kampus (line, twitter, Instagram, dll) media sosial tersebut notabene lebih interaktif dan update daripada portal, misal akun line official maupun twitter. Berbagai informasi akan kamu dapatkan ketika kamu rutin untuk mengakses.

Beberapa cara tersebut patut untuk diaplikasikan dalam keseharian mu. Sebagaimana warga kampus, sudah selayaknya kamu mengenali dan mulai menjadi bagian darinya. Luangkan waktu untuk mengenal kampus mu, mencari pengalaman-pengalaman berharga, serta memperluas jaringan pertemanan. Semoga bermanfaat.

Teruskan informasi ini agar lebih bermanfaat, Bagikan ke media sosial favoritmu di bawah ini:

Tags: , , , ,


About the Author



Back to Top ↑

error: Content is protected !!