Apa itu Dosen; Tugas, Kualifikasi, dan Persyaratannya

Dosen itu pendidik profesional dan seorang ilmuwan. Tugas utama mereka adalah mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan lewat pendidikan dan penelitian. Mereka harus mengajar dan membimbing mahasiswanya supaya yang bersangkutan dapat mempunyai kompetensi yang sesuai dengan keahliannya. Selain itu, seorang dosen juga mempunyai tanggung jawab dalam mengembangkan ilmu pengetahuannya lewat penelitian secara terus-menerus.

Tugas seorang Dosen

Tugas seorang dosen itu sangat mulia sekali. Mereka harus bisa menciptakan suasana proses pembelajaran yang lebih baik. Sehingga, mahasiswanya terus termotivasi untuk belajar. Selain itu, tugas mereka juga beranekaragam, disesuaikan dengan bentuk pengabdiannya. Jadi, tugasnya itu bisa meliputi di bidang kemanusiaan, profesi, dan kemasyarakatan. Sedangkan, untuk tugas umumnya adalah menjadi pendidik, pengajar, dan pelatih.

Tak hanya itu saja, seorang dosen juga harus mengembangkan ilmu pengetahuan dan juga teknologi, sekaligus merencanakan dan melaksanakan sebuah pengajaran dengan baik. Mereka harus memberikan pendidikan, penelitian, dan pengabdian untuk masyarakat. Mereka juga harus meningkatkan dan juga mengembangkan kualifikasi akademik beserta kompetensi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, seni, dan teknologi.

Kualifikasi Akademik Dosen

Setiap dosen harus memenuhi kualifikasi akademik yang ditentukan. Mereka juga harus memiliki sertifikat pendidik, kompetensi, dan harus sehat antara jasmani dan rohani. Tidak hanya itu saja, seorang dosen juga harus mampu memenuhi persyaratan satuan dari pendidikan tinggi dimana dia bertugas. Mereka juga harus mempunyai kompetensi untuk mewujudkan tujuan pendidikan secara nasional.

Persyaratan Pendidikan Dosen

Baca Juga:

Dosen itu harus memenuhi kualifikasi akademik, sertifikat pendidik, kompetensi, sehat jasmani dan rohani, dan harus bisa memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan tinggi yang mereka tempati. Dosen juga harus memenuhi kualifikasi akademik berdasarkan pendidikan tinggi program pascasarjana yang telah terakreditasi berdasarkan bidang keahliannya.

Kelompok Kategori Dosen

Ada beberapa kelompok dari kategori dosen. Berdasarkan jenisnya dan kharakteristiknya, dosen itu terbagi menajdi 3 macam. Yaitu, dosen disiplin, dosen profesional, dan dosen business. Ketiganya memiliki ciri khas yang berbeda-beda dengan tujuan yang berbeda-beda juga. Berikut ini adalah 3 kategori dosen bila dilihat dari jenisnya dan cara pengajarannya di kelas, antara lain:

Dosen Disiplin

Mereka adalah dosen yang selalu datang dan kemudian meninggalkan kelas tepat waktu. Jadi, mereka ini selalu datang on time. Kemudian, menutup kelas perkuliahan juga tepat di batas akhir jam yang sudah ditetapkan. Umumnya, dosen yang seperti ini tidak disukai mahasiswanya. Karena, meskipun sudah banyak yang dijelaskannya, namun tetap saja mahasiswa kesulitan untuk menerima materi yang telah dijelaskannya tersebut.

Dosen Profesional

Untuk dosen yang satu ini biasanya lebih mementingkan urusan akademik. Maka dari itulah, mereka sering kosong di jam kelas perkuliahan. Entah itu karena ada tugas keluar kota atau bahkan keluar negeri. Biasanya, mahasiswanya tidak diberi alasan yang jelas kenapa mereka tidak hadir di jam perkuliahan tersebut. Dosen ini biasanya selalu memberi tugas untuk mengganti jam yang telah ditinggalkannya. Namun dibalik itu, biasanya mahasiswa suka dengan dosen seperti ini. Karena mereka suka memberikan nilai baik untuk mahasiswanya.

Dosen Bussines

Dosen yang satu ini kerap mendominasi  dan memberikan mimpi peluang usaha kepada mahasiswanya di jam perkualiahan. Jadi, biasanya dosen ini akan mengajak mahasiswanya membuat sebuah project. Saat memberikan pelajaran, mereka biasanya menuntut mahasiswanya membuat final project. Beberapa mahasiswa kerap tidak menyukai jenis dosen seperti ini karena ada dana yang harus dikeluarkan untuk melaksanakan project tersebut.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.