Tips

Published on October 6th, 2017 | by Admin Seputar Kuliah

Tips Sukses Melewati Semester Awal

Semester awal ibarat sebuah fondasi. Dengan fondasi yang kuat, maka suatu bangunan akan kokoh, begitupun sebaliknya. Sama halnya dengan kuliah, di semester awal kamu memiliki tugas berat untuk membangun fondasi tersebut. Hal-hal yang ringan maupun rumit harus diatur sedemikian rupa untuk menunjang kuliah mu.

Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar sukses di semester awal

  1. Tenang ketika menghadapi masalah

Awal kuliah akan menjadi masa yang akan membuatmu tertekan. Padahal saat itu kamu ada pada titik krusial dimana kamu berharap untuk “mendapatkan semua impian” atau berada pada masa dimana kamu ingin mengetahui apa yang bisa kamu lakukan dalam sisa hidup mu. Jadi kamu harus tenang ketika menghadapi kesulitan.

  1. Membuat perencanaan secara kontinyu

Mulailah hidup dengan suatu perencanaan, kamu akan mengetahui kapan tugas harus diselesaikan dan kapan harus mengerjakan tugas tersebut. Aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari akan lebih tertata dan disiplin dengan adanya perencanaan. Mulailah menjadi pribadi yang konsisten.

  1. Jangan lupa bersenang-senang

Namun perlu diingat, jangan terlalu terlena dengan menghabiskan waktu untuk bersenang-senang hingga membuat kamu mengabaikan kuliah mu. Bersenang-senang perlu untuk menghindari suasana jenuh, namun perlu diatur agar tidak mengabaikan kewajiban lainnya. Aktivitas yang mungkin bisa kamu lakukan misal meluangkan sesekali waktu mu untuk menonton film bersama teman-teman mu.

Baca Juga : Tips Menyesuaikan diri di Kampus

  1. Menetapkan Tujuan

Pada tahun awal kuliah, kamu akan mudah melupakan gambaran besar dan lupa mengapa kamu berada di perguruan tinggi. Apapun tujuan kamu yang terpenting adalah kamu harus mengingatnya. Jika kamu pernah termotivasi ketikan melakukan sesuatu, maka carilah motivasi itu. Kuatkan tekad mu, Lakukan apa saja untuk memastikan kamu tetap termotivasi sepanjang waktu. Pastinya carilah motivasi yang positif.

  1. Cari teman seperjuangan yang bisa mengingatkan dan saling berbagi

Dengan sahabat yang solid, kamu bisa saling menceritakan tujuan satu sama lain dan saling mengingatkan tentang pencapaian tujuan tersebut. Selain itu, ketika ada suatu masalah yang kamu hadapi, sahabat bisa dijadikan teman curhat dan menemukan solusi akan masalah tersebut. Intinya sahabat yang solid senantiasa ada di kala senang maupun susah.

  1. Sesuaikan kegiatan UKM dengan kapasitas mu

Prioritas utama mu adalah kuliah, UKM adalah tambahan dimana kamu bisa mengenal, memperluas serta memperdalam ilmu-ilmu yang tidak bisa kamu dapatkan di kelas. Dirimu Kalau kemampuan kamu sekarang hanya bisa mengikuti satu UKM, jangan memaksa untuk menambah, apabila ternyata manajemen waktu mu jelek, dipastikan kamu akan keteteran dalam mengejar materi kuliah.

Hal yang perlu diingat adalah semester awal adalah masa dimana kamu membangun fondasi untuk semester berikutnya.

Teruskan informasi ini agar lebih bermanfaat, Bagikan ke media sosial favoritmu di bawah ini:


About the Author



Back to Top ↑

error: Content is protected !!