Cara Memperluas Jaringan di Kampus

Memiliki jaringan pergaulan yang luas bermanfaat untuk menunjang keberhasilan. Baik itu ketika kamu masih berstatus sebagai mahasiswa ataupun sudah bekerja. Kuliah merupakan masa yang tepat untuk melatih dan memperluas jaringan di kampus. Ada berbagai macam karakter seseorang yang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu kamu harus pandai beradaptasi dengan situasi yang ada untuk dapat menjalin relasi dengan bermacam-macam orang. Dengan memiliki banyak teman akan membantu mu di setiap masalah yang kamu hadapi.

Dibawah ini merupakan tips yang bisa kamu terapkan untuk memperluas jaringan ketika menjadi mahasiswa

Jangan pilih-pilih teman

Hindari kebiasaan mengelompok-kelompokkan teman. Bertemanlah dengan siapa saja karena kamu tidak tau apa yang akan terjadi di masa depan. Mulai dari ketika awal kuliah sewaktu PMB dimana kamu akan kenalan dengan teman-teman baru. Jangan pilih-pilih, misal kamu hanya mau berteman dengan mereka yang asal daerahnya sama denganmu.

Di kampus kamu akan menemukan teman yang berasal dari penjuru indonesia, dari sabang hingga merauke. Jangan sia-siakan kesempatan untuk mengenal mereka karena bisa menambah pengetahuanmu mengenai daerah asal mereka.

Bergaul dengan setiap angkatan

Cobalah untuk memperluas pergaulanmu di seiap angkatan yang ada di kampus. Kalau kamu bukan tipe orang yang pandai bergaul, paling tidak kamu punya satu atau dua orang teman di setiap angkatan. Hal tersebut akan membantu selama kuliah.

Ambil contoh ketika kamu punya teman kakak senior, kamu bisa meminta informasi mengenai dosen, mata kuliah, soal ujian, tips untuk mendapatkan nilai A di mata kuliah tertentu, hingga meminjam buku.

Semakin luas jaringan pertemananmu maka semakin banyak manfaat dan kemudahan yang kamu dapatkan

Baca Juga : Tips Menyesuaikan Diri di Kampus

Kenal dekat dengan dosen

Ketika ingin memperluas jaringan di kampus, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan selain berhubungan baik dengan mahasiswa. Ya, siapa lagi kalau bukan dosen. Cara untuk bisa dikenal dosen yang bisa kamu lakukan misalnya dengan menjadi mahasiswa yang aktif di kelas. Aktif berdiskusi, bertanya dan sebagainya. Bahkan kamu bisa menemui secara langsung untuk berdiskusi mengenai materi kuliah.

Berteman dengan semua penghuni kampus

Mulai dari satpam, penjaga perpus, penjaga kantin, petugas kebersihan dan lain sebagainya. Jadilah pribadi yang ramah, rendah hati dan mudah bergaul dengan siapa saja. Karena kamu tidak akan bisa menebak informasi apa yang bisa kamu dapatkan dari mereka. Siapa tahu informasi tersebut memang benar-benar berguna untukmu.

Memperluas jaringan di kampus dengan ikut organisasi

Organisasi merupakan sarana yang bisa kamu gunakan untuk memperluas jaringan. Kamu bisa bergabung di UKM-UKM yang akan menyalurkan hobimu disamping mendapatkan banyak teman serta akan mendapatkan pengalaman yang berharga. Jangan hanya ikut UKM dalam lingkup fakultas saja. Kamu bisa mencoba bergabung dalam UKM tingkat universitas. Pada UKM tingkat universitas komposisi anggotanya akan lebih beragam yaitu dari berbagai fakultas dan jurusan yang ada di kampusmu. Sehingga hal ini tentu saja akan semakin menambah wawasanmu ketika harus bekerja sama dengan orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memperluas jaringan di kampus. semoga bermanfaat dan salam sukses!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *