Artikel

Published on February 28th, 2018 | by Saiful Riza

0

Tips Mendapatkan Inspirasi Untuk Topik Skripsi

Skripsi merupakan suatu kewajiban yang harus dipenuhi oleh para mahasiswa guna mendapatkan gelar sarjana. Ketika sudah saatnya mengambil mata kuliah Skripsi, kamu akan dihadapkan pada proses jatuh bangun dan perjuangan untuk menyelesaikannya. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan topik skripsi. Tiap orang memiliki cara masing-masing dalam mendapatkan inspirasi. Berikut beberapa Tips Mendapatkan Inspirasi Untuk Topik Skripsi yang bisa kamu lakukan

Sesuaikan dengan minat

Ide dan inspirasi lebih mudah muncul ketika kamu menyukai sesuatu. Mungkin kamu jurusan ekonomi dan suka futsal, kamu bisa meneliti mengenai manajemen pengelolaan, kualitas pelayanan lapangan futsal dan lain sebagainya. Hal tersebut lebih enak daripada memikirkan permasalahan pada topik yang tidak kamu senangi dan membuat kamu kesulitan sendiri.

Banyak Membaca Buku

Mahasiswa zaman sekarang dimudahkan dalam berbagai hal, termasuk akses buku. Manfaatkan perpustakaan fakultas ataupun universitas. Kalau kamu termasuk jenis mahasiswa yang lebih suka menggunakan ebook, download ebook juga sah-sah saja. Namun perlu diingat tidak semua buku terutama yang berbahasa Indonesia tersedia dalam bentuk ebook. Jadi sangat perlu untuk membaca buku fisik.

Rajin Membaca Jurnal

Dengan banyak membaca jurnal yang relevan terhadap bidang studi, ide-ide tersebut bisa muncul. Mengenai hasil penelitian yang dilakuakan oleh peneliti x memiliki banyak kelemahan yang berpotensi untuk dijadikan topik penelitian misalnya. Biasanya kampus telah berlangganan website penyedia jurnal, manfaatkan hal tersebut. Alternatif yang lain kamu bisa mendownload secara gratis cari tahu caranya disini

Update Berita dan Tren Masa kini

Arus Informasi yang cepat memiliki sisi positif dan negatif. Fenomena yang terjadi sekarang ini mungkin memiliki daya tarik tersendiri untuk dijadikan topik penelitian. Penelitian selalu terbuka untuk hal-hal yang baru. Jadi tidak ada salahnya untuk meneliti fenomena atau permasalahan tersebut.

Konsultasi dengan dosen pembimbing

Jangan takut dikira tidak memiliki ide mengenai topik skripsi, beberapa dosen sangat welcome untuk berdiskusi. Untuk mensiasatinya, minimal kamu punya ketertarikan dengan suatu fenomena atau teori, namun kamu masih kesulitan untuk mengembangkan permasalahan yang ingin kamu jadikan topik skripsi. Nah untuk itu, kamu bisa meminta saran dari dosen pembimbing.

Peka terhadap Sekitar

Masalah bisa muncul dimana saja, bahkan pada tempat yang tak terduga. Mungkin di lingkungan sekitar kampus, ataupun di kampung halaman, ada masalah yang menarik untuk dijadikan penelitian. Maka jadilah pribadi yang peka terhadap lingkungan sekitar.

Demikian cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan Inspirasi ide mengenai topik yang dijadikan skripsi. Semoga bermanfaat!

Tags: , ,


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!