Beasiswa

Published on February 28th, 2018 | by Saiful Riza

0

Beasiswa Program S2 dan S3 di Turki 2018 – 2019

Pemerintah Turki kembali membuka Program Türkiye Scholarships Graduate Program Applications tahun ini. Kesempatan untuk Pelamar Internasional untuk melanjutkan studi dengan Beasiswa Program S2 dan S3 di Turki. Beasiswa penuh melalui Türkiye Scholarships ditujukan untuk mahasiswa yang ingin kuliah di universitas-universitas terbaik yang ada di Turki.

Cakupan Beasiswa Pemerintah Turki 2018 meliputi tunjangan bulanan sebesar 850 TL (± Rp 3,8 juta) per bulan untuk beasiswa S2 dan 1.200 TL (± Rp 5,4 juta) untuk penerima beasiswa S3. Selain itu, Beasiswa Turki juga menanggung semua biaya kuliah, akomodasi, tiket pesawat PP ke Turki, asuransi kesehatan, serta kursus bahasa Turki sebelum perkuliahan dimulai selama satu tahun.

Pada Beasiswa Turki 2018 menggunakan sistem tunggal sehingga pelamar tidak perlu mengajukan aplikasi secara terpisah untuk mendaftar ke universitas. Ketika mendaftar beasiswa secara online, Anda juga sudah bisa mendaftar langsung ke universitas pilihan menggunakan formulir aplikasi yang sama. Sama halnya ketika nantinya anda diterima di program beasiswa, secara otomatis akan diterima juga ke universitasnya.

Mayoritas program studi yang ditawarkan menggunakan bahasa Turki. Namun, anda tidak perlu khawatir karena terdapat juga program yang menggunakan bahasa pengantar Inggris, Arab, atau Perancis. Pastikan pelamar beasiswa memiliki sertifikat kemampuan bahasa yang diakui internasional seperti TOEFL dan IELTS untuk bahasa inggris guna memilih program tersebut. Jika terpilih mengikuti wawancara, nantinya pelamar juga akan dimintai nilai tes seperti GRE, GMAT, atau SAT

Persyaratan:

  1. Warganegara selain Turki (mereka yang berkewarganegaraan Turki sebelumnya tidak dapat mendaftar)
  2. Tidak terdaftar sebagai mahasiswa di universitas Turki pada jenjang studi yang dilamar
  3. Meraih gelar sarjana atau master paling lambat 30 Juli 2018
  4. Untuk program master berusia di bawah 30 tahun
  5. Untuk program doktor berusia di bawah 35 tahun
  6. PK setidaknya 75 persen (setara 3.00)
  7. Sehat jasmani dan rohani

List dokumen aplikasi:

  1. Aplikasi online
  2. Salinan ijazah sarjana atau master atau dokumen yang menjelaskan bahwa kandidat merupakan mahasiswa sarjana/master tingkat akhir
  3. Salinan transkrip nilai sarjana atau master
  4. Salinan identitas diri yang sah (KTP, KTP, atau akte kelahiran)
  5. Foto ukuran paspor

Tata Cara Pendaftaran:

Pengajuan Beasiswa Pemerintah Turki 2018 – 2019 dilakukan secara online melalui laman Türkiye Scholarships.

Buatlah akun terlebih dahulu melalui laman tersebut pada bagian “Apply”. Isi formulir registrasi, kemudian periksa email untuk aktivasi. Selanjutnya Anda sudah bisa log in kemudian mengajukan aplikasi online berdasarkan dokumen aplikasi yang diminta. Scan dokumen asli, lalu unggah di akun yang sudah dimiliki. Selain dokumen di atas, biasanya pihak universitas atau jurusan juga meminta dokumen lain, seperti sertifikat TOEFL/IELTS, GRE/GMAT, DELF, dll. Silakan dicek dahulu dokumen yang diminta universitas bersangkutan.

Oleh karena itu, Alangkah baiknya sebelum Anda mendaftar, terlebih dahulu tentukan jurusan dan perguruan tinggi yang tepat. Bisa dilihat pada kolom formulir yang tersedia.

Pendaftaran online dilaksanakan tanggal 5 Februari – 5 Maret 2018.

Untuk kandidat yang lolos seleksi administratif, akan mengikuti tahap wawancara yang akan diinformasikan melalui email yang didaftarkan. Wawancara tersebut dapat dilakukan via telepon atau internet. Sedangkan pengumuman hasil seleksi pada tanggal 15 Mei 2018.

Apabila ada pertanyaan mengenai permasalah teknis pendaftaran ataupun yang lainnya bisa menghubungi Türkiye Burslari Call Center : 0850 455 0 982 atau email:  info@turkiyeburslari.org.

Selamat Berjuang!

Tags: , ,


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!