Cara Download Jurnal Berbayar Secara Gratis

Bagi kalian yang membutuhkan jurnal internasional untuk berbagai macam keperluan seperti untuk riset, penelitian, atau hanya sekedar bersenang-senang dengan ilmu pengetahuan, maka anda wajib membaca artikel ini dengan baik karena akan dibahas bagaimana cara mengunduh atau mendownload jurnal.

Banyak sekali situs yang menyediakan jurnal-jurnal internasional, namun sayangnya jurnal tersebut tidak semuanya gratis melainkan terdapat jurnal berbayar yang justru dikarenakan jurnal berbayar maka memiliki kualitas yang berbeda bahkan lebih bagus, hal ini membuat mahasiswa kebingungan karena budget yang minim tidak cukup untuk mendownload jurnal berbayar tersebut.

Terdapat 3 cara download jurnal berbayar yaitu: pertama, dengan cara membeli jurnal-jurnal berbayar tersebut dengan harga yang mahal. Kedua, dengan cara memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh kampus atau universias. Ketiga, dengan mendownload jurnal berbayar secara gratis.

Sebelumnya artikel ini dibuat hanya untuk pengetahuan dan tidak ada maksud membuat rugi pihak-pihak tertentu.

Untuk tipe yang PERTAMA, ada beberapa jurnal internasional terbaik -menurut saya- yang memberikan jurnal open acces, di antaranya yaitu:
1. Emerald Insight
2. Science Direct
3. Directory of Open Access Journal, dan
4. Elsevier

Pada situs-situs tersebut tersedia berbagai macam jurnal dari berbagai negara dengan berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan, sehingga menurut saya cukup lengkap.

Berikut contoh gambar jurnal yang open access. Ada tulisan open access di setiap jurnal, sehingga bisa didownload dengan BENAR-BENAR GRATIS dan HALAL.
Cara download jurnal di sciencedirect

Untuk jurnal yang berbahasa Indonesia sendiri, ya… begitulah, tidak banyak yang dapat saya sampaikan. Kalau mau membaca jurnal-jurnal berbahasa Indonesia, saran saya baca saja di perpustakaan milik badan pemerintahan seperti LIPI, Balai Besar Keramik, Balai Besar Tekstil, BATAN, atau baca aja di perpustakaan kampus.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mendownload jurnal adalah mencari jurnal dulu. Sebagai contoh, saya biasanya mencari di http://www.sciencedirect.com/

Situs tersebut menurut saya sangat bagus karena banyak menyediakan jurnal-jurnal tentang sains, ekonomi, teknik, dan kesehatan. Seperti ini tampilan situs sciencedirect.com :

Baca Juga:

Selain sciencedirect.com juga banyak situs jurnal berbayar lainnya, tinggal mencari judul atau tema jurnal yang dicari di Google. Apabila ingin mencari jurnal, sebaiknya di Google Scholar.
Setelah membuka situs tersebut, kita mencaricari judul atau tema jurnal yang kita inginkan. Misal saya sudah mendapatkan jurnal yang saya inginkan berikut:

Untuk jurnal yang berbayar, pasti terdapat tulisan purchase PDF. Apabila kita membutuhkan jurnal ini, copy URL-nya dan buka situs http://sci-hub.tw/ atau ketik kata sci hub pada mesin pencarian google (mengingat situs tersebut sewaktu-waktu berganti domain) Kemudian paste dan enter atau klik open yang terdapat gambar kuncinya:

cara download jurnal dengan sci hub
Situs tersebut merupakan situs download jurnal berbayar secara gratis, sehingga jurnal yang sebelumnya berbayar akan menjadi gratis.

Apabila sudah menekan tombol enter atau klik open yang terdapat gambar kuncinya, maka akan langsung ter download.

proses download jurnal

Berikut kami sertakan videonya:

Sebenarnya ada cara download jurnal yang lain agar kita bisa mengakses mengunduh jurnal berbayar tanpa harus mengeluarkan uang sepersenpun, cara pertama dengan menggunakan fasilitas kampus (tentunya kampus yang dimaksud sudah berlangganan jurnal internasional, biasanya kita harus terkoneksi dengan jaringan internet kampus dalam arti tidak bisa dengan wifi kosan atau lainnya), cara kedua yaitu dengan menggunakan layanan e-resources perpustakaan yang telah disediakan pemerintah Indonesia.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
2 Comments
  1. […] Dengan banyak membaca jurnal yang relevan terhadap bidang studi, ide-ide tersebut bisa muncul. Mengenai hasil penelitian yang dilakuakan oleh peneliti x memiliki banyak kelemahan yang berpotensi untuk dijadikan topik penelitian misalnya. Biasanya kampus telah berlangganan website penyedia jurnal, manfaatkan hal tersebut. Alternatif yang lain kamu bisa mendownload secara gratis cari tahu caranya disini […]

  2. […] Baca juga cara download jurnal berbayar secara gratis disini […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.