Artikel

Published on January 17th, 2018 | by Admin Seputar Kuliah

SISTEM PEMBELAJARAN SESUAI DENGAN BAKAT

Sistem pembelajaran di Indonesia sangat sering mendapat kritikan dari masyarakat. Berbagai usaha yang dilakukan oleh menteri pendidikan dalam memberikan inovasi, sehingga masyarakat Indonesia bisa lebih berkembang dan mempunyai wawasan yang lebih luas melalui sistem pembelajaran yang baru. Tetapi pada kenyataannya, full day school sebagai salah satu inovasi dalam dunia pendidikan yang di perkenalkan kepada masyarakat belum mendapatkan respon yang positif.

Pendidikan 12 tahun yang sudah diwajibkan di Indonesia belum bisa memberikan hasil maksimal kepada masyarakat dalam mengasah kemampuannya. Hal ini jika ditelaah lebih lanjut bukan disebabkan oleh pendidikan wajib yang sudah ditetapkan oleh pemerintah tetapi sistem pembelajaran yang masih kurang inovatif. Jika dibandingkan dengan negara maju yang memberikan kebebasan dalam memlih pelajaran sesuai dengan minat dan fokus pada hal itu, tetapi di Indonesia semua pelajaran wajib untuk diambil dan dikuasai sehingga pelajar tidak bisa memfokuskan diri hanya pada satu pelajaran saja karena akan berdampak negatif terhadap nilai dipelajaran yang lain.

Sistem pembelajaran yang harusnya dipertimbangkan oleh menteri pendidikan yaitu pelajar dibebaskan untuk memilih apa saja sesuai dengan bakat yang dimiliki masing-masing , lalu pemerintah bisa memfasilitasi pelajar dalam mengembangkan kemampuannya sehingga mampu bersaing dengan pelajar internasional dan membawa nama baik Indonesia.  Pembelajaran seperti ini banyak diinginkan oleh pelajar karena mereka mampu mengexplore bakat mereka ditanah air tanpa harus sekolah ke luar negeri yang mempunyai sistem pembelajaran seperti itu.

Di era modern ini sistem pembelajaran semakin berubah, salah satunya yaitu dosen ataupun guru sudah menerapkan pembelajaran online yang menyebabkan dosen dan mahasiwa tidak perlu untuk bertatap muka. Sistem pembelajaran seperti ini memang mengikuti perkembangan teknologi yang ada, tetapi respon dari mahasiswa yang sudah pernah melakukan pembelajaran online tidak terlalu menyambut hal ini dengan baik karena pembelajaran online tidak membuat mereka paham akan pembelajaran yang disampaikan dan hal itu hanya akan sia-sia.

Untuk bisa mewujudkan impian masyarakat dalam mendapatkan sistem pembelajaran yang tidak terlalu formal dan mampu memberikan kesempatan kepada setiap individu dalam mengembangkan kemampuan mereka dengan cara semua masyarakat saling berkerjasama dan memberikan waktu kepada pemerintah untuk menimbang keinginan masyarakat dan mencipatakan berbagai macam inovasi sehingga pendidikan di Indonesia bisa bangkit kembali dan bersaing dengan pendidikan didunia.

Menteri pendidikan dapat melakukan survey kebeberapa sekolah diseluruh indonesia untuk dapat mengetahui keadaan sebenenarnya sehingga pemerintah dapat menciptakan perubahan untuk masyarakat Indonesia yang berkemajuan. Sistem pembelajaran yang sudah ada sejak lahirnya Indonesia memang sulit untuk diubah, karena mindset masyarakat yang terlalu takut un tuk merubah sesuatu yang sudah ada sejak dulu. Pemerintah tidak bisa memutuskan untuk membuat suatu inovasi baru tanpa dukungan dari masyarakat itu sendiri, jika pemerintah sudah mempunyai ide untuk memajukan pendidikan di Indonesia, tidak ada salahnya kita sebagai masyarakat memberikan kesempatan untuk melihat bagaimana implementasinya serta beagaimana pengaruhnya kepada pelajar ataupun mahasiswa yang sudah menjalankan program baru tersebut.

Sistem pembelajaran yang berkemajuan bisa diciptakan di Indonesia jika pola pikir masyarakat untuk mau melakukan perubahan sudah ada. Pola pikir tersebut bisa diciptakan jika pemerintah dan masyarakat memiliki kepercayaan satu sama lain, sehingga mampu berkerjasama untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Dengan adanya artikel ini, penulis harapkan dapat membuka pola pikir  pemeritah dan masyarakat bahwa sudah saatnya pendidikan Indonesia di perbaharui dan sudah saatnya Indonesia bangkit untuk menunjukkan jati diri sebenarnya kepada dunia.


About the Author



Back to Top ↑

error: Content is protected !!