3 Cara Jitu bagi Fresh Graduate agar Sukses Menjelajahi Dunia Baru setelah Lulus Kuliah

Buat kamu yang masih fresh graduate, kamu harus ingat bahwa pekerjaan pertama bukan yang paling nyaman, jangan hanya bermodal cinta untuk menyambut masa depan, dan ambilah tantangan baru dalam hidupmu, itulah cara agar terhindar dari status pengangguran.

Wisuda adalah titik dalam hidup di mana kita merasa lega karena telah selesai dengan komitmen pendidikan. Kita melompat dengan penuh sukacita, melempar topi tinggi, dan melihatnya jatuh ke tanah dengan anggun dalam balutan toga. Lalu, kita siap menyambut masa dengan dan bergembira dan penuh semangat.

Namun, hingar bingar wisuda tampaknya selalu menyisakan kesibukan bagi beberapa fresh graduate yang ingin segera mendapatkan pekerjaan. Karena akan sangat malu jika setelah lulus kuliah kita masih meminta uang kepada orangtua. Tapi sayangnya tidak semua orang cepat mendapatkannya, ada juga yang harus menunggu diterima kerja meski sudah mendaftar sana-sini. Bagaimana cara jitu yang bisa kita lakukan agar terhindar dari status pengangguran setelah lulus kuliah? Berikut ini caranya:

Ingat Bahwa Pekerjaan Pertama Bukan yang Paling Nyaman

Tahukah kamu, bahwa menjadi nyaman adalah hal yang sangat berbahaya dalam hidup kita. Menariknya, banyak fresh graduate yang terlalu antusias saat mendapatkan pekerjaan pertamanya, lalu bertahan hingga tua dengan pekerjaan itu. Namun, tak jarang juga yang baru beberapa bulan bekerja, lalu mundur karena merasa bahwa itu bukan pekerjaan yang cocok baginya. Penting kiranya bagi para fresh graduate untuk tidak berpikir bahwa pekerjaan pertama adalah pekerjaan yang paling nyaman yang akan menjadi masa depanmu.

Namun parahnya banyak fresh graduate yang melupakan itu. Mereka terlalu antusias merasakan hasil keringatnya sendiri dan menggunakan uangnya untuk berfoya-foya, hingga akhirnya merasakan bahwa semakin hari kebutuhannya semakin meningkat, lalu menyisakan hutang sana-sini. Jadi, jika kita baru lulus dan bekerja, ingatlah selalu bahwa lebih baik menabung dan berinvestasi daripada hasil kerja kita digunakan untuk membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Hiduplah dengan cerdas dan sederhana, karena itu adalah cara terbaik untuk memastikan keamanan finansial kta. Ingat, masih ada peluang dimana-mana, jadi jangan menganggap pekerjaan pertama kita adalah yang paling nyaman dan aman.

Jangan Hanya Bermodal Cinta untuk Menyambut Masa Depan

Cinta adalah anugerah dan sebuah perasaan yang indah dan terjadi diantara dua orang. Jika kalian sudah berpacaran sejak masa kuliah, kemudian setelah lulus kalian akan berpikir untuk mengikat hubungan kalian dalam sebuah hubungan yang diharapkan lebih baik. Misalnya, pernikahan. Namun sayngnya, hal yang terjadi pada saat ini adalah banyak pasangan memutuskan menikah muda tanpa memiliki persiapan keuangan yang matang.

Ingat, cinta dan pernikahan itu penting untuk diperjuangkan, tetapi untuk bisa menikmati cinta yang nyaman itu juga perlu keadaan finansial yang stabil. Sebab cinta saja tidak akan mampu membayar biaya hidup, tetapi cinta pasti bisa menunggu. Jika ia memang orang yang tepat untukmu, pasti kekasihmu akan mendorongmu untuk mencapai kesuksesan, begitu juga diri kalian akan saling mendukung untuk mendukung untuk mencapai prestasi besar.

Sadarlah bahwa ini saatnya untuk Mengambil Tantangan dalam Hidupmu

Menjadi seorang fresh graduate adalah saat terbaik untuk mengambil resiko dan tantangan dalam fase hidup baru kita. Tapi rasa takut dan ragu-ragu dapat menyebabkan kita takut dna menghindari untuk mengambil satu tantangan hidup. Terus-terusan mencari lowongan kerja yang kita inginkan dan membuat kita aman, tetapi tidak pernah melakukan langkah nyata untuk mewujudkannya.

Ingatlah bahwa hidup ini sangat menyenangkan jika kamu bisa keluar dari zona nyaman kamu, karena banyak peluang lebih yang bisa kamu raih di sana. Jadi, sebagai seorang fresh graduate yang tidak terikat tanggung jawab besar maka kembangkanlah dirimu seluas mungkin. Karena tantangan akan memberikan kamu kebebasan untuk memperbaiki dan menentukan stabilitas keuangan yang akan mengantarkanmu pada keadaan masa tua yang menyengkan.

Singkatnya, tips ini bisa menjadi penyelamat dalam menjelajahi dunia baru selepas lulus kuliah. Luangkan waktu untuk mencoba memahami bagaimana kamu bisa terhinda dari status pengangguran yang tak berpenghasilan.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *