Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin

Kompetensi yang dimiliki lulusan teknik mesin antara lain mampu membuat racangan, rekayasa ulang hingga mengembangkan teknologi mesin dengan memanfaatkan perangkat lunak berbasis aplikasi komputer. Menguasai berbagai aspek dalam hal perancangan mesin, sistem tenaga, proses produksi hingga sistem kontrol. Menguasai metode untuk identifikasi, analisis dan perumusan metode pemecahan masalah yang berhubungan dengan mesin. Mampu menggunakan software dan hardware dalam rangka merancang dan melakukan eksperimen. Mampu menerapkan ilmu matematika, teknik mesin dan ilmu pendukung lainnya dalam rangka perumusan solusi atas permasalahan yang berhubungan dengan teknik mesin. Berdasarkan kompetensi tersebut, seputarkuliah.com akan mengulas prospek kerja jurusan teknik mesin.

Maintenance Engineer

Semua Industri yang dalam kegiatan operasionalnya menggunakan peralatan mesin membutuhkan maintenance engineer. Perawatan mesin produksi secara rutin bertujuan agar kinerja mesin selalu baik dan menjaga agar aktivitas produksi tetap berjalan sebagaimana mestinya. Peran maintenance enginner adalah melakukan upaya prefentif dalam bentuk pemeliharaan berbagai komponendan sistem dalam mesin produksi serta melakukan upaya perbaikan apabila ditemukan adanya kerusakan.

Perusahaan Migas dan Pertambangan

Insinyur teknik mesin cukup banyak dibutuhkan dalam perusahaan migas dan pertambangan. Bagian seperti welding engineer, piping engineer dan corrosion engineer merupakan beberapa posisi yang banyak incar oleh lulusan teknik mesin. Selain itu aspek seperti desain pipeline, rotating machinery, drilling, well intervention juga cocok untuk dikerjakan oleh lulusan teknik mesin. Perusahaan seperti PT Pertamina, Chevron Indonesia, Total Indonesia, Petronas, Freeport, Bukit Asam dan lainnya bisa menjadi pilihan untuk tempat berkarier.

Baca Juga:

Perusahaan Pembangkit Listrik

Prinsip yang terdapat pada sistem pembangkit listrik adalah termodinamika. Dengan kompetensi ilmu termodinamika yang dikuasai, penanganan terhadap permasalahan yang sering muncul pada kompresor, pompa, turbin, sistem perpipaan, penukar panas dan bagian lainnya merupakan bidang pekerjaan untuk lulusan teknik mesin.

Industri Transportasi

Industri motor, mobil ataupun pesawat terbang membutuhkan kontribusi lulusan teknik mesin. Bagian perancangan dan produksi chassis, desain bodi, engine serta bagian-bagian lain bisa dikerjakan oleh alumni teknik mesin.

Pengajar

Menjadi seorang dosen baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta bisa menjadi peluang pekerjaan yang cukup menjanjikan untuk lulusan teknik mesin, dengan salah satu syaratnya adalah dengan lulus jenjang pendidikan minimal S2 terlebih dahulu.

Pengusaha

Seorang alumni teknik mesin bisa membuka dan mengembangkan bisnis sendiri, baik itu yang berhubungan dengan bidang teknik mesin ataupun tidak. Membuka bisnis bengkel misalnya, atau menciptakan dan mengembangkan berbagai inovasi mesin yang unik, kreatif,  serta memiliki nilai jual merupakan salah satu hal yang bisa seorang wirausaha lulusan teknik mesin lakukan.

Instansi Pemerintah

Sektor kedirgantaraan dan pertahanan seperti PT Dirgantara Indonesia, bidang pengkajian dan penerapan teknologi seperti di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang bernaung dibawah Kemenristek Dikti, serta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bisa menjadi tempat pilihan berkarer untuk lulusan teknik mesin.

Industri Proses

Dari mulai Industri tekstil, pupuk, semen, makanan olahan, dan sebagainya, dengan kolaborasi bersama jurusan teknik yang lainnya, seorang lulusan teknik mesin bisa berkontribusi dalam mendesain dan merancang proses produksi.

Demikian prospek kerja jurusan teknik mesin, semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.