Prospek Kerja Jurusan Sastra Jepang

Sebelum membahas mengenai prospek kerja jurusan sastra Jepang, perlu diketahui terlebih dahulu beberapa kompetensi lulusannya. Kompetensi yang dimiliki lulusan sastra Jepang antara lain menguasai teori dan metode penelitian linguistic, sastra, sejarah hingga budaya Jepang. Menguasai teknik dan prinsip pemahaman tulisan dan penerjemahan. Memahami bahasa, sastra, sejarah serta nilai-nilai sosial massyarakat Jepang. Cakap dalam berbicara, menulis, membaca hingga menafsirkan bahasa Jepang. Mampu menerapkan teori dan metode penelitian sejarah, bahasa, sastra dan kebudayaan Jepang. Berdasarkan beberapa kompetensi tersebut, seputarkuliah.com akan mengulas mengenai prospek kerja jurusan sastra Jepang.

Berkarier di Kedutaan Besar Jepang

Untuk kalian yang mempunyai mimpi untuk bisa ke Jepang, pekerjaan ini bisa mewujudkan impianmu. Bekerja sebagai staff di kedutaan besar Indonesia yang berada di Jepang merupakan pilihan profesi yang menjanjikan. Dengan kompetensi yang dimiliki oleh alumni sastra Jepang, peluang ini layak untuk dimanfaatkan.

Kementerian Luar Negeri

Hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang pada tahun 2018 ini sudah menginjak usia yang ke-60 tahun. Kementerian Luar Negeri memiliki tugas dalam penyelenggaraan urusan pemerintah pada bidang politik serta hubungan luar negeri dalam pemerintahan.  Berbagai kerjasama dengan Negara Jepang telah terjalin, baik itu dalam bidang ekonomi, teknologi, politik, lingkungan, pendidikan dan lain sebagainya.

Translator

Berbagai karya sastra dari Jepang semakin banyak diminati oleh orang Indonesia, baik itu buku, novel, film dan lain sebagainya. Kebutuhan akan translator untuk menterjemahkan karya sastra Jepang merupakan peluang untuk para lulusan sastra Jepang. Kompetensi unggulan yang dimiliki tentu saja akan sangat membantu menunjang keberhasilan karier. Perusahaan penerbit yang menerbitkan buku-buku terjemahan dari Jepang bisa menjadi tempat pilihan berkarier.

Tenaga Pengajar

Profesi dosen, baik itu yang mengajar di perguruan tinggi negeri ataupun swasta bisa menjadi pilihan pekerjaan untuk alumni sastra Jepang. Untuk lulusan S1 wajib menyelesaikan jenjang Pendidikan S2 terlebih dahulu sebagai syarat untuk menjadi dosen.

Perusahaan Multinasional Jepang

Perusahaan Jepang yang melakukan investasi di Indonesia sangat banyak. Berbagai bidang baik itu otomotif, manufaktur, makanan olahan, farmasi, industri alat rumah tangga dan lain sebagainya. Lulusan sastra Jepang yang memiliki kompetensi fasih dalam berbahasa, mampu memahami penulisan, serta paham akan nilai dan kebudayaan orang Jepang bisa dijadikan modal utama untuk berkarier di perusahaan tersebut. Selain itu, bukan tidak mungkin kamu akan di tempatkan di perusahaan induk di Jepang.

Demikian prospek kerja jurusan sastra Jepang, semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *