Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan

Setelah mengulas mengenai jurusan teknik lingkungan, kali ini seputarkuliah.com akan membahas mengenai prospek kerja jurusan teknik lingkungan. Lulusan teknik lingkungan memiliki kompetensi antara lain mampu melakukan evaluasi kualitas lingkungan khususnya apabila menimbulkan risiko terhadap kesehatan masyarakat, mampu menyusun dan mengembangkan strategi dalam rangka melindungi lingkungan, memiliki kompetensi dalam mengevaluasi berbagai aktivitas perlindungan lingkungan maupun peningkatan kualitas lingkungan, serta mampu merancang berbagai program untuk perlindungan lingkungan dan lain sebagainya.

Dari berbagai kompetensi tersebut, prospek kerja jurusan teknik lingkungan diantaranya:

Ahli Ekologi

Profesi ini akan banyak bekerja dalam hal aktivitas penelitian pada suatu lingkungan ekosistem secara menyeluruh, termasuk penelitian mengenai dampak dari penambahan atau pegurangan populasi makhluk hidup terhadap suatu lingkungan, melakukan identifikasi mengenai barbagai aktivitas yang berpotensi merusak lingkungan hingga melakukan upaya pencegahan terjadinya kerusakan lingkungan.

Berkarier di Organisasi Lingkungan

Organisasi lingkungan adalah organisasi yang berfokus pada aktivitas perlindungan, analisis, hingga memantau dinamika perubahan suatu lingkungan. Organisasi ini bisa diklasifikasikan berdasarkan tipenya (antar pemerintah, pemerintah, non-pemerintah) atau juga diklasifikasikan menurut negara. Sebagai contoh organisasi lingkungan antar pemerintah: Global Environtmrnt Facility (GEF), United Nation Environment Programme (UNEP), World Nature Organization (WNO), dll. Contoh lain dari organisasi lingkungan pemerintah: di Indonesia terdapat Kementerian Lingkungan Hidup dan Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam.

Bekerja di Unit Pengelolaan Limbah

Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk memanage dan mengelola limbah hasil dari kegiatan atau aktivitas perusahaan (industri tekstil, semen, pupuk, industri kimia, hingga rumah sakit, dll) Bagian pengelolaan limbah ada yang sudah merupakan bagian dari perusahaan yang bersangkutan ataupun unit perusahaan khusus yang menjadi mitra dan bekerjasama dengan perusahaan.

Pegawai Negeri Sipil

Kementerian dan instansi yang sering membuka lowongan untuk lulusan teknik lingkungan antara lain Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perindustrian, serta lembaga lainnya.

Berkarier di BUMN dan Sektor Swasta

Perusahaan-perusahaan yang membutuhkan kontribusi dari lulusan teknik lingkungan antara lain perusahaan migas, petrokimia, pertambangan, dsb. Perusahaan yang menjadi incaran para alumni teknik lingkungan adalah PT Pertamina, Chevron, Total Indonesia, Freeport, Krakatau Steel, Kimia Farma, dll

Pengajar/Dosen

Profesi ini bisa menjadi pilihan untuk alumni teknik lingkungan, mengajar untuk program studi teknik lingkungan merupakan salah satu peluang profesi yang menjanjikan.

Konsultan Lingkungan

Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, migas, dan aktivitas pembangunan lain yang akan menimbulkan dampak terhadap lingkungan  wajib mengikuti prosedur AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan). Peran dari konsultan lingkungan adalah membantu memberikan gambaran mengenai berbagai analisis dampak lingkungan terhadap suatu proyek atau aktivitas perusahaan yang akan melakukan prosedur AMDAL.

Demikian prospek kerja jurusan teknik lingkungan, semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *