Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi

Seorang lulusan sistem informasi dituntut untuk memiliki kompetensi antara lain: mampu merancang dan membangun suatu sistem informasi berbasis komputer yang bisa diimplementasikan pada organisasi/bisnis/perusahaan, mampu membuat rekayasa sistem informasi berbasis teknologi informasi seperti database, pembuatan website, perangkat lunak komputer dalam ruang lingkup organisasi/bisnis, selain itu, memilik kompetensi dalam mengelola, menguji dan mengaplikasikan sistem dalam manajemen perusahaan, hingga menguasai perangkat lunak komputer mulai dari sistem operasi, bahasa pemrograman, hingga aplikasi pengolahan. Berdasarkan beberapa kompetensi tersebut, seputarkuliah.com akan mengulas prospek kerja jurusan sistem informasi.

Administrator Database

Seorang administrator database bertanggung jawab untuk memanage dan mengelola basis data organisasi/perusahaan. Aktivitasnya meliputi (perancangan, pelaksanaan, perawatan hingga perbaikan) database perusahaan. Profesi ini membutuhkan keahlian antara lain pengetahuan mengenai database, pemahaman tentang arsitektur komputasi, sistem operasi, metode perawatan database secara rutin, hingga pemahaman umum mengenai teknologi penyimpanan data dalam jaringan.

Analis Sistem

Profesi ini bertanggung jawab dalam merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling cocok untuk perusahaan. Tidak hanya itu seorang analis sistem juga berperan dalam melakukan penelitian, perencanaan hingga melakukan koordinasi mengenai pengembangan sistem untuk organisasi/perusahaan

Network Security/Administrator jaringan

Profesi ini memiliki tanggung jawab dalam hal keamanan dengan memonitor akses suatu jaringan dan melakukan pencegahan penyalahgunaan resource jaringan yang tidak resmi. Ancaman dalam suatu keamanan jaringan meliputi serangan DoS/DDoS, Cracker, Hacker, Virus dan lain sebagainya.

Software Developer

Profesi ini bisa menjadi pilihan untuk lulusan sistem informasi, seorang software developer memiliki ruang lingkup pekerjaan meliputi  membuat, mendesain, mengembangkan hingga melakukan uji coba program-program perangkat lunak komputer. Kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi software developer meliputi penguasaan berbagai bahasa pemrograman, pemahaman mengenai algoritma, struktur data maupun kompleksitas, hingga mengikuti perkembangan software development tool.

Web Developer

Seorang web developer membuat aplikasi berbasis web dengan memakai bahasa pemrograman. Berbagai sumber daya yang dibutuhkan dalam pembuatan suatu wesite (database, domain, user interface, dll) dihubungkan oleh seorang web developer.

Manajer Sistem Informasi

Tugasnya antara lain bertanggung jawab dalam melakukan pengawasan instalasi, menyediakan insfrastruktur teknologi informasi dan komunikasi untuk perusahaan, mengatur kerja dari analis sistem, programmer, support specialist, serta bagian lainnya yang berhubungan dengan jaringan komputer.

Demikian prospek kerja jurusan sistem informasi, semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *