Informasi

Published on November 10th, 2018 | by Saiful Riza

0

Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia

Pada kesempatan kali ini seputarkuliah.com akan mengulas mengenai prospek kerja jurusan teknik kimia. Sebelum itu perlu diketahui terlebuh dahulu mengenai kompetensi lulusannya. lulusan teknik kimia memiliki beberapa kompetensi antara lain: mampu mengaplikasikan teori dan praktik teknik kimia untuk kegiatan perancangan maupun analisa permasalahan dalam industry/perusahaan; mampu melakukan dan mengembangkan penelitian/riset yang berkaitan dengan bidang teknik kimia; mampu menerapkan berbagai prinsip-prinsip dasar dan praktis dari teknik kimia pada industri proses ataupun dalam bidang pekerjaan lainnya. Berdasarkan beberapa kompetensi terebut prospek kerja jurusan teknik kimia antara lain:

Industri Migas

Kompetensi yang dimiliki lulusan teknik kimia dalam hal bidang termodinamika, mekanika fluida, serta desain proses dengan menerapkan dasar-dasar teknik kimia dibutuhkan dalam industrimigas. Pada industrimigas beberapa posisi yang bisa dimasuki oleh lulusan teknik kimia antara lain reservoir engineer, production planner, drilling engineer ataupun field engineer. Beberapa perusahaan migas di Indonesia yang menjadi tempat pekerjaan idaman antara lain PT. Pertamina, Medco E&P Indonesia, Chevron Indonesia, ExxonMobil Oil Indonesia, Total E&P Indonesia.

Industri Pertokimia

Lulusan teknik kimia juga bisa bekerja di industri petrokimia. Beberapa kompetensi yang dikuasai oleh alumni teknik kimia yang dibutuhkan dalam industri ini antara lain analisis, reaktor sintesis, analisis kolom absorber, pengolahan limbah, dll. Perusahaan seperti PT. Petrokimia Gresik, Pupuk Kaltim, PT Pusri bisa menjadi pilihan untuk tempat berkarier untuk alumni teknik kimia.

Lembaga Penelitian

Tidak hanya dari lulusan kimia murni, lulusan teknik kimia juga berpeluang untuk bekerja sebagai peneliti di lembaga penelitian. Pusat penelitian Kimia yang merupakan sebuah satuan kerja yang berada dibawah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

EPCC (Engineering, Procurement, Construction, and Commisioning)

Bidang pekerjaan ini berhubungan dengan aktivitas perancangan dan desain pabrik. Lulusan teknik kimia berkontribusi pada aktivitas pekerjaan diantaranya; pengukuran peralatan proses pabrik, perancangan proses kimia dan lain sebagainya. Beberapa perusahaan seperti JGC Indonesia, Aker Solution, AMEC Berca, Inti Karya Persada Teknik bisa dijadikan tempat berkarier untuk lulusan teknik kimia.

Akademisi/Pengajar

Profesi dosen juga merupakan salah satu profesi yang menjanjikan untuk lulusan teknik kimia. Selain aktif dalam mengajar, seorang dosen juga wajib melakukan penelitian/riset sesuai dengan bidang yang menjadi fokusnya.

Industri Pangan

Dalam industri pangan, kontribusi dari lulusan teknik kimia adalah dalam hal proses produksi, pemilihan bahan , rekayasa proses, hingga aktivitas pengelolaan limbah produksi. Perusahaan seperti Indofood, danone, Netsle dan lain sebagainya bisa menjadi pilihan untuk berkarier.

Demikian beberapa prospek kerja jurusan teknik kimia, semoga bermanfaat!

Tags:


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!