Informasi

Published on November 8th, 2018 | by Saiful Riza

0

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan

Setelah membahas mengenai jurusan ilmu perpustakaan, kali ini seputarkuliah.com akan mengulas mengenai prospek kerjanya. Sebelumnya perlu diketahui tentang kompetensi para lulusan ilmu perpustakaan. Beberapa kompetensi lulsannya antara lain mampu menguasai teori, konsep dan penerapan dalam bidang pengelolaan berbagai sumber indormasi seperti bahan pustaka, dokumen, arsip dan lain sebagainya; memiliki kemampuan untuk mengelola berbagai jenis lembaga informasi antara lain perpustakaan, pusat dokumentasi, lembaga arsip, pusat informasi hingga museum; selain itu lulusan ilmu perpustakkan juga terampil dalam menggunakan berbagai teknologi dan sistem informasi untuk menunjang pengelolaan lembaga informasi secara profesional. Berdasarkan beberapa kompetensi tersebut prospek kerja jurusan ilmu perpustakaan antara lain:

Administrasi Kearsipan

Merupakan bidang pekerjaan yang memiliki tugas untuk melaksanakan aktivitas pengelolaan arsip baik itu arsip dinamis ataupun statis suatu perusahaan dengan menggunakan sistem tertentu, sehingga arsip-arsip tersebut mudah ditemukan kembali ketika diperlukan. Selain itu administrasi kearsipan juga berfungsi untuk memperlancar aktivitas surat menyurat keluar dan masuk. Dengan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan ilmu perpustakkan, peluang berkarier di bagian administrasi kearsipan suatu perusahaan bisa kalian manfaatkan.

Perpustakaan

Sekarang ini, hampir setiap instansi terdapat perpustakaan, baik itu instansi pendidikan mulai dari sekolah hingga perguruan tinggi. Selain itu juga terdapat perpustakaan yang dikelola oleh pemerintah, baik itu di tingkat kabupaten/kota, daerah, hingga nasional, dan berbagai perpustakaan yang dikelola oleh pihak swasta. Lulusan ilmu perpustakaan bisa bekerja sebagai staff perpustakaan ataupun divisi lain dalam struktur organisasi perpustakaan.

Tenaga Pengajar/Akademisi

Lulusan ilmu perpustakaan juga berpeluang untuk menjadi tenaga pengajar/dosen, baik itu mengajar di universitas negeri maupun swasta. Seorang dosen, selain aktif dalam kegiatan mengajar, juga wajib melakukan penelitian atau riset mengenai bidang yang ditekuninya.

Instansi Pemerintah

Berbagai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia bisa menjadi tempat berkarier untuk lulusan ilmu perpustakaan. Dinas Kearsipan dan Perpustakkan memiliki fungsi antara lain: melakukan kegiatan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang perpustakaan dan kearsipan, hingga melakukan evaluasi dan pelaporan pada bidang kearsipan dan perpustakaan.

Demikian beberapa prospek kerja jurusan ilmu perpustakaan, semoga bermanfaat!

Tags:


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!