Informasi

Published on November 14th, 2018 | by Saiful Riza

0

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Setelah mengulas mengenai jurusan manajemen, kali ini seputarkuliah.com akan membahas mengenai prospek kerjanya. Sebelumnya perlu diketahui terebih dahulu mengenai kompetensi lulusan manajemen. Kompetensi yang dimiliki lulusan ini antara lain mamu memahami mengenai kegiatan atau aktivitas manajemen perusahaan baik itu yang memproduksi barang ataupun bergerak di bidang jasa hingga perusahaan nirlaba. Memiliki keterampilan manajerial dalam berbagai bidang manajemen (keuangan, marketing, operasional, sumber daya manusia, dll.) memiliki keahlian dalam bidang akuntansi dasar dan statistika, mampu menyusun dan mengembangkan solusi atas permasalahan yang berhubungan dengan fungsi manajemen dalam suatu perusahaan/bisnis. Mampu melaksanakan penelitian/riset dalam bidang manajemen dan bisnis. Lulusan manajemen memiliki prospek kerja yang sangat luas dan mencakup di berbagai bidang, karena setiap perusahaan/bisnis membutuhkan pengelolaan yang baik agar tetap eksis. Berdasarkan kompetensi yang dimiliki, prospek kerja jurusan manajemen antara lain:

Marketer

Dengan kompetensi manajemen pemasaran yang dimiliki, profesi ini bisa menjadi pilihan untuk lulusan manajemen. Bagian marketing merupakan ujung tombak sebuah perusahaan, dimana bagian ini bertanggung jawab dalam kinerja pemasaran produk suatu perusahaan. Sebagai bagian yang berinteraksi dengan konsumen, fokus bagian marketing adalah melakukan kegiatan mulai dari perencanaan, perumusan, eksekusi, hingga mengevaluasi strategi pemasaran produk, termasuk dalam hal periklanan, menentukan target pasar, menetapkan saluran distribusi produk, dan lain sebagainya.

Staf Keuangan

Setiap perusahaan membutuhkan pengelolaan keuangan yang baik untuk menunjang aktivitas perusahaan tersebut. Disinilah peran dari bagian keuangan suatu perusahaan, memastikan bahwa berbagai sumber pendapatan perusahaan bisa dimaksimalkan, dikelola dan dialokasikan ke berbagai bagian dalam perusahaan dengan tepat, termasuk berbagai investasi perusahaan.

Staf HRD

Dengan kompetensi manajerial di bidang sumber daya manusia, bekerja di bagian HRD bisa menjadi pilihan unyuk alumni manajemen. Tugas dari bagian HRD perusahaan berhubungan dengan pengelolaan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan, mulai dari pengadaan karyawan (analisis jabatan, rekrutmen, seleksi, orientasi, penempatan), memelihara kondisi kerja yang kondusif, pengelolaan hubungan antar karyawan, training and development, penentuan insentif dan sistem penggajian, serta evaluasi kinerja karyawan.

Staf Operasional

Bagian ini bertanggung jawab dalam aktivitas pengawasan, perancangan dan optimalisasi proses operasional suatu perusahaan, baik itu dalam perusahaan yang memproduksi barang ataupun perusahaan jasa.

Konsultasn Bisnis

Seorang konsultasn bisnis memiliki peran untuk memberikan support, saran, rekomendasi maupun informasi dalam rangka membantu kilen untuk megatasi berbagai permasalahan bisnis.

Pegawai Negeri Sipil

Berbagai Kementerian maupun instasnsi pemerintah yang banyak membuka lowongan untuk lulusan manajemen antara lain Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Koperasi dan Usaha kecil, dan lain sebagainya. Selain itu berbagai instansi di tingkat daerah juga banyak yang membuka formasi untuk alumni manajemen.

Berkarier di Lembaga Keuangan

Lembaga keuangan baik itu bank ataupun bukan bank (pegadaian, asuransi, dana pensiun, dll) bisa menjadi pilihan berkarier untuk lulusan manajemen. Dengan berbagai kompetensi yang dimiliki, lulusan manajemen bisa bekerja pada divisi keuangan, operasional, marketing ataupun HRD.

Akademisi/Pengajar

Menjadi dosen yang mengajar di fakultas ekonomi, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta juga merupakan peluang karir yang menjanjikan. Selain aktif mengajar, seorang dosen juga wajib untuk  melakukan berbagai penelitian dan riset tentang bidang yang menjadi fokusnya.

Entrepreneur

Dengan bekal kompetensi manajerial tentang pengelolaan suatu perusahaan atau bisnis, menjadi entrepreneur bisa menjadi pilihan untuk lulusan manajemen. Dalam membangun bisnis yang kuat selain kemampuan manajerial yang baik, pandai membaca peluang, juga perlu adanya kolaborasi antar berbagai pihak. Berbagai ide bisnis bisa diolah dan dipoles sedemikian rupa dalam rangka menciptakan produk yang memiliki nilai jual di masyarakat. Selain itu menjadi entrepreneur juga berarti memberdayakan orang lain untuk terlibat dalam kegiatan bisnis, dengan kata lain menciptakan lapangan kerja.

Demikian beberapa prospek kerja jurusan manajemen, semoga bermanfaat!

Tags:


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!