Artikel

Published on October 16th, 2018 | by Saiful Riza

0

Prospek Kerja Jurusan Sosiologi

Lulusan sosiologi dituntut untuk memiliki kompetensi untuk mampu berpikir kritis mengenai gejala-gejala sosial dan perilaku suatu masyarakat. Ruang lingkup pekerjaan untuk lulusan sosiologi tidak hanya terbatas pada profesi peneliti sosial maupun pengajar. Seputarkuliah.com kali ini akan mengulas mengenai prospek kerja jurusan sosiologi

Peneliti sosial

Lulusan sosiologi memang akrab dengan penelitian tentang masyarakat, tugas seorang peneliti sosial adalah mengumpulkan data dan informasi dari masyarakat kemudian mengolah dan menganalisis dan menghasilkan suatu laporan yang berguna atau dibutuhkan oleh klien. Klien bisa berasal dari suatu organisasi atau perusahaan atau individu professional.

Pegawai Negeri Sipil

Kementerian dan instansi pemerintah yang sering membuka formasi untuk lulusan sosiologi diantaranya ada Kementerian Sosial, Badan Intelijen Negara, Badan Ekonomi Kreatif, Dinas Pendidikan, serta di berbagai instansi tingkat daerah.

Dosen

Menjadi dosen bisa dijadikan pilihan untuk lulusan sosiologi, persyaratan untuk menjadi dosen salah satunya adalah minimal pendidikan S2.

Staff HRD

Lulusan sosiologi bisa bekerja sebagai staff HRD suatu peusahaan baik itu perusahaan BUMN ataupun swasta. Tugasnya berhubungan dengan perancangan program-program dalam rangka peningkatan kualitas sumberdaya manusia di perusahaan tersebut berdasarkan hasil pengamatan dan observasi paada aspek sosial budaya karyawan.

Lembaga Swadaya Masyarakat

Kompetensi yang dimiliki lulusan sosiologi bisa diaplikasikan pada LSM dengan fokus kegiatan pada bidang pemberayaan masyarakat, pemberdayaan perempuan, Pendidikan hingga hak asasi manusia.

CSR di Perusahaan

CSR pada perusahaan untuk masyarakat dalam hal peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar, pembangunan fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, maupun bentuk kegiatan seperti halnya pemberian beasiswa. Lulusan sosiologi bisa bergabung dalam tim CSR perusahaan untuk merumuskan dan mengembangkan program yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

Demikian prospek kerja jurusan sosiologi, semoga bermanaat!


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!