Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Ilmu psikologi memiliki banyak konsentrasi bidang penjurusan sehingga bidang pekerjaan lulusan psikologi tidak hanya terbatas pada psikolog dan di ruang lingkup bagian Human Resource Departement saja. Kali ini seputarkuliah.com akan mengulas mengenai prospek kerja jurusan psikologi

Psikoterapis

Merupakan profesi yang berkaitan dengan upaya penyembuhan masalah seseorang yang berhubungan dengan psikologis baik itu pikirannya, perasaan maupun perilaku. Pasien tidak terbatas pada orang yang bermasalah dalam psikologisnya namun juga untuk membantu orang normal yang ingin meningkatan kemampuan pikirannya.

Psikolog

Merupakan ahli dalam bidang praktik psikologi yakni bertugas mengevaluasi dan menganalisa tingkah laku dan proses mental manusia. Dalam ilmu psikologi terdapat banyak cabang ilmu yang bisa ditekuni maka dari itu, jenis profesi psikolog juga beragam (psikolog klinis, psikolog forensic, psikolog Pendidikan, psikolog industri, dsb)

Konsultan karir

Seperti namanya profesi ini memberikan jasa konsultasi mengenai pilihan karir untuk para pencari kerja. Baik itu fresh gradute atau dari para professional. Dengan adanya bantuan dari seorang konsultan karir, diharapkan klien bisa merencanakan dan memilih karir yang tepat.

Dosen dan tenaga pengajar

Menjadi dosen bisa menjadi alternatif pilihan untuk lulusan psikologi. Perlu diingat untuk menjadi dosen syarat minimal Pendidikan nya adalah S2.

Baca Juga:

Selain dosen, alumni jurusan psikologi juga bisa menjadi guru bimbingan konseling di SMP atau SMA.

Recruiter

Bagian dari Human Resource Departement (HRD)  di perusahaan yang bertugas untuk melakukan pencarian kandidat melalui lowongan kerja, menyeleksi dan melaksanakan interview untuk mendapatkan pelamar terbaik. Serta pekerjaan lain yang berhubungan dengan sumber daya manusia di perusahaan tersebut.

Trainer

Pekerjaan triner di Lembaga training bisa menjadi pilihan untuk lulusan psikologi, terutama untuk mereka yang menyukai kegiatan pelatihan yang berkaitan dengan motivasi dan pengembangan diri.

Terapis anak berkebutuhan khusus

Tugasnya meliputi melakukan pengamatan termasuk dalam hal meningkatkan kemandirian terhadap perkembangan anak berkebutuhan khusus. Biasanya profesi ini bekerjasama dengan lembaga tertentu atau di sekolah untuk anak berkebutuhan khusus.

Pegawai Negeri Sipil

Beberapa kementerian dan lembaga pemerintahan yang sering membuka formasi untuk lulusan psikologi antara lain Badan Kepegawaian Negara, Badan Intelijen Negara, Badan Ekonomi Kreatif, Badan Narkotika Nasional, dll. Untuk jenis jabatannya antara lain analis kepegawaian, analis kinerja, analis pengembangan kompetensi, psikologi klinis, dsb.

Demikian prospek kerja jurusan psikologi, semoga bermanfaat!

Comments