Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Lulusan ilmu komunikasi memiliki kompetensi antara lain menguasai teknil-teknik berkomunikasi di bidang jurnalistik, humas, periklanan, juga mempunyai kompetensi dalam hal analisis perilaku konsumen, kemampuan mengorganisir event, serta kemampuan untuk melakukan negosiasi. Berangkat dari berbagai kompetensi tersebut, berbagai bidang pekerjaan terbuka lebar untuk lulusan ilmu komunikasi. Sebagian besar alumni ilmu komunikasi banyak bekerja pada industri media dan pertelevisian, namun tidak hanya sebatas itu, kali ini seputarkuliah.com akan mengulas mengenai prospek kerja jurusan ilmu komunikasi.

Jurnalis , reporter atau wartawan

Lulusan ilmu komunikasi bisa memilih karier sebagai jurnalis atau wartawan, terutama untuk mereka yang mengambil konsentrasi jurnalistik saat kuliah. Seperti yang kita tahu seorang jurnalis, wartawan atau reporter tugas utamanya adalah membuat suatu berita dengan menulis, mengambil gambar ataupun video untuk dijadikan laporan dan dipublikasikan di media massa.

News Anchor

Pembaca berita, presenter, news anchor bisa menjadi profesi pilihan untuk lulusan ilmu komunikasi. Bertugas membawakan dan menyampaikan berita di media massa, profesi ini cocok untuk para alumni ilmu komunikasi.

Penulis

Perkembangan media informasi yang pesat membuat pekerjaan penulis menjadi prospek kerja yang menjanjikan. Mulai dari seorang content writer, copywriter, hingga penulis novel ataupun penulis naskah (scriptwriter) untuk karya audio visual seperti film, animasi, FTV ataupun untuk keperluan naskah siaran berita.

Producer Program TV

Dalam jurusan ilmu komunikasi tentu kamu belajar mengenai broadcasting, kompetensi tersebut bisa kamu aplikasikan pada profesi yang satu ini. Seorang produser bertanggung jawab untuk melakukan koordinasi dan control pada semua aspek produksi, mulai dari pembuatan dan pengembangan ide, konsep, hingga pengecekan pra produksi dan evaluasi. Karena tanggungjawabnya besar, gaji untuk produser juga relatif tinggi.

Sales

Profesi ini membutuhkan kemampuan komunikasi interpersonal yang baik, semakin baik kompetensi tersebut akan sangat menunjang kesuksesan seorang salesperson. Pekerjaan ini berhubugan dengan produk dan konsumen dengan tujuan memasarkan dan membuat konsumen loyal  pada produk perusahaan.

Baca Juga:

Layanan Konsumen Perusahaan

Tugasnya adalah menerima complain dari pelanggan mengenai layanan atau produk dari perusahaan yang bersangkutan. Profesi ini menuntut kesabaran yang ekstra dan senantiasa berpikir positif dalam menghadap permasalahan, serta cermat mengambil solusi atas perrmasalahan yang dihadapi.

Event Organizer

Profesi ini bekerja pada suatu perusahaan yang fokus kegiatannya menyelenggarakan berbagai jenis event mulai dari pernikahan, pesta ulang tahun, gathering, dsb. Dalam profesi ini dituntut untuk bisa mengkoodrinasikan banyak orang pada perannya masing-masing.

Humas di Perusahaan/organisasi

Bagian hubungan masyarakat memegang peranan penting dalam perusahaan. Menjaga citra suatu perusahaan di mata masyarakat agar tetap baik dan positif merupakan salah satu tujuan dari dibentuknya humas (public relation). Seiring dengan perkembangan media informasi, media sosial kerap digunakan untuk menampilkan citra perusahaan. Maka dari itu, bagian humas juga mengurusi bagian tersebut.

Fotografer dan cameraman

Kompetensi untuk profesi fotografer dan cameraman khususnya pada ruang lingkup media massa juga dimiliki oleh lulusan ilmu komunikasi. Berkarier sebagai fotografer maupun cameraman di stasiun tv dan media massa bisa menjadi pilihan.

Penyiar Radio

Tidak sembarang orang bisa melakukan profesi ini dibutuhkan skill komunikasi khusus untuk bisa menjadi seorang penyiar radio yang handal.

Demikian beberapa prospek kerja jurusan ilmu komunikasi, semoga bermanfaat!

Comments