Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesia

Kali ini seputarkuliah.com akan mengulas mengenai prospek kerja jurusan sastra Indonesia. Sebelum itu perlu diketahui terlebih dahulu mengenai kompetensi lulusannya antara lain menguasai konsep teoretis mengenai kebahasaan dan sastra Indonesia, memahami dasar-dasar pengetahuan dalam rangka berinovasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia, mampu menguasai dasar-dasar metode dalam penelitian bahasa dan sastra Indonesia, mampu mengembangkan solusi atas permasalahan yang berhubungan dengan kebahasaan dan kesastraan Indonesia, serta terampil dalam melakukan analisis permasalahan kebahasaan dan kesastraan Indonesia dengan berbagai teknik analisis. Dari beberapa kompetensi tersebut, prospek kerja jurusan sastra Indonesia antara lain:

Editor

Profesi editor bertugas untuk melakukan pengeditan naskah tulisan atau karangan yang nantinya akan diterbitkan pada majalah, surat kabar, ataupun media online. Secara lebih spesifik lulusan sastra Indonesia bisa bekerja di industri penerbitan pada posisi editor.

Dalam industri penerbitan buku, dikenal ada 3 jenis editor. Editor akuisisi yang tugasnya mencari naskah dan penulis, baik itu naskah local maupun asing. Editor isi yang bertanggung jawab terhadap isi naskah, perencanaan naskah yang akan diterbitkan, melakukan pengamatan mengenai kelebihan dan keunikan naskah, mempersiapkan konsep cover dan layout, menyunting naskah hingga berkomunikasi dengan penulis. Editor bahasa yang bertanggung jawab dalam hal penyuntingan naskah agar sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, memastikan suatu karya nyaman untuk dibaca, dan mengoreksi ejaan tata bahasa, gaya bahasa dan lain sebagainya.

Selain editor dalam penerbitan buku, editor majalahm surat kabar ataupun media online bisa menjadi alternatif pilihan profesi untuk lulusan sastra Indonesia.

Penulis

Profesi penulis, baik itu artikel, copywriter, ataupun novel memiliki peluang yang cukup menjanjikan saat ini. Perkembangan berbagai media online hingga penerbit mandiri (self publishing) semakin menunjang karier seorang penulis.

Instansi Pemerintah

Berkarier di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang merupakan bagian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk lulusan sastra Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa memiliki tugas dalam melaksanakan pengembangan, pembinaan dan perlindungan bahasa dan sastra Indonesia.

Industri Media

Industri media memiliki beberapa pilihan yang bisa dijadikan tempat berkarier, mulai dari stasiun TV, radio, media cetak, hingga online. Untuk lulusan satra Indonesia peluang terbuka lebar pada media cetak  dan online, namun juga tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di stasiun TV ataupun radio.

Masih berhubungan dengan kepenulisan, bekerja di media massa dan online, pekerjaan ini menuntut kepekaan terhadap fenomena di sekitar yang berpeluang untuk bisa dijadikan sebagai berita. Di media cetak, mengharuskan untuk bekerja cepat sesuai dengan tenggat waktu. Sedangkan pada media online, selain dituntut untuk bekerja cepat, juga dituntut untuk paham mengenai mekanisme kerja dari platform online, atau dalam hal ini pola perilaku pembaca. Penulisan yang mampu menarik banyak pembaca dari isu-isu yang sedang popular akan menaikkan traffic dan secara otomati meningkatkan penghasilanmu.

Pengajar

Profesi dosen baik itu yang mengajar di perguruan tinggi negeri maupun swasta bisa menjadi pilihan karier lulusan sastra Indonesia. Untuk lulusan S1, wajib menyelesaikan jenjang Pendidikan S2 terlebih dahulu.

Demikian prospek kerja jurusan sastra Indonesia, semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *