Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

Sebelum membahas mengenai prospek kerja jurusan hubungan internasional, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai kompetensi para lulusannya. Kompetensi yang dimiliki lulusan hubungan internasional antara lain mampu memahami berbagai konsep dasar hubungan internasional, terampil dalam melakukan analisa mengenai persoalan yang berhubungan dengan masalah-masalah internasional, cakap dalam melakukan perundingan dan kesepakatan baik bilateral maupun multilateral, terampil dalam melakukan komunikasi, negosiasi, dan tata kelola suatu kebijakan yang berhubungan dengan permasalahan strategis dan global. Dengan berbagai kompetensi tersebut seputarkuliah.com akan mengulas prospek kerja jurusan hubungan internasional.

Staff Kedutaan Besar

Kedutaan Besar merupakan kantor diplomatik suatu negara yang secara permanen berlokasi di ibukota negara lain atau organisasi Internasional. Staff Kedutaan Besar bertanggung jawab atas pengembangan ekonomi/bisnis, politik, pendidikan, dan budaya antara Negara Indonesia dengan Negara tujuan. Berbagai staff mulai dari staff ekonomi yang bertanggung jawab dalam bidang perekonomian, staff Politik yang bertugas untuk melakukan pengamatan terhadap situasi dan iklim politik negara tujuan, dan lain sebagainya

Duta Besar

Seorang duta besar merupakan pejabat diplomatik tertinggi yang menjadi wakil negara dan menjadi pimpinan suatu Kedutaan Besar. Duta besar bertanggung jawab untuk mencapai tujuan diplomasi yaitu : memberikan perlindungan kepada warga negaranya sendiri yang berada di luar negeri. Merupakan perwujudan/representasi dari bangsa dan negara di luar negeri. Menjaga dan membina hubungan baik antar negara.

Konsultan Internasional

Profesi ini memiliki tugas untuk memberikan bantuan konsultasi kepada perusahaan-perusahaan terkait pada prospek kegiatan perusahaan tersebut di pasar internasional. Aktivitas perusahaan yang membutuhkan bantuan konsultasi terutama yang bersifat spesifik seperti riset pasar, sumber daya manusia, hingga strategi perusahaan untuk go Internasional dan lain sebagainya. Dengan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan hubungan internasional pekerjaan ini merupakan peluang yang menjanjikan.

Pengajar

Profesi dosen bisa menjadi pilihan pekerjaan yang cukup menjanjikan untuk para alumni hubungan internasional, baik itu yang mengajar di universitas negeri maupun swasta. Profesi dosen selain aktif dalam kegiatan mengajar juga harus memberikan kontribusi berupa berbagai riset dan penelitian yang bermanfaat.

Industri Media

Pekerjaan di industri media secara lebih spesifik untuk lulusan hubungan internasional adalah jurnalis/reporter yang bertugas untuk meliput berita di luar negeri. Berinteraksi dengan masyarakat luar negeri dan lingkungan negara lain bisa menjadi pengalaman berharga untuk alumni hubungan internasional

Berkarier di Organisasi Internasional Non-Pemerintah

International Non-Governmental Organization (INGO) merupakan suatu wadah organisasi lintas negara untuk para individu atau kelompok untuk turut berinteraksi dalam dunia internasional dan berpartisipasi dalam proses perubahan dan perkembangan sosial. Contohnya WWF, Greenpeace, Save the Children, World Vision International dan lain-lain.

Demikian prospek kerja jurusan hubungan internasional, semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *