Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

Kali ini seputarkuliah.com akan mengulas mengenai prospek kerja jurusan teknik elektro. Pesatnya perkembangan teknologi, terutama bidang elektronika dan beragam. Program 35.000 MW dalam rangka pemerataan listrik untuk rakyat Indonesia membutuhkan banyak insinyur kelistrikan. Selain itu, berbagai bidang seperti elekrtonika, telekomunikasi, energi, manufaktur dan bidang lain yang berhubungan dengan teknologi dan pemanfaatan listrik merupakan peluang karier yang menjanjikan untuk lulusan teknik elektro.

Peluang Kerja di Perusahaan Telekomunikasi

Perusahaann jasa telekomunikasi di Indonesia seperti halnya, Telkom, Indosat, Smartfren Telecom, XL Axiata dan lain sebagainya bisa menjadi pilihan berkarier untuk lulusan teknik elektro. Dengan berbekal kompetensi keahlian yang berhubungan dengan core bidang telekomunikasi, lulusan teknik elektro berpeluang besar menempati posisi dengan tawaran gaji yang relatif tinggi.

Perusahaan Migas dan Pertambangan

Perusahaan seperti Pertamina, Chevron, Aneka Tambang, Freeport merupakan incaran lulusan teknik elektro. Dalam teknik elektro terdapat salah satu konsentrasi yaitu kontrol dan teknik kendali. kompetensi tersebut sering dibutuhkan dalam industri migas dan pertambangan untuk posisi jabatan control & instrumentasi engineer . Fakta bahwa setiap perusahaan pasti membutuhkan listrik untuk kegiatan operasionalnya, maka dari itu lulusan teknik elektro dibutuhkan untuk mengatur dan mengawasinya.

Teknisi di Bidang Energi Listrik

Umumnya lulusan teknik elektro akan ditempatkan pada posisi teknis transmisi dan gardu induk, maupun posisi instalasi dan distribusi energi listrik. Perusahaan seperti PT PLN, Indonesia Power, dan sebagainya bisa dijadikan pilihan untuk para alumni teknik elektro.

Perusahaan Konstruksi dan Manufaktur

Lulusan teknik elektro dengan kompetensinya bisa masuk pada posisi teknisi, engineer, maupun staff bagian produksi. Di Indonesia perusahaan konstruksi  dan manufaktur antara lain Waskita karya, Adhi Karya, Holcim Indonesia, Krakatau Steel dan lain sebagainya.

Tenaga Pendidik

Menjadi dosen bisa menjadi pilihan untuk lulusan teknik elektro. Selain itu menjadi guru SMK jurusan kelistrikan atau Instalasi listrik bisa dijadikan alternative plihan karier.

Pegawai Negeri Sipil

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sering kali membuka formasi untuk jurusan teknik elektro. Selain itu, alumni teknik elektro juga bisa bekerja di Dirjen ketenagalistrikan.

Demikian prospek kerja jurusan teknik elektro, Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *