Informasi

Published on October 18th, 2018 | by Saiful Riza

0

Prospek Kerja Jurusan Matematika

Seorang lulusan matematika dituntut memiliki kompetensi diantaranya menguasai keterampilan dalam perhitungan matematika yang handal, baik secara manual maupun dengan alat bantu komputer, kemampuan dasar analisis, aljabar, statistika matematika, matematika terapan, penelitian bidang yang berhubungan dengan matematika dan lain sebagainya. Dengan modal tersebut, lapangan kerja untuk lulusan matematika terbuka lebar mulai dari tenaga pengajar, aktuaris, ahli matematika, ahli statistic dan lain sebagainya. Kali ini seputarkuliah.com akan membahas mengenai prospek kerja jurusan matematika.

Ahli Statistik

Profesi ahli statistik membutuhkan kemampuan dasar daya analisis yang baik dan ketepatan berpikir. Seorang ahli statistik bertugas mengembangkan atau mengimplementasikan suatu teori, metode dalam matematika atau statistik untuk dikumpulkan dan diinterpretasi dalam rangka mendapatkan hasil berupa informasi yang dibutuhkan.

Aktuaris

Profesi aktuaris bisa menjadi pilihan untuk lulusan matematika. Seorang aktuaris bertugas mengaplikasikan ilmu keuangan dan teori statistik dalam rangka penyelesaian masalah-masalah dalam ruang lingkup perusahaan atau bisnis. Cakupan bidang seorang aktuaris secara umum berada pada perusahaan asuransi jiwa, konsultasi, dana pensiun, investasi serta bidang lainnya yang menuntut kemampuan analitis.

Programer

Dasar dari ilmu pemrograman merupakan aljabar dan logika, dengan kompetensi tersebut, lulusan matematika memiliki peluang untuk masuk dalam profesi ini.

Tenaga Pengajar

Menjadi dosen bisa menjadi alternatif untuk para alumni matematika, tentu saja kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi dosen salah satunya adalah minimal lulusan S2.

Astronom

Profesi astronom tidak mesti dari jurusan astronomi. Tugas seorang astronom adalah mengolah dan menafsirkan suatu informasi yang dibawa oleh pancaran energi dari objek alam semesta. Dengan kata lain astronom menyelidiki fenomena yang terjadi di langit. Dalam ilmu astronomi dibutuhkan kompetensi dalam hal penguasaan ilmu matematika khususnya trigonometri, logika, aljabar serta kemampuan analisis yang handal.

Pegawai Negeri Sipil

Lembaga yang membuka formasi untuk lulusan matematika diantaranya adalah PPTAK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi keuangan), Kementerian keuangan, dan berbagai instansi di tingkat daerah.

Pegawai Swasta atau BUMN

Secara lebih spesifik profesi yang bisa dilamar oleh lulusan matematika adalah pada posisi human capital analyst di berbgai perusahaan BUMN maupun swasta. Sebut saja perusahaan seperti Pertamina, Garuda Indonesia, PT PLN, Indonesia Power, Freeport dll.

Peneliti/Matematikawan

Penelitian di bidang matematika bisa dikategorikan menjadi dua yaitu matematika murni dan matematika terapan. Selain itu sebagai seorang matematikawan juga bertugas mengembangkan metode perhitungan untuk memecahkan permasalahan di bidang ilmu pengetahuan, mengimplementasikan teori maupun teknik matematika untuk solusi dalam ilmu teknik, bisnis ataupun lainnya.

Demikian prospek kerja jurusan matematika, semoga bermanfaat!

Tags:


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!