Informasi

Published on October 19th, 2018 | by Saiful Riza

0

Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

Setelah menyelesaikan perkuliahan pada jurusan sastra inggris, akan tiba saatnya kalian akan menghadapi dunia kerja. Kompetensi yang kamu kuasai akan menunjang keberhasilanmu dalam mendapatkan pekerjaan. Lulusan sastra inggris memiliki kompetensi antara lain keahlian dalam bidang studi bahasa dan sastra inggris, menguasai metodologi penelitian kesusastraan, mampu  mengidentifikasi permasalahan dalam bidang sastra inggris dan dan mencari solusi atas masalah tersebut, hingga menguasai keterampilan berbahasa inggris dan lain sebagainya. Cakupan pekerjaan untuk lulusan sastra inggris cukup luas, mulai dari sebagai pengajar, penulis, editor, dll. Kali ini seputarkuliah.com akan mengulas mengenai prospek kerja jurusan sastra inggris.

Penulis

Perkembangan media informasi saat ini bisa menjadi ladang pekerjaan untuk lulusan sastra, tak terkecuali untuk sastra inggris. Mulai dari menjadi contributor untuk media massa, copy writer, content writer hingga penulis novel.

Editor

Untuk menjadi editor yang professional memang dibutuhkan proses dan waktu yang tidak singkat, namun tidak ada salahnya untuk tahap awal, lulusan sastra inggris bisa menjadi staff editor. Seorang editor berperan sebagai penyunting naskah yang akan diterbitkan dengan memperhatikan pada aspek ejaan, pilihan kata dan struktur kalimat. Editor pun banyak jenisnya mulai dari editor buku, majalah, artikel web, dll.

Penerjemah

Profesi ini bisa dibedakan menjadi dua yaitu penerjemah biasa dan penerjemah tersumpah. Hal yang membedakan keduanya adalah mengenai legalitas hasil terjemahannya. Dengan kata lain jika menggunakan jasa penerjemah tersumpah, hasil terjemahannya bernilai sama dengan dokumen aslinya (bersifat legal) dan dapat dipertanggugjawabkan di departemen luar negeri. Jenis dokumen yang biasanya dikerjakan oleh jasa penerjemah tersumpah adalah dokumen resmi atau yang memiliki kekuatan hukum (ijazah, akta kelahiran, akta pendirian perusahaan, akta notaris, dsb). Penerjemah tersumpah memiliki sertifikat dari lembaga bahasa internasional atau Himpunan Penerjemah Indonesia. Tarif penerjemah tersumpah tentu saja lebih tinggi daripada penerjemah biasa.

Sedangkan untuk penerjemah biasa, menangani dokumen yang tidak resmi dan tidak memiliki kekuatan hukum, seperti teks novel, jurnal ilmiah, dll.

Dosen/Pengajar

Profesi dosen bisa menjadi pilihan untuk lulusan satra inggris, selain itu bekerja sebagai pengajar di lembaga Pendidikan bahasa inggris juga merupakan peluang yang bisa dimanfaatkan.

Diplomat

Sebagai wakil dari suatu negara yang bertugas untuk melakukan diplomasi atau mewakili negara dalam suatu pertemuan, seorang diplomat dituntut untuk memiliki kemampuan berbahasa yang handal. Dengan kompetensi bahasa inggris yang baik, lulusan sastra inggris bisa mencoba masuk di profesi ini.

LSM Asing

Bekerja di Non Govermental Organization (NGO) di kantor cabang wilayah Indonesia bisa menjadi plihan karier untuk lulusan sastra inggris. Misi sosial yang dilakukan organisasi tersebut terkait dengan Pendidikan, lingkungan, anak-anak, dll. Contoh NGO misalnya WWF, Save The Children, Ecpat, dan lain sebagainya.

Selain itu terdapat juga lembaga bantuan Internasional semisal UNICEF, UNESCO, ILO, dll. Untuk bekerja di lembaga tersebut dituntut memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik, disamping persyaratan lainnya yang harus dipenuhi.

Bekerja di Kedutaan Besar

Kompetensi yang dibutuhkan dalam profesi ini adalah dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan pemerintah negara terkait. Misalnya bekerja pada kedutaan besar Amerika, maka harus menguasai bahasa yang dipakai di negara tersebut dalam hal ini bahasa inggris.

Tour Guide

Dengan semakin banyaknya wisatawan mancanegara yang berwisata di Indonesia, profesi tour guide bisa mejadi pilihan untuk lulusan sastra inggris. Seorang tour guide dituntut mampu untuk berbicara dan berkomunikasi dalam bahasa inggris dengan baik untuk menjelaskan atau memandu wisatawan.

Demikian beberapa prospek kerja jurusan sastra inggris, semoga bermanfaat!

Tags:


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!