Informasi

Published on November 4th, 2018 | by Saiful Riza

0

Prospek Kerja Jurusan Kriminologi

Pada kesempatan kali ini seputakuliah.com akan mengulas mengenai prospek kerja jurusan kriminologi. Sebelumnya perlu diketahui tentang beberapa kompetensi yang dimiliki lulusannya. kompetensi yang dimiliki oleh lulusan kriminologi antara lain memiliki kemampuan untuk memecahkan permasalahan kriminologi di tingkat regional, nasional ataupun internasional melalui metode penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah, memiliki kemampuan akademik yang berdaya saing tinggi dalam mengaplikasikan ilmu tentang kriminologi, mampu menerapkan penggunaan ilmu pengetahuan kriminologi dalam rangka peningkatan kehidupan masyarakat agar terbebas dari ancaman kejahatan dari berbagai upaya pencegahan kejahatan. Berdasarkan kompetensi tersebut, berikut prospek kerja jurusan kriminologi

Bidang Akademik

Lulusan kriminologi bisa berkarier sebagai tenaga pendidik ataupun peneliti. Peluangmu untuk menjadi dosen terbuka lebar. Dosen yang mengajar jurusan kriminologi di Indonesia saat ini masih sedikit, karena belum banyak universitas yang membuka jurusan tersebut. Sebagai dosen, selain aktif dalam mengajar, juga aktif sebagai peneliti, kontribusi dari hasil penelitian bisa dimanfaatkan untuk dunia akademik bidang kriminologi.

Instansi Pemerintah

Lembaga sektor publik yang berhubungan dengan bidang kriminologi antara lain Kementerian Hukum dan HAM, Badan Penanggulangan Terorisme, (BNPT), Badan Narkotika Nasional (BNN), Kementerian Pertananan, serta Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Dengan kompetensi dan background Pendidikan sarjana kriminologi, peluang berkarier di Instansi pemerintah bisa kamu maksimalkan.

Praktisi

Bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ataupun organisasi sosial yang memiliki afiliasi dengan lembaga tertentu yang fokus aktivitasnya pada persoalan masyarakat bisa menjadi pilihan untuk alumni kriminologi. Organisasi-organisasi tersebut diantaranya ada Indonesian Corruption Watch, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), serta Crime for Detention Studies.

Jurnalis

Sebagai seorang jurnalis, lulusan kriminologi bisa bekerja di berbagai media yang membahas mengenai kriminalitas seperti Harian Pos Kota, Majalah Forum Keadilan, ataupun Majalah Teropong Senayan, serta media-media lain yang terdapat rubrik mengenai berita kriminalitas.

Demikian prospek kerja jurusan kriminologi, semoga bermanfaat!


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!