Informasi

Published on November 7th, 2018 | by Saiful Riza

0

Prospek Kerja Jurusan Teknik Geodesi

Kali ini seputarkuliah.com akan mengulas mengenai prospek kerja jurusan teknik geodesi. Sebelumnya akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai kompetensi lulusannya. Kompetensi yang dimiliki lulusan teknik geodesi antara lain: memahami fungsi dan terampil dalam mengoperasikan peralatan pengukuran geodesi, memiliki kemampuan untuk melakukan perencanaan dan pelaksanaan pemetaan maupun menggambar  topografi secara digital; terampil dalam melakukan pengamatan dan memproses data hasil survei GPS; terampil dalam melaksanakan aktivitas perancangan SIG dan basis data, mampu melaksanakan analisis spasial dalam SIG, terampil dalam melaksanakan aktivitas mengolah dan menginerpretasi data citra satelit; hingga mampu memahami fungsi, prinsip dan prosedur pemetaan fotogrametri. Berdasarkan beberapa kompetensi tersebut, prospek kerja jurusan teknik geodesi antara lain:

Lembaga Penelitian

Berbagai lembaga penelitian, baik itu milik pemerintah ataupun swasta bisa menjadi tempat berkarier yang menjanjikan untuk lulusan teknik geodesi. Lembaga penelitian seperti LIPI, BPPT ataupun LAPAN membuka kesempatan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan dunia penelitian, tak terkecuali pada bidang geodesi.

Instansi Pemerintah

Dengan kompetensi yang dimliki oleh lulusan ini, berbagai instansi pemerintah ataupun kementerian yang membuka kesempatan untuk para alumni teknik geodesi antara lain Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional (BKSPN), Bappenas, Bappeda, Badan Pertahanan Nasional, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, dan lain sebagainya.

Pendidik/Akedemisi

Menjadi dosen yang mengajar di jurusan teknik geodesi juga merupakan peluang karir yang menjanjikan. Selain aktif mengajar, seorang dosen juga wajib untuk  melakukan berbagai penelitian dan riset.

Perusahaan Konstruksi

Ahli pemetaan merupakan salah satu kebutuhan dalam bidang konstruksi, baik itu dalam pembangunan hotel, perumahan, jalan, gedung, maupun bangunan lainnya. Dengan kompetensi yang dimiliki, lulusan teknik geodesi bisa masuk menjadi bagian dalam perusahaan konstruksi.

Industri pertambangan, Energi dan Migas

Berbagai perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, energi ataupun migas tentunya membutuhkan para ahli dalam bidang pemetaan pada daerah-daerah di sekitar lokasi kegiatan perusahaan. Berbagai perusahaan seperti PT.Freeport, PT. Aneka Tambang, PT. Timah, Chevron Indonesia, PT. Pertamina, PT. Indonesia Power dan lain sebagainya merupakan beberapa perusahaan idaman bagi para lulusan teknik geodesi.

Demikian beberapa prospek kerja jurusan teknik geodesi, semoga bermanfaat!

Tags:


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!