Prospek Kerja Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan

Sebelum mengulas mengenai prospek kerja jurusan ilmu ekonomi dan studi pembangunan, terlebih dahulu perlu diketahui mengenai kompetensi lulusannya. lulusan ilmu ekonomi dan studi pembangunan memiliki kompetensi antara lain mampu memahami berbagai teori ekonomi yang merupakan bagian dari ilmu sosial pada umumnya, cakap dalam menggunakan berbagai metode analisis ekonomi baik secara kuantitatif maupun kualitatif, terampil dalam melakukan analisis mengenai fenomena ekonomi yang terjadi saat ini, mampu melakukan komunikasi interpersonal dengan baik, serta memiliki integritas, jiwa kewirausahaan dan leadership. Berdasarkan kompetensi tersebut, seputarkuliah.com akan mengulas mengenai prospek kerja jurusan ilmu ekonomi dan studi pembangunan.

Analis Bisnis

Seorang analis bisnis mempunyai tugas untuk melakukan analisis dan identifikasi mengenai berbagai kebutuhan dan permasalahan krusial lainnya untuk para klien ataupun stakeholder perusahaan. Seorang analis bisnis memberikan usulan atau rekomendasi berupa solusi-solusi praktis berdasarkan temuan mereka. Hal ini dimaksudkan dalam rangka untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang tepat.

Analis bisnis mempelajari berbagai aspek dalam perusahaan mulai dari perencanaan strategis perusahaan, kebutuhan bisnis, alur kerja, peningkatan melalui sistem teknologi informasi, hingga struktur manajemen.

Bagian Research and Development

Salah satu kompetensi lulusan ilmu ekonomi dan studi pembangunan adalah mampu melakukan riset yang berhubungan dengan ekonomi dan bisnis. Berkarier di bagian divisi research and development suatu perusahaan, tentunya akan melakukan berbagai penelitian mulai dari riset mengenai pasar, produk, keuangan  dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain bagian dari perusahaan, juga terdapat lembaga research and development independen.

Baca Juga:

Tenaga Pengajar

Menjadi seorang dosen juga bisa menjadi profesi yang menjanjikan untuk alumni ilmu ekonomi dan studi pembangunan. Kesempatan terbuka, baik itu mengajar di universitas negeri maupun swasta. Selain mengajar, seorang dosen juga memiliki kewajiban untuk aktif untuk melakukan berbagai penelitian sebagai kontribusi terhadap dunia akademik maupun masyarakat

Pegawai Instansi Pemerintahan

Instansi pemerintah yang sering membuka lowongan pekerjaan untuk lulusan ekonomi antara lain Kementerian Keuangan, BPK, OJK, Bappenas, Bappeda, Bank Indonesia, serta di berbagai lembaga lain ditingkat daerah.

Pengusaha

Salah satu kompetensi lulusan ilmu ekonomi dan studi pembangunan adalah mampu melakukan analisis ekonomi dan kebutuhan pasar. Berbekal kompetensi tersebut, menjadi pengusaha bisa menjadi pilihan pekerjaan yang mulia. Membangun suatu bisnis juga berarti memberdayakan orang lain, dalam hal ini memperluas lapangan kerja. Kamu bisa menciptakan suatu produk, baik itu barang ataupun jasa berdasarkan apa yang dibutuhkan oleh masyarakaat, menjadi seorang pengusaha dituntut untuk jeli melihat peluang, kreatif, serta cakap dalam mengeksekusi suatu ide.

Demikian prospek kerja jurusan ilmu ekonomi dan studi pembangunan, semoga bermanfaat!

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.