Informasi

Published on November 2nd, 2018 | by Saiful Riza

0

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Bisnis

Kali ini seputarkuliah.com akan mengulas mengenai prospek kerja jurusan administrasi bisnis, sebelum itu perlu diketahui terlebih dahulu mengenai kompetensi lulusannya. kompetensi yang dimiliki oleh lulusan administrasi bisnis antara lain mampu merumuskan, menganalisis dan merancang solusi atas permasalahan dalam dunia bisnis, mempunyai keterampilan dalam melaksanakan aktifitas fungsi bisnis dengan memanfaatkan sumberdaya bisnis secara efektif dan efisien, menguasai berbagai konsep dan teknik yang berhubungan dengan fungsi bisnis (strategi dan kebijakan bisnis, marketing operasional, keuangan dan akuntansi, SDM, organisasi hingga sistem informasi), serta peka dalam menangkap berbagai peluang bisnis dengan mengimplementasikan prinsip-prinsip kewirausahaan. Berdasarkan beberapa kompetensi tersebut prospek kerja jurusan administrasi bisnis antara lain:

Konsultan Bisnis

Dengan kompetensi yang dimiliki, profesi ini bisa menjadi pilihan untuk lulusan administrasi bisnis. Seorang konsultan bisnis bertugas untuk memberikan rekomendasi atau nasihat mengenai berbagai aspek dalam kegiatan bisnis, mulai dari (riset pasar, konsumen, produk, tenaga kerja dan lain sebagainya). Konsultasn bisnis dibedakan menjadi dua, yaitu internal yang merupakan bagian atau unit khusus dalam perusahaan dan eksternal (konsultan bisnis independen).

Tenaga Pengajar

Profesi dosen, baik yang mengajar di perguruan tinggi negeri ataupun swasta bisa menjadi pilihan profesi yang cukup menjanjikan untuk alumni administrasi bisnis. Selain aktifitas utama mengajar, seorang dosen juga dituntut untuk memberikan kontribusi dalam dunia akademik maupun masyarakat dalam bentuk riset/penelitian dan mempublikasikan hasil temuannya. Untuk lulusan S1 wajib menyelesaikan jenjang Pendidikan S2 sebagai salah satu syarat menjadi dosen.

Staf Administrasi

Jenis staf administrasi dalam perusahaan memiliki berbagai macam jenis, mulai dari staf administrasi umum, keuangan, Gudang, inventory, dll). Deskripsi pekerjaan seorang staf administrasi antara lain melakukan koordinasi dengan staf divisi lain ketika akan melakukan rapat gabungan, menyusun dan mengumpulkan dokumen, memastikan berbagai persediaan peralatan kantor, serta menangani aktivitas surat-menyurat.

Staff Marketing

Bagian Marketing merupakan ujung tombak dari perusahaan. Semakin berkembangnya dunia bisnis dan perkembangan teknologi informasi yang cepat, maka, persaingan pasar juga semakin ketat. Divisi marketing dituntut untuk berfikr kreatif dalam melaksanakan strategi pemasaran yang mampu memaksimalkan profit untuk perusahaan. Lulusan administrasi bisnis sebagai staf marketing bertugas membantu manajer pemasaran terkait dengan fungsi administrasi dalam kegiatan/bagian pemasaran suatu produk.

Entrepreneur

Dengan bekal ilmu manajemen, komunikasi, sumber daya manusia, keuangan hingga akuntansi yang dimiliki oleh lulusan administrasi bisnis, menjadi seorang entrepreneur adalah salah satu pekerjaan yang mulia. Kamu bisa menciptakan produk, baik itu barang maupun jasa berdasarkan pada analisis mengenai apa yang dibutuhkan masyarakat, ataupun bidang lainnya yang sesuai passionmu. Seorang entrepreneur dituntut untuk kreatif, berpikir out of the box, konsisten, dan pandai memanfaatkan peluang.

Demikian prospek kerja jurusan administrasi bisnis, semoga bermanfaat!

Tags:


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!