Pentingnya Pendidikan untuk Masa Depan

Pendidikan adalah salah satu hal penting dalam kemajuan suatu bangsa. Proses transfer ilmu secara formal dapat diperoleh dari sekolah. Sedangkan pendidikan informal bisa didapatkan melalui pengalaman sehari-hari. Proses ini terjadi sepanjang hidup.

Tujuan Pendidikan

Secara umum, tujuan pendidikan adalah untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi para peserta didik. Dengan begitu, diharapkan setiap anak memiliki ilmu, kepribadian baik, kreatifitas, sehat jasmani rohani dan bertanggung jawab.

Pendidikan merupakan jalan perbaikan dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Tujuan nasional pendidikan diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Pasal 3, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dalam UU tersebut, dapat dijabarkan lima tujuan pendidikan, yakni membentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan, memiliki akhlak mulia, cakap dalam melakukan sesuatu, menjadi kreatif dan mandiri.

Pentingnya Pendidikan

Dengan bekal pendidikan yang baik, masyarakat akan berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan dan masa depan lebih cerah. Ditambah dengan pesatnya kemajuan zaman dan teknologi, pendidikan harus dijadikan prioritas. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah alasan pentingnya sebuah pendidikan:

1. Mengetahui Hal yang Benar dan Salah

Pendidikan adalah perubahan dari hal sebelumnya tidak tahu menjadi tahu. Selain itu, manusia akan semakin mengerti mana hal benar dan salah. Secara sadar, Anda akan menerima konsekuensi atas semua tindakan yang dilakukan.

Perilaku yang dilakukan manusia harus didasarkan pada rasa tanggung jawab. Dengan pendidikan, Anda akan pandai memilih jalan hidup. Misalkan, tidak melakukan tindakan kriminal untuk bertahan hidup dan memilih membuat usaha sendiri.

2. Berguna Bagi Masyarakat

Masyarakat yang berpendidikan akan memiliki kesempatan dalam berkontribusi di lingkungan. Anda bisa menjadi pembawa perubahan dan perkembangan menuju lebih baik. Berikan ide-ide segar demi kemajuan bersama.

Baca Juga:

3. Berguna Bagi Bangsa dan Negara

Dalam ranah Negara, warga yang berpendidikan dapat mengangkat beberapa sektor lainnya menjadi lebih baik. Misalkan dalam bidang ekonomi, negara maju lainnya memiliki perekonomian bagus dikarenakan pendidikan warganya juga baik.

Hal lain juga terjadi di bidang pendidikan itu sendiri. Dengan pencapaian yang ditorehkan, seseorang bisa membawa nama baik bangsa di kancah dunia. Maka dari itu, Negara akan semakin disegani dan dikenal karena sebuah prestasi.

4. Membangun Karakter yang Baik

Dengan pendidikan, masyarakat akan belajar tentang sopan santun dan hal-hal baik lainnya. Ini merupakan sesuatu yang penting untuk membentuk karakter anak bangsa. Individu akan mampu merencanakan masa depan dan mengambil keputusan secara tepat.

Bangsa yang memiliki karakter baik juga akan memiliki pandangan baik pula dari Negara lain. Masyarakat dengan pendidikan baik bisa menghadapi masalah dengan bijak. Selain itu, pendidikan juga akan membuat individu lebih manusiawi dan memiliki toleransi tinggi.

5. Mengembangkan Rasa Percaya Diri

Manusia yang berpendidikan akan lebih berani dan percaya diri dalam menghadapi tantangan zaman. Dengan ilmu yang telah dimiliki, seseorang bisa mengambil keputusan secara bijak. Ini bukan tentang adu kekuatan fisik, namun bagaimana Anda mampu bertanggung jawab.

6. Memberikan Pencerahan dalam Kehidupan

Pendidikan dapat menghapus keyakinan yang selama ini salah dipahami. Selain itu, juga bisa membantu dan menciptakan gambaran jelas tentang sesuatu di sekitar. Manusia berpendidikan akan senantiasa berhati-hati dalam menjalani kehidupan.

Orang yang memiliki pendidikan bagus, juga akan mengajak sekitarnya menjadi lebih baik. Mereka ada untuk memberikan solusi-solusi atas suatu permasalahan.

Pendidikan adalah jalan menuju masa depan lebih baik. Terdapat beberapa faktor mengenai pentingnya sebuah pendidikan. Semoga bermanfaat.

Comments