5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Jika ingin mengetahui bagaimana masa depan suatu bangsa, lihatlah bagaimana pendidikannya. Banyak negara dengan pendidikan terbaik di dunia yang menciptakan generasi millenial, maju dan berprestasi. Sehingga, mereka akan lebih mudah untuk mengelola sumber daya di daerah masing-masing.

Sistem Pendidikan

Sistem biasa disebut juga dengan komponen yang saling bekerja sama dalam mencapai sebuah tujuan. Sistem pendidikan bisa dikatakan sebagai metode utama dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan, agar anak didik dapat secara aktif mengembangkan potensinya.

Sebuah sistem pendidikan sangatl diperlukan, ini karena akan mengatur jalannya pendidikan di sebuah negara serta menjadil pedoman untuk jalannya proses tersebut. Setiap negara, pasti mempunyai patokan pendidikan yang tidak sama (mengikuti kebijakan pemerintah).

Sistem pendidikan terdiri dari beberapa komponen yaitu, input, process, output, enviromental dan outcomes. Komponen ini memiliki fungsi tertentu untuk mencapai tujuan tersebut. Namun, juga harus didukung dengan sumber daya manusia yang mumpuni.

Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Berikut, beberapa negara dengan sistem pendidikan terbaik:

1. Finlandia

Sistem pendidikan di negara yang terletakl di ujung Benua Eropa ini sangatlah unik. Mulai dari biaya pendidikan secara gratis, tidak adanya seragam dan ujian nasional, hingga suasana belajar tergolong santai dan informal. Sehingga peserta didik nyaman dengan keadaan tersebut .

Dengan hal semacam itu, negara ini justru menjadi yang terbaik di dunia dalam sistem pendidikan. Kuncinya, mereka hanya memilihl orang-orang terbaik untuk menjadi guru dan menerapkan kecintaan membaca kepada warganya sejak dini.

2. China

Baca Juga:

Beberapa daerah di China memiliki kualitas pendidikan tinggi. Daerah dimaksud khususnyal Shanghai dan Hongkong (memiliki peringkat tinggi dalam PISA). Program itu melakukan studi mengenai prestasi anak berusia 15 tahun, dilakukan oleh organisasi yang menaungi perkembangan perekonomian dunia.

Sistem pendidikan di China terfokus untuk masuk ke daerah terpencil hingga ke pusat. Ini demi memastikan bahwa pendidikan di negara tersebut tersebar secara merata. Tujuannya yaitu, pelajar dapat mengisi lowongan pekerjaan di departemen dan pemerintahan dengan prestasi yang tepat.

3. Kanada

Negara ini dikenal dunia memiliki standar dan kualitas pendidikan tinggi. Salah satu alasan menariknya yakni, negara ini mengeluarkan anggaran yang besar setiap tahunnya untuk dana pendidikan demi menunjang prasarana dalam sekolahan.

Kanada juga mewajibkan setiap daerah di negeri itu untuk bertanggung jawab atas sistem pendidikannya sendiri. Selain itu, uang dan biaya hidup di Kanada cenderung lebih rendah ketimbang negara Eropa ataupun Amerika Utara lainnya. Sehingga, penduduk tidak terlalu terbebani.

4. Korea Selatan

Sistem pendidikan di Negeri Ginseng ini juga tercatat mengalami pertumbuhan pesat. Kemajuan teknologi dijadikan poin utama dalam perkembangan pendidikannya. Di sana, semua kalangan sudah bisa menggunakan teknologi canggih (kaum millenial).

Salah satu implementasinya yakni Korea Selatan menjadi negara pertama yang menyediakan layanan akses internet berkecepatan tinggi untuk siswa-siswi di sekolah umum. Di negeri tersebut, guru sangat dijunjung tinggi dan dihormati.

5. Selandia Baru

Negara Selandia Baru menempati peringkat ke-7 dalam PISA di tahun 2009 lalu. Menurut Human Development Index (Indeks Pembangunan Manusia) PBB tahun 2008 lalu, Selandia Baru berada di peringkat tertinggi bersama beberapa negara lainnya. Seperti, Denmark, Finlandia dan Australia.

Salah satu kunci kesuksesannya yakni, sistem pendidikan wajib di negara ini diberikan kepada anak usia 6 hingga 16 tahun secara cuma-cuma.

Itu tadi paparan 5 negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.