Peluang Kerja untuk Pendidikan Perkuliahan Jurusan Teknik Kimia

Orang awam terkadang enggan masuk ke dalam jurusan Teknik Kimia dalam dunia pendidikan perkuliahan. Karena mereka tidak tahu seperti apakah prospek kerjanya setelah berhasil lulus dari jurusan ini. Padahal, sarjana Teknik Kimia itu memiliki prospek kerja yang luas. Seorang insinyur dari teknik kimia akan bertanggung jawab dalam perancangan dan perawatan dari proses kimia dalam sebauh pabrik. Selain itu, masih ada banyak peluang kerja lainnya yang menakjubkan.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia

Mengingat kebutuhan industri semakin meningkat. Sehingga, keahlian dari sarjana Teknik Kimia semakin dibutuhkan saat ini. Karena mereka ahli dalam mengatasi masalah industri. Terlebih banyaknya isu tentang industrialisasi menjadikan tantangan baru untuk para sarjana Teknik Kimia. Maka dari itulah, peluang kerja sarjana ini semakin besar. Berikut ini adalah prospek kerja untuk jurusan Teknik Kimia, antara lain:

  1. Industri Proses Kimia. Setiap orang butuh sumber daya yang selalu berkembang. Baik itu dari segi jumlah dan variasinya. Kemampuan sarjana Teknik Kimia dalam rekayasa sepertinya bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah sumber daya yang terbatas. Maka dari itulah, prospek kerja mereka semakin luas dibidang industri proses kimia. Karena mereka bisa mengolah bahan mentah menjadi sebuah produk jadi untuk memenuhi kebutuhan seitap orang.
  2. Industri Renewable Energy. Mengingat permasalahan lingkungan saat ini semakin banyak. Hal ini menuntut semua pihak lebih memperbaiki sikapnya dalam berinteraksi dengan kondisi alam, khususnya di lingkungan teknik kimia. Praktisi teknik kimia berperan penting dalam memperbaiki proses kimia agar lebih ramah lingkungan. Maka dari itulah, lulusan jurusan ini berpeluang besar di bidang renewable energy industri.
  3. Industri Agrobisnis. Melihat banyak produk pertanian yang dijual mentah-mentah tanpa adanya perbaikan, hal ini membuat daya jualnya melemah. Disinilah peran sarjana teknik kimia sangat besar untuk membantu meningkatkan daya jual produk dan nilai guna pertanian. Sehingga, keuntungan yang didapatkan dibidang industri pertanian dan agrobisnis semakin meningkat.
  4. Industri Pengolahan Limbah. Jurusan Teknik Kimia juga bisa masuk ke dalam peluang kerja ini. Karena mereka memiliki basic yang kuat dalam mengolah limbah dengan baik. Bahkan, lulusan Teknik Kimia kerap sekali dianggap telah merebut peluang kerja dari Teknik Lingkungan. Karena lulusan Teknik Kimia bisa bekerja di perusahaan support system, PPLI, dan di beberapa perusahaan besar yang lainnya.
  5. Tidak hanya untuk lulusan Sarjana Ekonomi saja, lulusan Teknik Kimia juga bisa bekerja dibidang Perbankan. Karena mereka ahli dalam menganalisa feasibility study dalam proyek pembangunan industri. Sehingga, lulusan Teknik Kimia bisa memberikan pertimbangan baik ketika bank ingin memberikan pinjaman kepada setiap pengusaha yang datang.
  6. Peneliti dan dosen. Lulusan Teknik Kimia juga bisa menjadi seorang peneliti di laboratorium. Sehingga, mereka berkesempatan besar untuk tergabung ke dalam lembaga penelitian kimia, seperti asisten dosen, asisten profesor, LIPI, dan BPPT. Selain itu, mereka juga berpeluang besar menjadi dosen. Namun, dengan catatan mereka harus selesai lulus dari gelar master jika ingin menjadi seorang dosen.

Selain menawarkan banyak sekali prospek kerja yang cerah seperti yang telah disebutkan di atas, ada satu hal lagi peluang kerja yang cukup menjanjikan bagi lulusan Teknik Kimia. Yaitu, bisa menjadi seorang wirausahawan. Dengan kemampuannya dalam merekayasa proses dan produksi dibidang industri, sehingga mereka berpeluang besar dalam mengembangkan usaha sendiri untuk menjadi seorang wirausahawan.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *