Peluang Kerja Pendidikan Perkuliahan Jurusan Teknik Mesin

Hampir setiap orang tidak pernah lepas interaksinya dari mesin, motor, sepeda, kapal, mobil, dan pesawat. Bahkan, bukannya tidak mungkin juga bila umumnya setiap orang tidak bisa lepas dari komputer yang notabene adalah mesin juga. Mesin-mesin yang Anda gunakan selama ini merupakan produk dari ilmu teknik yang kerap disebut juga dengan teknik mesin dalam jurusan perkuliahan.

Pengertian Teknik Mesin

Teknik mesin dalam pendidikan perkuliahan merupakan sebuah bidang perkuliahan yang mempelajari tentang prinsip-prinsip ilmu fisika. Jadi, jurusan teknik mesin ini sebenarnya cabang ilmu teknik dan rekayasa yang mempelajari seputar energi beserta sumbernya untuk dianalisa. Selain itu, mereka juga mempelajari tentang desain, manufaktur, sekaligus pemeliharaan sistem mekanik. Sistem mekanik ini adalah kendaraan, pabrik industri, pesawat, mesin industri, peralatan rumah tangga, dll.

Persyaratan Masuk Jurusan Teknik Mesin

Untuk bisa masuk ke jurusan Teknik Mesin ini ada beberapa ilmu yang wajib Anda kuasai dengan baik. Beberapa ilmu wajib yang harus dikuasai oleh mahasiswa Teknik Mesin, adalah mekanika, termodinamika, energy conversion, dll. Selain itu, mereka juga dituntut untuk menguasai penggunaan AutoCad. Karena ketrampilan ini nanti akan membantu Anda dalam dunia kerja.

Secara umum, mahasiswa dari jurusan Teknik Mesin ini nanti akan mempelajari tentang perancangan mekanik dan konstruksi, konversi energi. Kemudian mempelajari tentang proses manufaktur dan juga sistem produksi. Serta, mereka juga akan mempelajari tentang ilmu bahan atau disebut juga dengan Metalurgi. Selain itu, setiap mahasiswa dari jurusan Teknik Mesin juga dituntut untuk mempunyai pengetahuan dan pemahaman tentang ilmu fisika dan matematika.

Keduanya sangat penting karena bisa menjadi dasar untuk memahami tentang ilmu teknik mesin. Untuk lebih spesifiknya, mereka nanti juga akan mempelajari tentang mekanika fluida, termodinamika, getaran, desain atau perancangan, perpindahan kalor dan massa, proses manufaktur, mekanika bahan, sensor dan akutator, mekanika bahan, motor listrik, robotika, mekatronika, dll. Beberapa ilmu tersebut sering dijadikan sebagai bekal khusus lulusan Sarjana Teknik Mesin.

Peluang Kerja Jurusan Teknik Mesin

Mungkin beberapa masyarakat mengira bahwa mahasiswa yang berasal dari lulusan jurusan Teknik Mesin ini akan bekerja di sebuah bengkel saja. Padahal, sebenarnya tidak menutup kemungkinan pula bila banyak lulusan sarjana Teknik Mesin yang kemudian bekerja dibelakang meja kantor. Misalnya saja, menjadi seorang designer, engineer, dan maintenance planner yang bekerja dibalik komputer.

Seseorang yang berasal dari lulusan Teknik Mesin ternyata juga bisa bekerja menjadi Maintenance Engineer, PLC Design Engineer, Reservoir Engineer, Structural Engineer, Piping Engineer, Mechanical Consultants, Propulsio Engineer, Corrosion Spesialist, Combustion Engineer, Modeling or Drafing Engineer, Generator Parts Engineer, Instrumentation Engineer, dll.

Beberapa perusahaan yang bisa dimasuki lulusan Teknik Mesin juga ada banyak. Misalnya saja, seperti dari perusahaan Badak LNG, Halliburton, Astra, Total E&P, McDermott, Medco, Saipem, Chevron, Schlumberger, Pertagas, Pertamina, Freeport, PHE ONWJ, Adaro, Rekayasa Industri, KPC, Thiess, General Electric, IKPT, Conoco Philips, dan juga British Petroleum. Namun, beberapa perusahaan diatas umumnya hanya menerima lulusan dari perguruan tinggi tertentu.

Meskipun begitu, jika Anda tidak masuk ke dalam perguruan tinggi selain dari yang ditentukan, jangan berkecil hati. Karena peluang kerja lainnya masih banyak. Misalnya saja, seperti memasuki sektor pertanian, perbankan, dan juga peternakan. Jadi, ada banyak peluang kerja dan kesempatannya semakin besar untuk lulusan jurusan Teknik Mesin. Maka dari itulah, Anda tidak perlu berkecil hati saat masuk di jurusan ini.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *