Peluang Kerja Pendidikan Perkuliahan Jurusan Teknik Geologi

Geologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bumi. Lebih tepatnya setiap peserta didik akan mempelajari tentang komposisi bumi, sifat-sifat fisik, struktur, proses pembentukan, dan sejarahnya. Peran dari ilmu Geologi ini lebih fokus untuk menyelesaikan masalah pada sumber daya dan energi yang semakin berkurang di bumi. Padahal, jumlah populasi manusia semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Pengertian Teknik Geologi

Teknik Geologi merupakan ilmu yang mempelajari seputar pengetahuan kebumian. Baik itu dari bentuk muka bumi, berbagai macam bentuk dari batuan, material dari penyusun bumi, sifat kimia dan sifat fisika, proses pembentukan bumi, sejarah bumi, dan beberapa geologi terapannya. Geologi terapannya itu meliputi banyak hal. Yaitu, Geologi Teknik, Geologi Minyak dan Gas Bumi.

Kemudian, Hidro Geologi, Geologi Tambang, Geologi Tata Lingkungan, dll. Jadi, bisa dibilang bahwa Teknik Geologi ini berperan aktif menjadi wahana pengkajian, sekaligus pemanfaatan dari sumber daya alam, berupa air, energi, dan mineral. Teknik Geologi juga menerapkan kerekayasaan, mitigasi bencana alam, dan juga lingkungan hidup. Jadi, peran mereka sangat penting sekali untuk menjaga sumber daya alam di bumi.

Materi Studi Perkuliahan Jurusan Teknik Geologi

Materi studi perkuliahan yang diajarkan jurusan Teknik Geologi ini sanga luas. Karena yang diajarkan nanti tidak hanya bumi saja. Namun, para mahasiswanya akan diajak untuk belajar seputar antariksa. Jadi, setiap calon mahasiswa yang mau terjun ke dalam jurusan ini harus memahami dengan baik seputar sains. Misalnya saja, seperti Fisika, Matematika, dan harus memahami tentang Biologi lebih jauh.

Mahasiswa dari jurusan Teknik Geologi nanti juga akan mempelajari seputar banyak hal yang berkaitan dengan bumi untuk objeknya, ruang lingkup yang luas, seperti mineral dan batuan. Mereka juga mempelajari seputar minyak, gas bumi, panas bumi, gunung api, gempa bumi, struktur bumi, dan proses yang ada di permukaan bumi. Misalnya saja, seperti terjadinya pengendapan, erosi, dan perubahan lainnya pada batuan.

Tak hanya itu saja, mahasiswa dari Teknik Geologi ini nanti juga akan mempelajari tentang lingkungan, statistika, geofisika, konstruksi, kekuatan bahan, pertambangan, perminyakan, software khusus, dan analisis. Sehingga, ada banyak materi perkuliahan yang akan dipelajari disini. Selain itu, akan ada banyak kegiatan lapangan yang dilakukan oleh jurusan ini. Misalnya saa, seperti ekskursi, fieldtrip, kuliah lapangan, dll. Karena nantinya pada akhirnya mereka dididik untuk menjadi ahli eksplorasi yang selalu terjun ke lapangan.

Peluang Karir Lulusan Teknik Geologi

Lulusan dari Teknik Geologi ini nanti akan mempunyai banyak keahlian yang bisa digunakan untuk beberapa bidang profesi pekerjaan yang cukup luas. Misalnya saja, seperti rekayasa dalam pengelolaan dan penyediaan sumber daya energi, yang berasal dari batubara, minyak bumi, panas bumi, dll. Mereka juga akan memiliki keahlian untuk mengeksplorasi sumber daya dan energi bumi.

Mereka juga lebih ahli dalam pengelolaan lingkungan. Misalnya saja, seperti penentuan lokasi pembuagan limbah, mitigasi gerakan tanah, kelestarian air tanah, dll. Mereka juga memiliki keahlian untuk menata, menjadi perencana, dan pengembangan wilayah. Selain itu, mereka juga ahli dibidang konstruksi. Seperti untuk gedung bertingkat, jembatan, jalan, bendungan, bunker, terowongan, dll.

Tak hanya itu saja, mereka juga ahli dalam mengelola sumber daya air, seperti pengelolaan mata air, pengembangan air tanah, pengembangan aliran sungai, dll. Dengan semua keahliannya itulah membuat lulusan jurusan Teknik Geologi ini punya banyak peluang kerja yang menjanjikan. Misalnya saja, bekerja di sektor departemen pemerintah, bekerja disektor swasta (kontraktor, konsultan, perusahaan pertambangan, perusahaan minyak, perbankan), dll.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *