Peluang Kerja Lulusan Pendidikan Perkuliahan Jurusan MIPA Murni

MIPA atau Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ini disebut juga dengan Mother of Science. Jurusan MIPA ini biasanya terdiri atas 4 jurusan atau 4 program studi. Yaitu, program studi matematika, kimia, fisika, dan biologi. Untuk peluang kerjanya sendiri sebenarnya tergantung dari usaha masing-masing lulusannya. Yang pasti, ada banyak peluang kerja yang bisa ditemukan dari lulusan MIPA murni ini.

Peluang Lapangan Kerja Terbuka Lebar untuk Lulusan MIPA

Meskipun banyak orang menganggap bahwa lulusan MIPA yang disebut dengan lulusan yang berpeluang menjadi seorang peneliti itu sangat tidak menguntungkan. Karena seorang peneliti itu jarang sekali dibutuhkan. Sedangkan, bila menjadi dosen, pastinya jumlah pesaingnya ada banyak. Sedangkan bila ingin menjadi seorang guru, tentu saja mereka masih kalah dengan mereka yang mengambil jurusan pendidikan MIPA. Namun jangan salah! Karena masih banyak peluang kerja untuk lulusan MIPA, seperti dibawah ini:

Dosen

Karena jurusan MIPA itu mempelajari ilmu alam dasar, maka kebutuhan pendidikan ini sangat besar di Indonesia. Meskipun persaingan semakin ketat. Namun jika Anda siap untuk berpindah ke tempat yang tidak lebih maju dari daerah Anda, semua bisa berubah. Anda pasti akan menemukan universitas atau perguruan tinggi yang akan membutuhkan tenaga Anda untuk menjadi seorang dosen. Dengan tujuan supaya bisa memajukan daerahnya.

Apalagi saat ini ada banyak beasiswa yang diberikan kepada para mahasiswa untuk bisa melanjutkan pendidikan pasca sarjana gratis. Khususnya untuk mereka yang mau ditempatkan di semua wilayah di Indonesia. Maka dari itulah, tentu saja ini bisa menjadi prospek yang cerah untuk Anda yang ingin mengubah masa depan Anda menjadi lebih baik lagi. Karena biasanya dosen memiliki gaji yang cukup besar.

Baca juga: Mau Tau Jurusan Kuliah Bikin Cepat Kaya? Ini Jurusannya!

Peneliti

Peluang kerja menjadi seorang peneliti dari lulusan pendidikan perkuliahan MIPA ini umumnya terbuka lebar dari perusahaan yang bergerak pada bidang makanan. Perusahaan yang mempunyai produk sendiri umumnya juga akan membutuhkan lulusan MIPA yang banyak. Supaya nantinya mereka bisa ditempatkan pada Quality Control. Sementara itu, untuk perusahaan perikanan dan peternakan, mereka biasanya membutuhkan mikrobiologis.

Perbankan

Ada banyak lulusan MIPA yang pada akhirnya bekerja di dunia perbankan. Karena umumnya lulusan MIPA itu kemampuannya sangat handal dalam dunia perhitungan, maka kemampuan inilah yang akan diambil di dunia perbankan. Tak heran bila kemudian banyak lulusan MIPA akhirnya bekerja di perbankan. Umumnya orang-orang yang bekerja di perbankan ini adalah mereka yang berasal dari lulusan sarjana ekonomi dan lulusan MIPA.

Wirausaha

Wirausaha merupakan salah satu bidang usaha yang kerap digeluti oleh lulusan pendidikan perkuliahan MIPA. Dengan berbekal pengetahuan ilmu alam yang dimilikinya, ada banyak peluang sumber daya alam yang bisa digali oleh lulusan MIPA ini. Baik itu untuk kesejahteraan dirinya sendiri dan orang lain. Tak heran bila lulusan MIPA banyak yang membuka lapangan kerja baru untuk masyarakat.

Sehingga, mereka bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat lebih baik lagi. Terlebih saat ini sudah banyak program potensial yang baik untuk lulusan MIPA. Sehingga, hal ini membuat lulusan MIPA memiliki prospek yang cerah pada kehidupan yang aan datang. Nah, itu tadi adalah beberapa peluang kerja dan keuntungan jika menempuh jurusan MIPA ini. Itu hanya sedikit contoh saja. Masih ada banyak peluang kerja dan prospek lapangan kerja yang lainnya yang bisa diambil oleh lulusan jurusan MIPA murni ini. Jadi, jangan takut.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *