Mengenal Peluang Kerja Pendidikan Perkuliahan Jurusan MIPA Matematika

Seperti halnya jurusan murni yang lainnya di sebuah Fakultas MIPA. Umumnya, jurusan ini kerap dianggap sebagai jurusan yang memiliki peluang kerja yang sempit. Karena beberapa orang mengira bahwa jurusan ini hanya terbatas bergerak di bidang pendidikan saja. Padahal, sebenarnya setelah diaplikasikan secara luas, banyak sekali prospek kerja jurusan matematika.

Misalnya saja saat melihat kehidupan sehari-hari. Faktanya, semua kehidupan kita saat ini selalu ada kaitannya dengan angka. Entah itu dari kegiatan belanja sehari-hari hingga pembuatan robot tercanggih. Semua itu berhubungan dengan angka yang ada dalam mata kuliah Matematika. Ini juga berlaku sama ketika Anda ingin membeli barang, maka harga barang yang tertera sebenarnya adalah hasil mekanisme tawar menawar angka dari ketersediaan barang dan jumlah permintaan konsumen.

Dari sinilah, beberapa broker saham umumnya memberikan pedoman kepada para investor untuk memakai prediksinya secara matematika ketika ingin membeli sebuah saham. Agar kerugian yang eterjadi bisa diminimalisir. Begitu juga ketika seseorang mengetik sebuah artikel menggunakan komputer. Maka ada serangkaian kode matematika yang akan tercatat di dalam komputer.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan MIPA Matematika

Seorang programmer komputer tahu bahwa setiap huruf yang diketikkan pada komputer merupakan kode algoritma yang ada dalam pelajaran Matematika. Kode inilah yang nantinya dipakai ahli teknik untuk membuat robot. Maka dari itulah, jangan pernah takut masuk ke jurusan MIPA Matematika. Karena sebenarnya prospek kerjanya sangat luas, tidak hanya menjadi guru pengajar saja. Berikut ini adalah contoh prospek kerja lulusan dari MIPA Matematika, antara lain:

  1. Bekerja dalam dunia statistik & industri keuangan.

    Lulusan MIPA Matematika berperan penting dalam industri keuangan ini. Setelah lulus, mereka bisa bekerja di sebuah bursa efek, perbankan, dan asuransi. Dengan kemampuan analisis dan matematika yang dimilikinya, ini bisa membuat ahli matematika bisa melihat trend dunia keuangan lebih baik.
    Sehingga, hal ini membuat lulusan jurusan MIPA Matematika ini bisa memprediksi kondisi keuangan yang akan terjadi di masa depan lebih baik. Disamping itu, lulusan ini juga bisa menjadi seorang analisis resiko, berperan dalam simulasi, masalah pemodelan, konsultan statistik, kontrol kualitas industri keuangan, dan juga aktuaria. Jadi ada banya peluang kerja yang dimiliki oleh lulusan ini.

  1. Bekerja dalam Instansi Pemerintahan.

    Salah satu instansi pemerintah yang membutuhkan lulusan dari jurusan MIPA Matematika adalah Biro Pusat Statistik. Karena jurusan ini nanti akan dibutuhkan dalam menganalisa data statistik. Disamping itu, lulusan MIPA Matematika ini nanti juga bisa bekerja disebuah Departemen Keuangan, Perguruan Tinggi Negeri, LIPI, dan Bank Indonesia.

  2. Bekerja dibidang Teknologi Informasi.

    Saat ini segala teknologi informasi sepenuhnya tergantung pada matematika. Maka dari itulah, banyak lulusan dari MIPA Matematika yang juga bekerja dibidang teknologi informasi. Prospek karirnya semakin meningkat saat kemampuannya dikombinasikan dengan produksi software dan jaringan komputer, ataupun pembuatan website.

Baca juga: Peluang Kerja Lulusan Pendidikan Perkuliahan Jurusan MIPA Murni

Pengetahuan seputar teori bilangan yang ada dalam jurusan MIPA Matematika ini nanti bisa menjadi modal utama agar menjadi ahli dibidang sistem keamanan teknologi informasi. Terlebih sekarang ini sistem keamanan teknologi informasi semakin berkembang dengan cepat. Maka dari itulah masuk di jurusan MIPA Matematika merupakan solusi tepat untuk Anda yang ingin sukses dalam meniti karir. Tinggal cara Anda bagaimana dalam membuat mimpi Anda menjadi nyata. Karena sebenarnya semua jurusan itu sama baiknya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *