4 Jurusan Perkuliahan selain Akuntansi yang Cocok untuk Lulusan IPS

4 Jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPS

Sekarang ini mencari kerja semakin sulit. Maka dari itulah, setiap calon mahasiswa harus lebih hati-hati dalam memilih jurusan kuliah dengan benar. Agar nantinya ilmu yang didapatkan bisa benar-benar bermanfaat dan bisa menjadi jaminan di masa yang akan datang. Karena banyak juga mahasiswa yang setelah lulus kuliah, namun ternyata mereka tetap menjadi pengangguran.

Hal ini sudah bukan rahasia lagi. Di Indonesia, ada ribuan sarjana yang masih belum mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan jurusan perkuliahan yang diambil. Lapangan kerja semakin sempit, sementara dunia pendidikan perkuliahan melahirkan ribuan lulusan sarjana di setiap tahun. Lalu, bagaimana solusinya? Karena bisa dipastikan akan ada banyak sarjana yang menganggur bila tidak memilih jurusan yang tepat.

4 Jurusan Perkuliahan selain Akuntansi untuk Lulusan IPS

Persaingan dunia kerja semakin ketat. Satu posisi pekerjaan kerap dicari oleh ribuan sarjana. Bisa Anda bayangkan betapa kerasnya persaingan untuk mendapat satu pekerjaan saja. Maka dari itulah, kali ini akan kami berikan rekomendasi jurusan pendidikan perkuliahan yang cocok untuk Anda dari lulusan IPS selain jurusan Akuntansi. Jadi, bila mulanya Anda mungkin mengira bahwa lulusan IPS hanya cocok di jurusan Akuntansi saja, maka Anda salah! Berikut ini adalah jurusan perkuliahan yang bisa diambil oleh lulusan IPS, antara lain:

Ilmu Hukum

Jika dari awal Anda ingin menjadi seorang penegak hukum, maka Anda bisa mengambil jurusan Ilmu Hukum. Karena ternyata, tidak hanya untuk lulusan IPA saja yang dapat mengambil jurusan ini. Namun, dari lulusan IPS juga bisa mengambil jurusan hukum. Jadi, setelah Anda berhasil lulus dan mendapatkan gelar sarjana hukum, Anda bisa langsung melancarkan aksi menjadi penegak hukum.

Selain itu, Anda juga bisa menjabat beberapa profesi lainnya yang cocok untuk Anda. Misalnya saja, menjadi seorang polisi, HRD, notaris, dan masih banyak yang lainnya. Anda bisa mencoba mengambil jurusan ini di beberapa universitas terbaik di Indonesia saat ini. Tentunya semua itu harus disesuaikan dengan kemampuan Anda juga. Karena, jika dari awal skill tidak memadahi, hal ini akan menghambat keinginan Anda untuk masuk ke jurusan ini.

Baca juga: Mana yang Lebih Cerah Prospeknya? Kuliah Dibidang IPS atau IPA?

Psikologi

Jurusan pendidikan Psikologi ini adalah sebuah jurusan pendidikan perkuliahan yang mempelajari seputar perilaku dan fungsi mental manusia. Jadi, yang dipelajari disini tidak hanya sikap individu saja, namun juga kelompok. Para pekerja yang bekerja di bidang psikologi ini disebut juga dengan psikolog. Jika Anda adalah lulusan IPS dan memiliki bakat dibidang psikologi, maka Anda bisa mengambil jurusan Psikologi ini.

Sastra Inggris

Sejak berada di bangku sekolah dasar, semua orang sudah mengenal pendidikan bahasa Inggris. Maka dari itulah, bila dari awal Anda sudah mempunyai modal dasar untuk pendidikan ini, maka Anda bisa melanjutkannya lagi ke bangku perkuliahan. Lulusan sastra Inggris sangat berpeluang besar mendapatkan banyak pilihan pekerjaan. Maka dari itulah, jangan pernah takut untuk memilih jurusan pendidikan perkuliahan ini.

Hubungan International

Jurusan pendidikan perkuliahan Hubungan Internasional ini juga cocok sekali untuk lulusan IPS. Jurusan ini mempelajari tentang hubungan antar negara, termasuk ke dalam peran sejumlah Negara, organisasi non pemerintah internasional, organisasi antar pemerintah, dan juga perusahaan multi nasional. Anda bisa mengambil jurusan pendidikan perkuliahan ini di beberapa universitas yang ada di Indonesia. Nah, itu tadi adalah 4 jurusan pendidikan perkuliahan yang bisa diambil oleh lulusan IPS.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *