Peluang Kerja Jurusan Pendidikan Perkualiahan Ilmu Perpustakaan

Ilmu perpustakaan adalah salah satu jurusan perkuliahan yang berkaitan dengan banyak keahlian. Karena didalamnya meliputi informasi teknologi, pendidikan, dan manajemen. Sehingga, setiap mahasiswa nanti diminta untuk mengumpulkan data, merapikan data, dan juga menyimpan data. Dalam program studi inilah setiap mahasiswa akan diajarkan tentang bagaimana caranya memecahakan masalah ilmiah tentang ilmu perpustakaan dan informasi.

Selain itu, jurusan ini juga mengajar mahasiswa untuk melakukan pengelolaan arsip dan record. Jadi, program studi ini dibuat supaya bisa menghasilkan lulusan pustakawan peneliti yang lebih terampil dan mampu bersaing dalam manajemen perpustakaan dan informasi. Disamping itu, jurusan ini juga dibuat supaya setiap mahasiswa punya kompetensi khusus dalam mengelola sumber primer ilmu pengetahuan yang baik.

Keuntungan Memilih Jurusan Ilmu Perpustakaan

Bila Anda hobby menyimpan data dan ingin berkarir dibidang pengarsipan dan kepustakaan, maka program studi ini cocok sekali untuk Anda! Namun, jika Anda ingin masuk ke jurusan ini, sebaiknya pelajari dulu dasar-dasar informasi teknologi. Karena selain harus teliti dan rapi dalam mengelola data, jurusan ini juga mengajarkan mahasiswanya tentang etika kepustakaan.

Jadi, dalam hal ini, daya analisa setiap mahasiswa nanti akan dilatih. Sehingga, Anda bisa menjadi seorang pustakawan yang kompeten dan bisa memberikan bekal kepada lulusannya dengan ketrampilan mengorganisasi dan mengelola sumber informasi, sekaligus memberikan layanan prima berdasarkan perkembangan teknologi yang ada. Jika Anda menyukai bidang pengelolaan dan pengembangan lembaga informasi, maka jurusan ini cocok untuk Anda.

Karena, meskipun Anda senang mempelajari pengelolaan lembaga informasi digital dan manual, maka jurusan ini bisa membantu Anda untuk menjadi seorang konsultan perpustakaan dan konsultan informasi yang kompeten. Disamping itu, jurusan ini nanti juga akan melatih Anda tentang ilmu keperpustakaan sekaligus mendorong Anda supaya dapat memanajemen dan mengaplikasikan kepemimpinan di lembaga informasi yang sudah modern ini.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan

Di dalam pendidikan perkuliahan jurusan Ilmu Perpustakaan ini ada banyak mata kuliahnya. Yaitu, Bibliografi, Administrasi Arsip, Pengkatalogan, Manajemen Digital Library, Manajemen Perpustakaan, dan juga Aplikasi Teknologi Pengelolaan Informasi. Jadi, jika Anda memasuki jurusan ini, Anda harus siap dengan beberapa mata kuliah yang telah disebutkan di atas. Karena Anda akan terbiasa dengan mata kuliah tersebut.

Karakter Mahasiswa yang Cocok Jurusan Ini

Ada beberapa karakter mahasiswa yang cocok sekali dengan jurusan Ilmu Perpustakaan ini. Yaitu, harus tekun, teliti, detail, kritis, observan, rasional, independen, terstruktur. Selain itu, karakter yang cocok adalah calon mahasiswa harus suka melakukan analisa, wawasannya luas, suka melakukan riset, suka mencari solusi untuk memecahkan masalah. Yang jelas, setiap mahasiswanya diharapkan untuk memiliki ketrampilan interpersonal.

Peluang Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan

Peluang kerja untuk lulusan jurusan Ilmu Perpustakaan ini ada banyak. Bahkan, Anda bisa bekerja menjadi seorang pustakawan di dalam perpustakaan negeri, institusi, dan perpustakaan swasta. Tugas pustakawan nanti adalah mengelola, merapikan, dan juga melakukan evaluasi data dan juga literatur. Disamping itu, lulusan jurusan ini juga dapat melamar kerja di gedung pengarsipan data dan museum.

Disinilah nantinya Anda akan ditugaskan untuk mengkategorikan, mengumpulkan, dan menyuguhkan data kepada setiap pengunjung museum dan siapapun yang membutuhkannya. Umumnya, lulusan jurusan ini memiliki kemampuan untuk menganalisa dengan baik dan sudah bisa memanfaatkan teknologi informasi dengan sempurna. Maka dari itulah, biasanya lulusan jurusan Ilmu Perpustakaan pasti diterima bekerja di bidang Finansial, Informasi Teknologi, dan Penganalisa Data.

Leave A Reply

Your email address will not be published.