Mengenal Jurusan Pendidikan dan Prospek Karirnya

Jurusan perkuliahan itu ada banyak. Setiap jurusan perkuliahan itu memiliki prospek karir yang cerah. Tergantung dari bagaimana Anda menempuhnya. Semakin tekun dan giat, maka prospek karir juga semakin cerah. Misalnya saja seperti jurusan pendidikan. Mungkin sebelumnya Anda ragu dengan jurusan ini. Karena Anda berpikir bahwa jurusan ini tidak mempunyai prospek karir yang menjanjikan. Itu karena Anda berpikir bahwa pilihan karirnya hanya bisa menjadi guru saja.

Padahal, tidak seperti itu! Bahkan, setiap tahunnya itu ada sebanyak 75 ribu guru yang telah pensiun. Sementara itu, berdasarkan BPS tahun 2016, jumlah usaha yang bergerak dibidang pendidikan bisa mencapai 619,947 usaha di Indonesia. Umumnya, mereka bergerak dibidang usaha mikro dan kecil. Misalnya saja dengan membuka lembaga kursus dan start up.

Belum lagi saat melihat dari data ACDP, terlihat bahwa jumlah rasio perbandingan guru dan murid yang ada di Indonesia mencapai 1:15. Sementara untuk UNESCO telah menetapkan perbandingannya sebesar 1:26 guru. Itu artinya kondisi ini bisa menjadi peluang besar untuk lulusan pendidikan perkuliahan dibidang pendidikan untuk meningkatkan karirnya setelah berhasil lulus. Berikut ini adalah contoh macam-macam jurusan perkuliahan dan peluang karirnya, antara lain:

Jurusan Manajemen Pendidikan

Jika Anda ingin masuk di jurusan perkuliahan Manajemen Pendidikan, maka Anda tidak akan asing dengan ilmu tentang penguasaan bidang perencanaan. Karena Anda nanti akan dibekali dengan ilmu itu, sekaligus ilmu pengelolaan, pengawasan infrasktruktur dan proses pendidikan agar berjalan dengan sempurna. Ilmu yang dipelajari itu meliputi manajemen dan juga pengembangan SDM, kebijakan pendidikan, teknologi informasi, dan pengembangan kurikulum.

Mahasiswanya nanti akan dituntut untuk berpikir secara kritis dan taktis. Dengan begitu, setiap mahasiswa dapat melakukan perubahan terhadap program pendidikan sekolah yang lebih baik. Bila lulusan ini berkarir di lembaga pendidikan, seperti sekolah, maka lulusan jurusan ini nanti tidak akan berhadapan dengan siswanya secara langsung. Karena lulusan ini lebih fokus pada program dan managejemn sekolah. Jurusan ini cocok untuk pecinta matkul Ekonomi. Sedangkan peluang karirnya adalah menjadi konselor edukasi.

Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan

Jurusan yang satu ini mengajarkan mahasiswanya untuk lebih memahami tentang kurikulumnya. Dengan begitu, setiap lulusannya nanti bisa menemukan solusi dan mengembangkan kurikulum terbaik untuk pendidikan di Indonesia. Tidak hanya itu saja, lulusan ini juga diharapkan supaya bisa lebih fasih dalam memanfaatkan teknologi dan komunikasi dibidang pendidikan. Sehingga, proses belajar dan mengajar bisa berjalan dengan lancar. Tentu saja dengan memanfaatkan ketrampilan Anda dengan baik.

Jika sebelumnya Anda menyukai bidang pendidikan dan teknologi praktis, maka jurusan ini cocok sekali untuk Anda. Antusiasme terhadap teknologi pengembangan kualitas pendidikan tidak akan terbuang sia-sia jika Anda dapat menggunakan pengetahuan Anda untuk kelancaran belajar mengajar serta pengembangan kurikulum dengan baik. Jurusan ini cocok sekali untuk pecinta pelajaran TIK. Sedangkan untuk prospek karirnya bisa menjadi seorang manajer pelatihan dan pengembangan, dan menjadi rekruter.

Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan Ilmu Perpustakaan ini berkaitan dengan banyak keahlian, khususnya dibidang Informasi Teknologi. Disinilah setiap mahasiswa diajak untuk mengumpulkan data, menyimpan data, dan juga merapikannya. Jurusan ini cocok sekali untuk Anda yang yang menyukai pelajaran TIK. Sedangkan untuk peluang karirnya bisa menjadi seorang sekretaris eksekutif, administratif, dan menjadi pustakawan. Jadi, manakah jurusan perkuliahan pilihan Anda? Itu tadi adalah beberapa jurusan perkuliahan beserta informasi karirnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.