Seperti Inilah Peluang Karir Pendidikan Perkuliahan Jurusan Biologi

peluang-karir kuliah jurusan biologi

Banyak mahasiswa yang memilih jurusan Biologi terkadang bingung akan dibawa kemana ilmu mereka nanti saat bekerja. Adakah lapangan kerja yang bisa didapatkan untuk lulusan jurusan Biologi murni? Selain menjadi seorang dosen, lulusan ini juga bisa menjadi seorang peneliti. Hanya saja, kedua peluang kerja itu sepertinya sedikit abstrak untuk beberapa orang. Maka dari itulah, kali ini akan kami jelaskan peluang karir untuk lulusan jurusan Biologi lebih dalam lagi.

Prospek Kerja Jurusan Biologi

Guru

Guru merupakan salah satu peluang kerja untuk lulusan Biologi Murni. Namun, untuk bisa menjadi seorang guru, mereka harus mengambil akta dulu. Namun, bila program akta-4 sudah tidak berlaku, maka Anda bisa bekerja menjadi guru di sekolah swasta atau menjadi guru honorer. Ada beberapa lulusan dari jurusan Biologi yang dulunya mengambil akta-4, kini mereka sudah bisa menjadi seorang guru PNS di daerahnya sendiri.

Pegawai Bank

Meskipun jurusan ini jauh dari bidang perbankan, namun tak dapat dipungkiri bahwa justru ada banyak lulusan dari jurusan Biologi yang bekerja di bank. Entah itu di bank swasta dan bank BUMN. Beberapa lulusan jurusan Biologi yang bekerja di bank ini umumnya adalah orang yang rapi dalam catatan dan orang yang teliti. Karena bila Anda tidak teliti, ini bisa berisiko berat ketika Anda bekerja di sebuah bank.

Peneliti

Ada juga lulusan jurusan Biologi yang bisa menjadi seorang peneliti. Hal ini biasanya berlaku untuk mereka yang bisa memperlihatkan kinerjanya dengan baik ketika sedang menyelesaikan tugas akhir penelitian. Beberapa dari mereka banyak yang akhirnya bekerja di sebuah perusahaan untuk membuat sebuah penelitian. Jadi, mereka nanti akan dibiayai oleh perusahaan untuk menjadi peneliti disebuah laboratorium perusahaan.

Peneliti Lapangan

Ada juga dari lulusan jurusan Biologi ini yang menjadi peneliti lapangan. Salah satu contohnya adalah dari lulusan jurusan Biologi yang bekerja di taman nasional yang ada di Kalimantan Barat. Meskipun, bukan sebagai PNS, namun staff peneliti dari LSM internasional banyak yang bekerja menjadi peneliti di tempat ini. Selain memiliki gaji yang tinggi, menjadi peneliti lapangan bisa memberikan Anda pengalaman dan jaringan luas di masa depan.

Dosen

Menjadi seorang dosen adalah pilihan paling menarik untuk mereka yang ahli dibidang jurusan Biologi selama kuliah. Karena dosen berpeluang besar untuk mengembangkan ketertarikannya dibidang yang digelutinya tersebut. Disamping itu, menjadi seorang dosen adalah profesi yang bernilai lebih tersendiri. Status dosen ini diakui menjadi posisi orang yang intelektual.

Untuk urusan gaji, hal ini tergantung dari masing-masing orang itu sendiri. Dosen yang rajin melakukan penelitian dan rajin mengajar, mereka akan mendapatkan pendapatan yang besar. Sedangkan dosen yang malas hanya akan mendapatkan gaji yang sesuai dengan apa yang dikerjakannya selama berhari-hari tersebut. Jadi, untuk yang satu ini disesuaikan dengan kerajinan dosen itu sendiri.

Pegawai Negeri dan Wirausahawan

Beberapa lulusan dari Jurusan Biologi juga bisa menjadi pegawai negeri sipil. Selain itu, lulusan ini juga bisa bekerja menjadi seorang wirausahawan. Karena bidang biologi itu sangat luas. Banyak sekali penelitian terkini dibidang ini yang memperlihatkan prospek yang cerah sekali untuk karir lulusan jurusan Biologi ini. Apalagi untuk mereka yang berani bekerja secara mandiri, menjadi wirausaha. Maka jurusan ini sangat berpeluang besar memberikan banyak income berbasis bioteknologi dibidang makanan dan minuman.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *