Prospek Lapangan Kerja Pendidikan Perkuliahan Jurusan Teknik Sipil

Mengenal Prospek Lapangan Kerja Pendidikan Perkuliahan Jurusan Teknik Sipil

Teknik Sipil adalah jurusan pendidikan perkuliahan yang membahas seputar teknologi pembangunan, perancangan, pemeliharaan, renovasi bangunan, dan fasilitas umum. Dalma banyak hal, teknik sipil ini juga harus memperhatikan fungsi fasilitas yang akan dibangunnya untuk para warga masyarakat. Beberapa hasil karya mereka adalah rumah sakit, jalan raya, gedung sekolah, bendungan, jembatan, dll.

Perbedaan Jurusan Teknik Sipil dengan Arsitektur

Mungkin masih ada banyak calon mahasiswa yang bingung untuk membedakan antara jurusan Teknik Sipil dengan Arsitektur. Karena keduanya sama-sama membuat bangunan. Hanya saja, untuk jurusan Arsitektur itu hanya fokus untuk merancang bentuk bangunan yang lebih indah dan artistik, sekaligus memperhatikan efisiensi dan efektifitas pemakaiannya.

Sedangkan untuk jurusan Teknik Sipil itu hanya akan menjadi eksekutor dan pelaksana rancangan yang dibuat arsitek. Maka dari itulah, lulusan teknik Sipil wajib menguasai teknik manajemen kerja yang baik. Sehingga, mereka bisa memastikan bahwa pemakaian sumber daya dalam perancangan bangungan bersama arsitek bisa dikerjakan lebih efisien dan efektif. Jadi, jurusan ini nanti juga akan mempelajari tentang perawatan, perbaikan, dan pemeliharaan daya tahan sebuah bangunan.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Sipil

Dalam semester awal, mahasiswa Teknik Sipil akan mendapatkan beberapa mata kuliah umum. Yaitu, kalkulus, matematika, fisika dasar, Bahasa Inggris, bahasa Indonesia, Pancasila, Kimia dasar, Agama, dan Geografi. Setelah itu, mereka akan mempelajari seputar konsep fisika lebih dalam. Misalnya saja, seperti mempelajari konsep keseimbangan gaya aksi dan reaksi.

Jadi, dalam perkuliahannya nanti, teknik sipil lebih sering mempelajari tentang konsep fisika, dan ada banyak sekali rumus dan perhitungan, beserta logika fisika yang digunakan. Maka dari itulah, jurusan ini cocok sekali untuk mereka yang suka dengan logika dan ilmu hitungan. Selain harus kuat berhitung, mereka juga harus mempunyai pengetahuans eputar perhitungan material.

Ilmu seputar material ini adalah cabang dari ilmu teknik sipil yang mempelajari seputar sifat bahan, jenis bahan, pemakaian bahan dalam bangunan sipil. Setiap universitas memiliki mata kuliah yang tidak sama untuk jurusan Teknik Sipil ini. Yaitu, gambar bangunan, mekanika teknik atau statistika, teknologi bahan bangunan, RAB bangunan, struktur jembatan, struktur beton, struktur jembatan, struktur baja, dll.

Prospek Lapangan Kerja Teknik Sipil

Karena Indonesia adalah negara yang berkembang. Sehingga, negara ini membutuhkan pembangunan infrastruktur yang lebih banyak di semua program pembangunan. Misalnya saja, untuk pembangunan fasilitas umum, seperti jalan, jembatan, dll. Jadi, peluang kerja lulusan Teknik Sipil ini ada banyak. Tidak sebatas hanya pada proyek pembangunan itu saja. Berikut ini adalah peluang kerja untuk lulusan jurusan Teknik Sipil, antara lain:

Pegawai Negeri Sipil

Salah satu institusi pemerintahan yang sering membutuhkan lulusan teknik sipil adalah PU. Yaitu, sebuah kementrian yang mengurus seputar pembangunan fasilitas dan infrastruktur negara. Disamping kementrian PU, lulusan teknik sipil juga bisa bekerja di badan pemerintah pada PMU Bina Marga, BPN, BPD, Departemen ESDM, Dinas Tata Kota dan Pertamanan di setiap kota, dll.

Badan Usaha Milik Negara dan Konsultan/ Kontraktor Bangunan

Salah satu peluang kerja teknik sipil di BUMN, adalah Hutama Karya untuk jalan dan jembatan, Cipta Karya dibidang perencanaan, Waskita Karya dibidang Bangunan Gedung, dll. Selain itu, lulusan ini juga bisa menjadi seorang konsultan atau kontraktor dari konstruksi bangunan. Misalnya saja, menjadi seorang site engineer, struktural engineer, drafter, estimator, dll.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *