Passing Grade dan Kaitannya Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Bagi anda yang berencana ingin memasuki Perguruan Tinggi Negeri atau PTN maka pasti akan terus mengecek passing grade di jurusan yang anda inginkan. Dimana standar tersebut merupakan salah satu patokan nilai agar seorang calon mahasiswa bisa lolos di jurusan yang ia inginkan. Tetapi sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu passing grade sehingga bisa semakin memudahkan jalan anda untuk di terima di Perguruan Tinggi Negeri. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai istilah tersebut yang memang sangat perlu anda ketahui.

Mengenal Passing Grade

Istilah ini merupakan perkiraan skor SBMPTN yang diperlukan untuk bisa masuk ke sebuah jurusan di Perguruan Tinggi Negeri. Atau dalam istilah lain bisa disebut sebagai syarat batas masuk ke sebuah jurusan. Masing-masing jurusan memang mempunyai nilai batas tersendiri dan berbeda. Bahkan meskipun ada jurusan yang sama di kampus yang berbeda maka syarat batas tersebut juga pasti berbeda atau bahkan hanya berbeda tipis. Melalui syarat batas ini anda juga bisa lebih muda mengukur sejauh mana tingkat kemampuan anda supaya bisa di terima di jurusan PTN yang anda inginkan.

Syarat batas tersebut tidak diperoleh hanya dengan perhitungan sembarangan tetapi dari beberapa patokan diantaranya sebagai berikut.

  1. Kisaran skor SBMPTN dari calon mahasiswa yang mendaftar pada jurusan tersebut.
  2. Jumlah kursi calon mahasiswa yang tersedia di jurusan tersebut. Jika kursi yang tersedia hanya 30 maka calon mahasiswa yang akan diterima hanya sebanyak 30 pendaftar dengan skor nilai yang tertinggi.

Namun karena syarat batas tersebut hanyalah perkiraan maka yang menentukan apakah anda diterima atau tidak bergantung dari kursi yang tersedia serta performa peserta SBMPTN di tahun tersebut. Selain itu ternyata passing grade bukanlah patokan mutlak diterima atau tidaknya di PTN tersebut. Justru syarat batas tersebut hanya berupa perkiraan sehingga hanya berupa skor rata-rata paling rendah agar bisa diterima pada sebuah jurusan di PTN. Sehingga syarat batas tersebut bisa menjadi pengukur kemampuan serta membandingkannya dengan skor masuk jurusan yang diinginkan. Kemudian anda bisa memasang target grade yang ingin anda raih.

Tips Memanfaatkan Passing Grade untuk Memilih PTN

Ketika anda ingin memasuki PTN dan memilih jurusan yang sesuai kemampuan anda maka anda bisa memanfaatkan syarat batas melalui tips berikut.

  1. Carilah informasi seputar grade dari berbagai jurusan di PTN yang berbeda terutama untuk jurusan yang anda minati.
  2. Syarat batas tersebut biasanya bisa anda peroleh dari website, tempat bimbel, maupun buku panduan SBMPTN. Nilai grade tersebut bisa sama ataupun berbeda dari masing-masing sumber. Pastikan memilih informasi sumber yang terpercaya dan memiliki skor standar dengan sumber-sumber lainnya.
  3. Cobalah mengikuti try out SBMPTN lalu hitunglah skor anda kemudian bandingkan dengan nilai grade jurusan yang anda inginkan. Bila skor anda sudah mencukupi maka jangan cepat merasa puas. Namun teruslah belajar dan berusaha sehingga skor anda semakin bagus dan memperbesar peluang lolos SBMPTN.
  4. Pilih jurusan yang mempunyai skor grade yang paling tinggi untuk pilihan pertama pada SBMPTN. Sedangkan untuk pilihan kedua pilih jurusan dengan skor grade lebih rendah daripada pilihan pertama. Tips ini akan semakin memperbesar peluang anda supaya bisa diterima di jurusan yang anda inginkan.

Itulah tadi penjelasan mengenai passing grade serta kaitannya dengan masuk PTN yang bisa menambah wawasan anda. Informasi di atas bisa membantu anda supaya lebih mudah memilih jurusan di PTN sesuai kemampuan sehingga peluang diterima di PTN juga semakin besar.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *